Jumat, 17 Desember 2010

Atas Nama Wordpress 3.0.3

Pengalaman install Wordpress 3.0.3 tak begitu menggembirakan. Mengupgrade dari 2.9.2 secara otomatis dari darbor berakhir dengan error, memori tak cukup. Tak kehabisan akal, saya lantas menggunakan cara manual. Cara manual berhasil, namun saya jumpai memori tak cukup pada halaman dasbor, demikian juga ketika saya ingin menginstall plugin secara otomatis. Bagian show dan hide menu juga tidak berjalan dengan baik.

Saya sampaikan hal ini ke CS web hosting. Katanya, saya butuh memori lebih besar, sedangkan paket yang saya sewa ternyata hanya mempunyai memori 32MB. Hal yang tak pernah diumumkan pada semua webhosting, tetapi sebenarnya sangat penting. Untuk memperoleh memori 64MB ternyata saya harus upgrade paket.

Tidak, budget webhosting saya memang hanya 200.000 rupiah pertahun dan 100.000 rupiah domain, karena ini hanya blog hobi, nggak mendatangkan uang sama sekali.

Sekarang yang saya fikirkan adalah, bagaimana saya bisa eksis dengan budget sebesar itu. Pilihannya dua, mendowngrade menjadi ke Wordpress 2.9.2, atau mencari tempat hosting dengan harga lebih miring. Namun dalam waktu dekat pilihan pertama mungkin solusi yang saya pilih. Saya tak memperhatikan bagaimana sisi keamanan 2.9.2, namun perbedaan yang paling mencolok setahuku hanya terletak pada kemampuan Wordpress 3.0 yang bisa untuk membuat multi blog, seperti Wordpress MU masa lalu. Tapi untuk saat ini, saya tak terlalu butuh.

Kalau kamu, pakai Wordpress versi berapa ?

2 komentar:

  1. 2.9.2 dan hosting di dijaminmurah (http://www.permanaj.net/info/dijaminmurah)

    karena memang tidak perlu semua fitur yang ada di wordpress 3 jadi tetap pake wordpress lama, karena sudah sering dengar kasus upgrade wordpress terjadi error, akhirnya ya ga jadi upgrade deh

    BalasHapus
  2. @permana : benar mas, sekarang sudah saya downgrade ke versi 2.9.2 :)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)