Jumat, 23 Oktober 2015

3 Teknik Agar Kamu Bisa Rutin Olahraga


Maka kamu sering mendengar bahwa seseorang perlu menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran rohani dan jasmani.

Kebugaran rohani bisa dibangun dengan ibadah dan mengubah pikiranmu ke arah positif, husnusdzon istilah agamanya. Namun kebugaran rohani saja tidak cukup. Rohani ibarat sopir dan jasmani ibarat mobilnya. Kinerja sopir tidak akan maksimal tanpa didukung mobil yang bagus.

Dokter Heruyama mengatakan, kesehatan dibangun dengan olah batin, olahraga, dan makanan.

Manfaat Olahraga

Riset juga membuktikan bahwa olahraga akan meningkatkan kapasitas otakmu. Otakmu akan lebih mengembang dan kamu akan bisa befikir dengan lebih baik.

Kedua kamu akan merasakan tubuh yang segar, tidak gampang loyo, dan daya tahan tubuhmu akan meningkat. Kamu akan jarang sakit. Jangan beli sakit, sakit itu tidak enak dan mahal harganya hehe...

Olahraga juga akan meningkatkan happiness. Hormon endorphin akan keluar, mempengaruhi otakmu, menyuntikkan perasaan bahagia dalam dirimu. Jadi jika kamu kurang bahagia, segera olahragalah.

Saya sudah melakukannya, dan saya merasakan semua itu. Rambut saya sudah mulai memutih, tapi wajah saya masih bersinar hehe... Beberapa keluhan seperti sakit punggung karena banyak duduk di depan komputer sudah tidak saya alami lagi. Saya juga menjadi jarang pijat karena fungsi-fungsi pelemasan otot sudah digantikan dengan latihan stretching setiap hari.

3 Teknik Memulai Olahraga

Sebagaimana ibadah, manfaat olah raga menjadi sangat efektif jika kita lakukan dengan rutin. Kamu harus membiasakan olahraga setiap hari . Tidak salah, setiap hari.

Agar kamu bisa membiasakan olahraga setiap hari, maka ikuti langkah berikut.

#1. Mulailah dengan olahraga sebentar saja
Mulailah olahraga dengan durasi yang tidak terlalu panjang. 7 Menit, atau jika terlalu penjang 5 menit setiap hari.

#2. Pilih olahraga yang mudah dilakukan, tidak mahal, dan tak butuh alat. Saya merekomendasikan senam.

#3. Buat jadwal yang mudah kamu lakukan. Misalnya setiap pagi 7 menit sebelum mandi.

Itu saja, gak banyak kan :)

Bagaimana kamu memulainya

Dulu saya mencoba memulainya dengan jalan kaki, bersepeda dsb, namun kandas.

Saya baru berhasil memulainya ketika memilih olahraga senam. Saya memulainya dengan senam lima menit sehari, setiap pukul 5 pagi. Senam  adalah olahraga murah, sederhana, mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja, namun efeknya luar biasa. Kamu bisa melakukannya di kamar atau ruang tamu.

Sworkit
Namun kamu memerlukan asisten, agar gerakan senam yang kamu lakukan efektif. Berikut cara yang bisa kamu gunakan.

Pertama: Sworkit

Jika kamu mempunyai smartphone, kamu akan dimudahkan dengan aplikasi SWORKIT . Jika kamu pengguna android, kamu bisa mengunduhnya di PlayStore smartphonemu.

Kamu bisa memulainya dengan  "Fit in 5 Minutes"

Jika kamu sudah rutin kamu bisa memperpanjang durasi misalnya Stretching 5 menit, Cardio 5 Menit dan Strength 5 menit. Atau kamu bisa memilih gerakan yang kamu kehendaki melalui custom Workout. 


Kedua: Senam Kesegaran Jasmani

Kamu bisa menggunakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) yang banyak diunggah di Youtube. Namun senam yang ada sekarang menurut saya gerakannya terlalu rumit. Selain Sworkit biasanya saya menggunakan senam dengan panduan SKJ 84 yang gerakannya saya anggap paling mudah.

Saya download dari youtube, saya taruh di smartphone, dan saya gunakan untuk berolahraga setiap pagi.

Selain bisa membuat tubuh berkeringat, juga bernostalgia dengan masa-masa SD saya dulu hehehe


Semua apa yang saya ungkapkan diatas sudah pernah saya lakukan, dan saya merasakan manfaatnya. Sekarang giliran kamu :)

*) gambar dari selasar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)