Senin, 06 Juni 2016

Tantangan Menulis Blog Selama Ramadhan 1437H


Hari ini tanggal 1 Ramadhan 1437H. Hari baik, hari penuh keberkahan, bagi yang mencarinya.

Setahun yang lalu tanggal 1 Ramadhan 1437H yang bertepatan  17 Juni 2015, saya memberikan tantangan kepada diri saya untuk menulis blog selama bulan Ramadhan. Hasilnya? Saya menyatakan diri saya berhasil. Saya sanggup menulis setiap hari selama bulan Ramadhan. hasilnya bisa anda simak disini.

Saya bersyukur, dan mendapat banyak pelajaran dari kegiatan tersebut, sehingga saya melanjutkannya di tahun ini.

Ini adalah bagian dari tarbiyah individu saya, Dengan menulis saya berusaha mengkristalkan kembali ilmu-ilmu yang saya peroleh dari guru saya, yang saya peroleh dari pengalaman orang lain, dan yang saya peroleh dari pengalaman hidup saya yang sudah 40 tahun ini. Tanpa saya tuliskan, semuanya akan menjadi debu yang mudah ditiup angin.

Di tahun kemarin saya banyak menulis tentang motivasi, midset, personal development, seni untuk mengelola diri agar tetap bisa melangkah dalam banyak kondisi. Kadang saya masih membaca-bacanya kembali ketika saya harus menguatkan diri saya sendiri. Saya dinasehati oleh tulisan-tulisan saya sendiri.

Di tahun 1437H ini, mungkin saya akan banyak bercerita tentang interaksi sosial saya, dan pengalaman-pengalaman yang saya dapat dari orang lain, Walaupun saya juga tidak bisa berjanji akan konsisten dengan tema itu. Namun setidaknya disitulah arahannya.

Menulis sebulan penuh di tahun kemarin juga mengajarkan kepada diri saya, bahwa kemauan, cita-cita adalah langkah pertama untuk menggapai tujuan. Menulis selama Ramadhan adalah cita-cita, dan otak, tangan, mata, pikiran semuanya bergerak untuk keberhasilan cita-cita itu.  Dan berhasil.

Menulis sebulan penuh juga akan mempertajam pemahaman saya terhadap sebuah ilmu. Orang yang menulis akan lebih paham dari yang membaca, dan orang yang melakukan akan lebih paham dari yang menulis, begitu urutannya.

Untuk kali ini saya berharap bahwa kebiasaan menulis ini akan berlanjut setelah Ramadhan. Penyakitnya kemarin, saya seperti berhenti menulis setelah ramadhan berakhir. Mudah-mudahan untuk kedepan, setelah ramadhan usai, paling tidak saya akan istiqamah menulis seminggu sekali.

Selamat menjalankan Ibadah Ramadhan 1437H. Mudah-mudahan kita mendapatkan rahmat, ampunan, dan dibebaskan dari siksa Neraka. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)