Senin, 13 Oktober 2014

Membuat Eskul Sendiri di Rumah

Ekstra Kurikuler atau yang terkenal disebut Eskul, terkenal sekali dikalangan anak-anak. Kegiatan diluar pelajaran resmi sekolah. Eskul sifatnya lebih fleksibel dan lebih dekat pada hobi.

Saya mempunyai hobi fisika sejak SMP. Tapi saya tidak pernah menikmati pelajaran Fisika. Mestinya saya senang dengan praktikum fisika, atau membuat project Fisika, nyatanya tidak. Praktikum Fisika bukan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Kita terpaku untuk mencatat dan mengikuti prosedur baku hingga menemukan hal yang sesuai pada buku.

Beda dengan ketika saya melakukan percobaan Fisika mandiri, Saya cuti dari hal yang bersifat prosedural. Saya fokus mengamati prosesnya dan tahu outputnya. Kalau hanya soal output gampang, tinggal diceritakan kembali atau dijadikan tulisan.

Fisika sederhana saya jadikan eskul untuk anak saya dirumah. Sebenarnya maunya robotika, namun mencari bahan untuk robotika di daerah tidak mudah, akhirnya saya memilih Fisika dengan tema-tema yang dekat dengan kita.

Beberapa projek kecil yang terkait dengan Fisika kita kerjakan bersama-sama. Karena tuntutannya untuk mengerti sifat fisis benda dan implementasinya, bukan untuk mencari nilai, maka kegiatan menjadi sangat menyenangkan. Situs internat dan youtube sangat membantu hal ini.

Banyak hal yang bisa dijadikan kegiatan eskul di rumah. Semuanya hanya tergantung dari orang tua, Ingin anaknya mengerti atau menguasai bidang apa, dan apa kemampuan yang dimiliki orang tua.

Beberapa hal yang bisa dijadikan materi eskul di rumah antara lain:

1. Fisika. 
Ow, Fisika adalah bidang yang amat menarik, sifat-sifat fisis suatu benda bisa menjadi projek. Prinsip-prinsip fisika sederhana bisa diimplementasikan dalam proyek-proyek. Belajar Fisika membuat anak berpotensi menjadi enginer.

2. Elektronika
Elektronika banyak membantu kita dalam kehidupan. Mempelajari sifat-sifat elektronika dan membuatnya menjadi proyek menarik. Banyak proyek yang bisa kita buat hanya dengan menggunakan prinsip saklar, misalnya alarm pengisi bak mandi, pendeteksi air sudah mendidih dan sebagainya. Ini juga melejitkan potensi anak untuk menjadi electric engineer.

3. Menulis
Menulis tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan komputer dan kamera, bahkan mungkin hanya perlu pensil dan kertas. Ini melejitkan anak  menjadi penulis dan sastrawan.

4. Membuat mainan
Arvin  Gupta Toys bisa kita jadikan reverensi jika kita ingin membuat mainan dari bahan yang mudah, yang ada di sekitar kita. Ini akan memicu kreativitas dan ide-ide baru.

5. Memasak
Cocok untuk anak-anak perempuan minimal kelas 5 SD. Ini akan melejitkan potensinya untuk menjadi chief.

6. Berkebun 
Membuat kebun sederhana dengan tanaman sayur adalah ide menarik untuk anak-anak kita. Mereka belajar memelihara dengan memupuk dan menyiramnya sampai sayuran bisa dipetik. Mereka akan mendapatkan pengalaman yang mengasikkan. Ini akan memicu anak menjadi ahli pertanian.

7. Origami dan Papercraft
Bagi mereka yang ingin mengasah kecerdasan desain dan kreatifitas. Sekarang Ekonomi kreatif lagi naik daun kan ?

Masih banyak kokurikuler lain yang bisa kita buat. Yang penting semua happy dan anak mendapat pengalaman berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)