Selasa, 07 Desember 2010

Produktifitas dan Alat

Mungkin anda tak setuju, atau tak menyadari, bahwa sesungguhnya alat yang sesuai akan meningkatkan produktifitas berlipat-lipat. Menambah investasi alat menurutku bukan hal mubadzir selama diyakini akan meningkatkan produktifitas dalam pekerjaan dan peran sosialnya.

Dalam perjalanan dengan seorang rekan yang mempunyai Toko Komputer yang cukup besar, saya mengamati tangannya yang tak lepas dari Blackberry. Dengan BBM, email, YM, SMS, Telephon yang terintegrasi, dia bisa mengkoordinasikan anak buahnya walaupun dia tidak berada di tempat. Budget yang dikeluarkan untuk membeli dan berlangganan pulsa tak ada apa-apanya dibandingkan dengan produktifitas yang dihasilkannya.

Demikian juga dengan saya, yang dulu memaksakan diri membeli notebook, merangsang saya untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif, meskipun sekarang mungkin akan lebih produktif dengan netbook atau tablet karena lebih simpel dan portabel.

Terakhir, saya memiliki smartphone dengan layar agak lebar, keyboard qwerty, dan mail client. Fungsi-fungsi itu telah membuat produktifitas ngeblog saya menjadi berlipat. bahkan saya membuat 2 buah blog baru yang lebih dari 90% saya kelola melalui smartphone.

Sering saya dimintai pendapat teman apakah memilih menggunakan Linux atau membeli lisensi Windows ? Saya katakan, dalam soal produktifitas jangan terlalu memperhatikan biaya seandainya biaya itu mampu membuatmu lebih produktif.

Ketika saya kebagian monitor tabung, saya lebih memilih menggunakan notebook pribadi untuk bekerja, karena bekerja dengan nyaman itu lebih produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)