Sabtu, 25 Januari 2014

Tips Menghemat Pengeluaran dengan Tiga Pertanyaan

Mengapa kita selalu kekurangan uang di akhir bulan? Mengapa ketika pendapatan masih sedikit kita merasa kurang, dan ketika pendapatan naik dua kali lipatnya kita tetap kurang? Pertama karena kita tidak piawai membuat rencana anggaran. Kedua kita tidak bisa memegang uang. Berapapun kita pegang uang, hari itu akan habis. Melakukan penghematan, jauh lebih mudah dibanding menyusun anggaran, Saya sendiri jarang membuat anggaran, dan lebih sering melakukan penghematan.

Ada dua cara melakukan penghematan, dengan midset dan dengan rekayasa kebiasaan. Secara mindset, Pak Samsul Arifin dari SBC pernah mengeluarkan 7 teknik mengerangkeng uang. Namun yang akan saya utarakan tidak sebanyak itu, cukup tiga saja agar mudah anda ingat. Jawab tiga pertanyaan ini sebelum membelanjakan uang anda:

  1. Apakah Barang yang akan saya beli ini kebutuhan atau hanya keinginan?.
  2. Apakah barang yang akan saya beli bisa ditunda tahun, bulan, minggu depan? Ada kalanya setelah melampaui waktu tertentu, kita tidak ingin atau untuk butuh membeli.
  3. Jika kebutuhan, adakah barang dengan fungsi dan kualitasnya hampir sama tapi harganya jauh lebih murah?

Silahkan di amalkan, dan rasakan bedanya...

#tips #habit #lifestyle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)