Jumat, 31 Januari 2014

Pergeseran Basic Need ?

Kita pasti sudah paham tentang piramida Maslow, bahwa manusia mempunyai beberapa layer kebutuhan. Kebutuhan terendahnya disebut sebagai basic need: air, makanan, rumah. Sedang kebutuhan tertingginya adalah aktualisasi diri.

Secara kodrati, orang tak akan memenuhi kebutuhan pada piramida atasnya sebelum piramida sebelumnya terpenuhi. Sebagai contoh, orang tak terlalu peduli keselamatannya selama kebutuhan makannya belum terpenuhi.

Kemarin saya membaca buku Consumer 3000 yang ditulis Yuswohadi. Dan katanya, sekarang euforia media sosial sudah bergeser ke arah basic need. Jadi media social sudah menjadi basic need. Kita bangun tidur yang kita cari bukan suami / istri, tapi HP. 

Secara tak sengata saya menemukan gambar nakal, yang menunjukkan bahwa dibawah basic need  maslow ternyata ada layer lagi: WIFI : -)



Tentu agak lucu, tapi kalau kita melihat kebiasaan orang saat ini, saya percaya saja. Orang lebih mementingkan pulsa telephon, wifi, dan facebook daripada makan. Betul ? 

*) Gambar diambil dari sini.

#lifestyle #habit #technostyle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)