Selasa, 11 Mei 2010

Membangun Konten Mini Di Twitter

Berbeda dengan Facebook yang tidak tebuka, Twitter memberikan ruang yang lebih baik untuk membangun konten terbuka. Kalau saya perhatikan twitter sebenarnya hampir sama dengan blog dengan format mini, yah, namanya saja juga mikro blogging. Hasil konten itu nantinya akan bisa diakses secara publik, atau di follow, cara yang mirip langganan RSS Feed di blog.

Saat ini twitter lebih banyak digunakan untuk membuat status dan alat interaksi antar pengguna, namun saya juga melihat beberapa orang memanfaatkannya sebagai alat publikasi konten dalam bentuk status, berbentuk blog mini.

Saat ini saya melihat kecenderungan orang lebih menyukai konten yang pendek dan real time, ringan dan bisa digunakan untuk membunuh kejenuhan, seperti saat menunggu mata terpejam, menunggu teman, mengasuh anak. Mengakses konten dengan panjang yang tak lebih dari 140 karakter itu tak menyita pikiran dan waktu. Intinya sebuah informasi bisa diakses sambil lalu. Itulah kekuatan Twitter.

Beberapa contoh konten di twitter, antara lain :

  1. @safirsenduk : yang membuat tips tips keuangan keluarga tiap hari.
  2. @mencobabelajar : yang dibangun oleh 4 siswa SMP yang berisi tentang Rangkuman Pengetahuan Umum.
  3. @sejarahislam : dibangun oleh beberapa orang sahabat untuk membuat konten tentang sejarah Islam.
  4. @ayatquran : menampilkan ayat-ayat pendek untuk mengingatkan kita.

Tidak seperti blog yang memerlukan energi lebih untuk menulis, menulis di twitter lebih simpel dan bisa dilakukan sambil lalu juga. Tak butuh argumentasi yang panjang lebar dan ilustrasi panjang, bahkan kata-kata anda dibatasi dalam 140 karakter.

Ingin mencoba membuat konten mini di Twitter ?

4 komentar:

  1. Salam kenal Mas Edy, kalo aku masih belum nyoba twitter. Kalo blog itu yang utama, soale bisa di pasangi iklan, lumayan buat tambahan hehehehehe

    BalasHapus
  2. Salam kenal Cak Win. Tulisan diatas masih sebatas sharing informasi. Untuk monetize nya saya sendiri belum tahu :)

    BalasHapus
  3. Share aja cara cari uang di internet menggunakaan twitter http://akhdian.com/2010/04/18/cara-menghasilkan...

    BalasHapus
  4. [...] ini sebenarnya kelanjutan dari Membangun Konten Mini di Twitter, namun ini lebih [...]

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)