Selasa, 19 Juli 2011

Panada PHP Framework

panada.png

Setelah beberapa kali menggunakan Code Igniter sebagai Framework Aplikasi, akhirnya saya mencari framework baru yang lebih kecil. Mengapa ? Karena saya Code Igniter terlalu besar.

Akhirnya, saya menemukan Panada Framework. Tanpa disangka, Panada ini buatan Indonesia loh. Namun meskipun buatan dalam negeri, framework ini setara dengan framework-framework PHP populer. Enaknya lagi, bagi pengguna yang bahasa Inggrisnya grotal-gratul seperti saya, dokumentasi nativnya menggunakan Bahasa Indonesia, bahkan komentar kodenya dibuat bilingual, Inggris - Indonesia. Mantaf.

Mungkin framework ini terinspirasi dari CI, karena rasa CI nya kerasa banget. Namun saya menemukan beberapa kelebihan Panada ...

  1. Sintak mirip CI, sehingga bagi pengguna CI hanya perlu sedikit adaptasi
  2. Instance class menggunakan new ClassName seperti style di PHP, tidak seperti CI yang menggunakan $this->load->model('classname')
  3. Ukuran jauh lebih kecil dibanding CI
  4. Aktif record di Panada lebih lengkap dan fleksibel. Bahkan kita bisa melakukan relasi tabel dengan menggunakan konfigurasi pada model. Istilah kerennya ORM. Di CI, kita masih memerlukan library tambahan untuk bisa mendukung ini.
  5. Dokumentasinya lengkap.

Itu sekelumit cerita dari saya, silahkan kunjungi situsnya, dan berilah penilaianmu pada framework itu. Kalau saya sebagai orang awam PHP hanya bisa berucap Excelent, dan rencananya akan saya implementasikan di situs http://liriknasyid.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)