Kamis, 20 Mei 2010

Media Wiki Untuk Situs Government

Media Wiki Logo

Setelah sekian lama menjadi konsultan e-Government, saya menyimpulkan bahwa CMS terbaik untuk Government adalah Media Wiki. Anda pasti sudah tahu media wiki, CMS yang digunakan sebagai back end Wikipedia.

Mengapa ? karena kebutuhan Situs Government sangat kompleks, dinamis dan rentan berubah. Selain itu disana pasti akan ada semacam basis pengatahuan dan budaya daerah, sebuah konten non berita yang tak butuh urutan waktu. Di media wiki, kita yang berkuasa atas susunan konten, bukan aturan CMS yang menghambat kreatifitas dan memaksa semuanya disusun berdasarkan urutan waktu.

Namun menggunakan Media Wiki bukan tanpa resiko, diperlukan kemampuan lebih untuk menyusun konten. Namun jangan tanya kehebatan hasilnya.

3 komentar:

  1. Rumit ngisine :)

    BalasHapus
  2. Tepat sekali. Makanya nggak banyak orang mampu menjadi kontributor Wikipedia :D. Kalau nggak mampu di situ ya Wordpress lah :D

    BalasHapus
  3. Salam, kalo boleh saya sarankan Drupal, karena ia memiliki banyak kelebihan, diantaranya, yang pernah saya coba, fleksibel, bisa dikembangkan, populer, keamanan sejauh ini bisa diandalkan, dan beberapa lainnya... Kelemahannya, hmm... lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk belajar Drupal dibandingkan CMS yang lain :D.. just try it..

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)