Senin, 27 Januari 2014

Pendidikan Karakter itu Prioritas

Hari ini saya naik kereta ke Jakarta. Seperti biasa, saya selalu memesan di tiketkai dot com dan memilih tempat dekat jendela. Seorang ibu sudah terlebih dahulu menduduki tempat saya, dan mengatakan:  maaf mas saya kalau gak duduk disini mabuk. Hmmm....

Ini yang kedua kalinya, ketika perjalanan kereta dari Jakarta juga demikian: ada yang sudah menempati tempat duduk saya dan mengatakan hal yang sama.

Anda mungkin pernah mengalami hal sebagaimana yang saya alami. Seperti dalam antrean, orang dengan mudah menyerobot tanpa perasaan bersalah. Padahal apa yang dilakukannya sangat mengganggu. Tidak ingin bersusah payah tapi ingin hasil terbaik dengan mengorbankan orang lain.

Saya pernah mendapatkan cerita, di Australia dan Jepang, pendidikan dasar seperti antre dengan tertib, duduk di kursi sebagaimana tertera pada tiket sangat diutamakan melebihi materi-materi akademik. Dari hal sederhana itu terbentuklan masyarakat yg mempunyai kesadaran yang baik untuk taat peraturan, menjunjung etika dalam lingkungan, dan kebiasaan positif lain seperti membuang sampah pada tempatnya.

Katanya, kami hanya butuh waktu 3 bulan untuk bisa matematika, namun untuk memberikan pelajaran siswa agar mengerti antri, butuh waktu bertahun-tahun.

Kapan kita mempunyai sistem yang asik seperti itu ya?

#habit #lifestyle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)