Sabtu, 11 Januari 2014

Leadership 3.0

Markplus : Leadership 3.0

Saat ini saya sedang membaca buku Leadership 3.0 buatan MarkPlus. Belum selesai memang, tapi saya sudah bisa menangkap  maksudnya.

Jadi begini, buku setebal 250 halaman ini menceritakan tentang evolusi kepemimpinan. Dimana sekarang ini sudah saatnya kepemimpinan 3.0.

Leadership 1.0 adalah kepemimpinan yang sifatnya diwariskan. Contohnya raja-raja terdahulu, atau jika bapaknya presiden anaknya sekjen partai (yg ini gak ada dibuku hehe...)

Leadership 2.0, kepemimpinan yang didasarkan pada titel dan jabatan. Ketum, pimpinan, kiai, gubernur, lurah .....

Leadership 3.0 adalah seni kepemimpinan horisontal, berbasis kemampuan orang untuk menggerakkan orang lain / mempengaruhi (influence)

Kepemimpinan 3.0 memungkinkan seseorang menjadi pemimpin tanpa darah biru, tanpa titel. Namun seseorang perlu kemampuan yang membuat orang bisa bergerak tanpa terpaksa. Kalau boleh saya mengistilahkan mungkin "informal leadership".

Kemampuan itu adalah aspek fisik, intelektual, emosional, kemampuan sosial, personal dan moral. Jadi siapa saja, punya peluang menjadi pemimpin.

Topik dibahas dengan bahasa yang mudah disertai beberapa penelitian dan contoh-contoh populer. Dikisahkan bagaimana aspek fisik saja, karena sangat kuat, bisa menjadikan Waren Harding sebagai Presiden Amerika ke 29. Dia menjadi presiden hanya berbekal ketampanan. Walau pada akhirnya kepemimpinannya gagal karena tidak dikombinasikan aspek yang lain.

Ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dicerna, berwarna, kaya ilustrasi, dan layout menarik. Asik untuk dibaca sambil santai.

tags : #buku #pemikiran #insight #kepemimpinan

3 komentar:

  1. Kenek disilih iki ketok e... Pareng Om?

    BalasHapus
  2. Kenek disilih iki ketok e... Pareng Om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya sekarang buku ini ada di Bekasi. Saya dulu bacanya pas di Bekasi hehehe

      Hapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)