Kamis, 09 Januari 2014

Cara Smart Menggunakan Perangkat Chatting

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, saya hanya mengaktifkan tiga aplikasi Chatting di HP saya. Whatsapp, BBM, dan Google Talk.

Diantara ketiganya Whatsapp yang saya gunakan sebagai chatting favorit, selalu standby dan siap kontak. Alasannya sederhana saja : stabil, simpel, ringan, dan bisa digunakan hampir semua type smartphone. 

BBM juga saya aktifkan dengan alasan masih ada banyak teman yang menggunakan BBM. Diantara mereka tidak bisa menggunakan Whatsapp karena paket BB yang mereka beli tidak mendukung Whatsapp. Inilah repotnya BB yang tidak saya suka sejak dulu :). Kedua ada group di BBM yang diinisiasi oleh sebuah organisasi yang saya terlibat di dalamnya. 

Ketiga, GTalk, digunakan untuk komunikasi teman-teman kantor. Mengapa menggunakan GTalk ? Karena simple dan terintegrasi dengan email kantor, bisa digunakan baik di mobile maupun komputer, tak seperti dua alat chatting sebelumnya.

Sebenarnya masih ada lagi FBChat, namun hanya saya aktifkan sesekali kalau sedang senggang.

Meskipun hanya memilih tiga alat chattting, namun jika kita tidak cerdas menggunakannya, bisa jadi tetap merepotkan, bukannya memudahkan. Group chat adalah biang keroknya. Jika kita berlangganan chatting di group, maka smartphone akan mengeluarkan alert terus menerus jika salah seorang anggota group mengirim percakapannya. Apakagi pada kebanyakan group chat yang saya ikuti, setelah ada satu perbincangan serius lantas banyak yang menimpali dengan kata-kata yang tidak terlalu penting : yess, tanda jempol, OK dsb. Alert memang bisa dimatikan, namun jika kita mematikannya, maka semua alert chatting akan mati. 

Yang bisa saya lakukan saat ini, hanya berlangganan group yang benar-benar saya perlukan dengan arus percakapan yang tidak padat. Kalau kita jujur, kebanyakan group chat tidak ada manfaatnya. Hanya hahahihi antar teman, tidak ada outputnya. Saya tak punya banyak waktu untuk berdiskusi dan mengerjakan hal-hal yang tidak penting.

Yang lebih asik kalau saya malah ikut group di Facebook (bukan FB Chat). Alert Group  bisa dimatikan dan kita bisa mengunjunginya dan membaca arsipnya kalau kita sedang senggang atau dalam perjalanan. Bagaimana ?

#mobile #chat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)