Sabtu, 04 Januari 2014

Rekayasa Kebiasaan

Dalam sebuah diskusi dengan kawan saya, Adhika, dikatakan bahwa nasehat atau ceramah adalah sebuah ajakan yang paling tidak efektif. Cara efektifnya adalah menciptakan Rekayasa Kebiasaan atau dengan kata lain membuat instrumen yang memudahkan seseorang untuk melakukan ajakan kita. Ini sebenarnya ada referensinya, cuma saya malas mencarinya.

Dia mencontohkan, nasehat soal diet / mengurangi makan. Menjadi tidak efektif jika hanya ucapan atau sebatas campaign, namun menjadi efektif ketika dibuat rekayasa terhadap kebiasaan itu. Sebagai contoh ubah piring dari ukuran besar ke ukuran kecil, taruh tempat nasi agar jauh dari meja makan, atau masak masakan sehat yang gak terlalu enak hehe, maka secara otomatis kuantitas nasi yang kita makan akan berkurang.

Demikian juga dengan campaign soal menjaga kebersihan, bagaimana campaign akan berhasil sementara kita tidak menyediakan tempat untuk membuang sampah ?

Contoh Rekayasa Kebiasaan yang berhasil adalah sebagaimana yang dilakukan oleh PT KAI. PT KAI membuat sebuah sistem tiketing yang menjamin kepastian bahwa seorang penumpang pasti mendapat tempat duduk, menghapus pedagang yang seenaknya masuk kereta, dan membuat kondisi kereta dan toilet bersih. Ternyata ini mendorong penumpang kereta untuk menyesuaikan dengan lingkungan yang dibuat PT KAI. Saya merasa nyaman naik kereta, bahkan yang kelas ekonomi maupun KRL.

Program Daily Posting yang saya lakukan ini juga tidak lepas dari Rekayasa Kebiasaan. Saya setup alat blogging yang mudah saya jangkau dan saya gunakan. Hasilnya setiap hari saya bisa posting dengan happy dan tidak terpaksa.

Kita harus banyak membuat rekayasa kebiasaan agar kita bisa lebih disiplin melakukan kebaikan. Saat ini saya juga sedang mencari rekayasa agar bagaimana orang bisa mudah untuk melakukan sholat subuh dan isya berjamaah di masjid, agar anak terbiasa melakukan sholat tepat waktu, agar kita bisa melakukan olahraga walau lima menit sehari ?

Rekayasa Kebiasaan, pasti akan lebih menarik dan efektif dibanding cuma ceramah. Anda punya pengalaman menarik tentang Rekayasa Kebiasaan ini ?

#habbit #motivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)