Kamis, 06 Mei 2010

Gaya Hidup Minimalis

Banyak orang merasakan kontrakannya sudah tidak cukup lagi. Gudang dan bahkan kamar tidurpun sudah penuh dengan barang. Rumah itu tak akan bisa menyesuaikan dengan barang yang setiap hari masuk. Bukan soal rumah saja, soal makan, transportasi, pakaian dan sebagainya terkadang menjadi boros karena tak pernah kita atur penggunaannya atau karena keberadaannya lebih disebabkan karena keinginan kita daripada kebutuhan kita.

Coba hitung, berapa banyak pakaian kita di almari, dan berapa yang benar-benar kita pakai setiap hari. Berapa banyak tempat makan yang kita koleksi dan berapa jumlah personil keluarga yang ada di rumah kita.

Hingga beberapa hari kemarin, saat pak Roni Yuzirman membuat posting tentang gaya hidup minimalis, saya begitu terkesan. Konsep sederhana yang sering tidak terfikirkan. Menurut beliau :

Intinya, gaya hidup minimalis adalah mengkonsumsi/memiliki/melakukan hal-hal yang esensial saja, hal-hal yang betul-betul dibutuhkan dan mengesampingkan yang tidak penting.

Konsep yang diusung Pak Roni ini sebenarnya saling melengkapi dengan tip-tip yang sering disampaikan oleh Pak Safir Senduk dalam akun Twitternya. Tip-tip seperti :

Sebentar lagi jam Makan Siang. Makan itu KEBUTUHAN. Makan Enak itu KEINGINAN

Beberapa tulisan Pak Roni yang bisa kita baca terkait dengan pola hidup minimalis itu antara lain :

Dua situs luar negeri yang menjadi inspirasi gaya hidup minimalis yang bisa kita tengok adalah :

Apa menurut pendapatmu ?

2 komentar:

  1. bagus banget :) .... klo gak salah ini salah satu ajaran Zen yg menginspirasi desain juga spt desain rumah minimalis

    BalasHapus
  2. [...] Tulisan Cak Achedy http://achedy.penamedia.com/2010/05/06/gaya-hidup-minimalis/ [...]

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)