Senin, 24 Mei 2010

Pendek.in di Mati.in

Saya mengenal pendek.in ketika mas Harry Sufehmi mengirim tautan di twitter yang URLnya disingkat menggunakan jasa pendek.in. Pendek.in adalah fasilitas pemendek URL yang biasanya digunakan pada layanan mikro blogging.

Kesan saya, namanya keren, unik, dan mudah diingat. Kedua, tampilannya sangat simpel dan cepat di akses, coba saja bandingkan dengan tampilan bit.ly yang ribet itu. Ketiga ini produk dalam negeri, rasanya bangga menggunakan produk bikinan negri sendiri.

Namun saya kaget ketika hari ini saya melihat pendek.in di mati.in :) . Menurut keterangan pembuatnya disini,

Dikarenakan adanya penyalah gunaan fasilitas dari pendek.in oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pihak penyedia jasa colocation menyarankan untuk mematikan website ini. Mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para pengguna pendek.in dan disarankan untuk segera mengupdate data milikinya yang menggunakan fasilitas ini.

Memang hak penyelenggara untuk menutup sebuah layanan, namun dengan dimatikannya layanan ini maka sekian banyak link yang dulu dipendekkan dengan pendek.in menjadi tak bisa diakses.

Akibat lainnya, untuk hal penting saya tak mau gambling, maafkan saya jika menjadi lebih yakin dengan layanan yang dikeluarkan pemain-pemain besar yang bisanya lebih robush.

8 komentar:

  1. Tinggal siteo.us dan twkl.in aja nih. Adakah shortener lokal lainnya?

    BalasHapus
  2. Sebenare aku dulu juga tertarik untuk make, tapi ya gitu penyedia local basisnya kan gak begitu kuat, Apalagi kalau link-nya dah banyak apa gak berabe. Tak lihat di comment situsnya adalagi namanya http://lanjut.in, masih berani pake?

    BalasHapus
  3. Saya sdh nggak berani pake sort URL lokal. Nggak ada jaminan. kapok :D

    BalasHapus
  4. twkl.in = tawakalin ? Tawakal aja kalau pake ini :D . http://siteo.us/ mungkin yg paling niat. Ada lagi lanjut.in tapi aku pake is.gd aja yg simpel :D. Ragu pake dalam negeri :(

    BalasHapus
  5. Kebetulan yg bikin keduanya teman saya. siteo.us yg bikin @adhams, twkl.in yg bikin @panggi dan numpang host di hosting saya :)
    Klo sy sih seringnya pake bit.ly, terintegrasi di TweetDeck dan dabr sih

    BalasHapus
  6. Wah, ternyata begitu ya. Kalau APP di hostingmu yang sering saya kunjungi adalah "Nguber Twitter" :D

    BalasHapus
  7. emang diapa.in?

    BalasHapus
  8. emang diapa.in ya???

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)