Minggu, 20 Juni 2010

Perambah Flock Versi 3 Beta Itu

Tampilan Flock Beta Berbasis Chrome

Membaca posting Daily Social, saya mendapatkan informasi bahwa Flock mengeluarkan rilis baru. Flock adalah perambah (browser) internet yang memfokuskan diri pada jaringan sosial (social networking).Pada dasarnya Flock tidak membuat perambah sendiri, dia menggunakan perambah yang sudah ada dan kemudian menambahkan berbagai fitur untuk memudahkan penggunaan jaringan sosial.

Pada versi-versi terdahulu, Flock menggunakan bahan dasar Firefox yang dimodifikasi, namun pada versi-versi selanjutnya Flock akan menggunakan Chrome sebagai dasarnya.

Sebenarnya saya pernah menginstall Flock, namun karena waktu itu Flock berbasis Firefox, sedangkan Notebook saya hanya Celeroon 2GHz , maka komputer berjalan cukup lambat, apalagi situs-situs yang menggunakan banyak efek Javascript maupun Flash. Sejatinya di botebook saya ini telah terinstall berbagai perambah, tapi menurut penilaian saya, dari kesemuanya tak ada yang mengalahkan Chrome, baik dari sisi kecepatan maupun kesederhanaan. Perubahan dasar perambah yang digunakan Flock membuat saya bergairah untuk menggunakan perambah ini kembali.

Ini memang masih dalam tahap beta, dan karena berbasis Chrome maka proses instalasinya persis dengan yang dilakukan chrome : kita mengunduh file instalasi yang besarnya sekitar 500 KB itu, dan dari situ kita melakukan instalasi Flock secara Online. Bagian ini yang saya tidak suka. Instalasi online gaya Flock tidak mengakomodasi resume, seandainya koneksi terputus di tengah jalan. Dengan koneksi internet yang tak stabil, saya mencoba berkali-kali agar proses pengunduhan Flock berhasil.

Karena masih versi beta, tak banyak perbedaan dengan Chrome, yang membedakan adalah adanya sidebar kanan yang berisi update status dari Twitter, Facebook, Flickr dan Youtube.

Untuk mencobanya, silahkan pergi ke http://beta.flock.com .

4 komentar:

  1. Sepertinyasemakin hari webkit semakin mendominasi "pertempuran" antar browser :)
    Saya sendiri membuktikan menyusun kode untuk webkit lebih mudah daripada untuk browser lainnya :)

    BalasHapus
  2. Saya kira memang demikian mas Ardianzzz, walaupun di bandingkan dengan "Fastest Browser on the earth" kelihatannya masih menang Chrome.

    BalasHapus
  3. saya mau tnya, klo lewat flock versi chrome ini cara upload foto ke facebook gmna ya ?
    thx sblumnya

    BalasHapus
  4. #NIKO Selama yg saya ketahui hanya untuk update status saja.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)