Jumat, 05 Oktober 2012

Flickr dan Ketololan Yahoo

Era Yahoo mungkin benar-benar akan berakhir setelah pada awal-awal internet dia sempat menjadi raja dari bisnis dot com. Hari ini, hampir semua produknya tidak ada yang membuat kita bilang "WOW", kecuali email. Itupun dominasinya sudah tidak sebesar dahulu karena kehadiran Gmail dengan inovasi yang tak dimiliki Yahoo.

Sebenarnya ada aplikasi Yahoo yang menurut saya cukup bagus : Flickr. Layanan manajemen Photo online yang diambil alih dari perusahaan Ludicorp ini, menurut saya, tanpa tanding. Walaupun ada Picasa dari Google dan beberapa aplikasi lain namun tak semenarik Flickr.

Dengan aplikasi sehebat itu sayangnya Yahoo kemaruk untuk cari untung. Dia memungut biaya dari penggunanya. Akibatnya dia tidak dijadikan rujukan orang untuk menaruh fotonya. Dulu saya menaruh foto-foto yang saya anggap bagus di Flickr, namun dengan pembatasan yang hanya akan menampilkan 200 Photo bagi pengguna yang bukan Pro, membuat saya lebih senang menggunakan layanan lain di posterous.

Mungkin dia menganggap tidak rugi karena pengguna yang bukan Pro tidak melanjutkan mengupload photo di Flickr, toh dia tidak membayar. Namun dia lupa bahwa ketika dia membatasi maka akan banyak pengguna yang menggunakan alternatif manajemen photo lain. Dia lupa bahwa habit untuk mendatangkan uang dari layanan seperti Flickr adalah Iklan, bukan menarik bayaran dari konsumen. Dia lupa bahwa pengguna dan komunitas yang nyaman menggunakan sebuah layanan online adalah aset aset aset.

Kalau persoalannya adalah biaya yang dikeluarkan untuk penyediaan server, terlalu kecil jika dibanding space yang disediakan Facebook, imageshack, Instagram, Twitpic dan sebangsanya yang hampir tanpa batas. Bahkan Youtube saja mampu menyediakan situs video dimana pengguna bisa  mengupload film berjam-jam. Google cerdas, meskipun pengguna dengan gratis menghabiskan spacenya untuk mengupload file, dia bisa memperoleh keuntungan dari Iklan, besar, masif, berlimpah.

Sayang, aplikasi sehebat Flickr jatuh ketangan Yahoo, kalau dibeli Google mungkin akan bisa sebesar YouTube. Pengguna dapat layanan gratis, Google tetap untung besar. Selamat tinggal Flickr ...

Posted via email from achedy's posterous

5 komentar:

  1. iya ya kok bego. koprol dipegang sama yaho juga koit.

    BalasHapus
  2. Yahoo itu nokianya dot com bro. Tinggal nunggu waktu aja :)

    BalasHapus
  3. bukannyah google punya picasa ngak usah punya flickr.hehe

    BalasHapus
  4. I'm amazed, I have to admit. Seldom do I come across a blog that's equally educatiνe and amusing,
    and let me tell yоu, you have hit the
    nail on the head. The pгoblеm іs somеthing which too few people are spеaking intelligentlу abοut.

    I'm very happy that I came across this during my hunt for something concerning this.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)