Rabu, 25 Agustus 2010

Apakah Anda Sudah Membayar Zakat Fitrah ?

Saya teringat tahun lalu, selepas sholat ied saya buka email. Meskipun tidak menggunakan fasilitas push mail, namun saya terbiasa memeriksa email beberapa kali sehari.

Saya terkejut karena tanggal 1 syawal ada orang yang mentransfer uang untuk zakat fitrah. Dari tanggal dan waktu emailnya, dia melakukan konfirmasi saat saya melakukan sholat ied. Otomatis dia sudah terlambat membayar zakat fitrah.

Karena itu, dalam lapak zakat yang saya buat, selalu saya cantumkan bahwa penerimaan zakat fitrah ke saya paling lambat 2 hari sebelun sholat ied, sehingga ada waktu minimal untuk memanage pembagian dengan baik. Akhirnya saya tulis kuliah panjang lebar soal zakat ke orang ini.

Orang ini mungkin ingin mengikuti sunnah nabi untuk memberikan zakat dekat-dekat dengan sholat ied, namun dia tidak menyadari bahwa dia membayar melalui lembaga zakat. Dalam mekanisme yang ada di lembaga zakat diperlukan waktu untuk menghitung pemasukan zakat fitrah dan memetakan siapa yang layak mendapatkannya, bukan seperti yang langsung membayarnya ke fakir miskin. Maksud nabi mensunahkan zakat fitrah di akhir Ramadhan atau sebelum sholat ied dimaknai secara salah oleh sebagian orang yang belum memahami hakekat perintah itu.

Zakat fitrah adalah pembersih jiwa yang dimaksudkan agar di hari raya semua orang menikmati harinya dengan makanan cukup, sehingga sunahnya diberikan dekat dekat dengan hari raya. Pada masa itu zakat fitrah juga diberikan secara langsung ke penerima.

Sekarang jaman sudah berubah, banyak lembaga professional zakat yang mengenal peta kemiskinan dengan baik. Pada sisi ini yang akhirnya bertanggung jawab membagikan zakat dipenerima akhir adalah lembaga zakat itu, sedangkan tugas kita adalah membayarnya dengan mempertimbangkan waktu yang cukup bagi lembaga zakat untuk bisa bekerja secara optimal.

Apakah anda sudah membayar zakat fitrah ? Kalau saya sudah :)

-----------------------
Kunjungi lapak zakat kami di http://pojokzakat.penamedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)