Senin, 18 Januari 2010

Membatasi Publikasi Blog

Salah satu elemen penting dalam sebuah situs adalah RSS Feed. Dengan piranti itu seseorang bisa berlangganan konten pada sebuah blog dengan lebih enjoy. Konten akan mak bedungul muncul di RSS Reader kita tanpa harus sering mengunjungi blog yang biasanya updatenya tak tentu.

Perkembangan berikutnya RSS menjadi tidak hanya digunakan untuk berlangganan konten saja, namun juga digunakan sebagai alat pertukaran data dan infomasi.Dengan memanfaatkan RSS tulisan kita di blog menjadi bisa muncul di berbagai tempat secara otomatis seperti Agregator, Facebook, Twitter, dan semacamnya.

Mestinya kita senang, karena banyak yang akan membaca tulisan kita. Namun saya merasakan bahwa anggapan itu tak 100% benar. Saya ingin tak semua tulisan saya itu semuanya tampil di berbagai tempat. Ada yang ingin saya buat sunyi saja dengan hanya nongol di halaman blog saya, dengan harapan hanya orang tersesat di blog saya saja yang membaca. Ya, karena tak semua tulisan cocok untuk semua orang.

Di blog saya yang menggunakan mesin Wordpress, saya menggunakan Advanced Category Excluder untuk memenuhi keinginan saya memfilter RSS yang keluar, namun memang tidak luwes karena yang saya inginkan adalah sebuah filter untuk mengatur setiap tulisan apakah RSSnya saya publikasikan atau tidak. Anda punya informasi ?

5 komentar:

  1. Ya ga usah nulis di internet, nulis aja di komputer pribadi, dijamin ga akan muncul di tempat lain.
    Solusi kedua, pake password, yang pengen baca mesti ngetik password.

    BalasHapus
  2. Ada fitur di igoogle, yang bisa dijadikan ajang menulis catatan pribadi. Di sini, tulisan hanya dapat dilihat oleh yang punya account saja. Namun, ini berarti, tulisan tersebut tidak bisa diakses orang lain.

    Wah, bagaimana kabar,, Cak Edy.....? Semua baik-baik aja kan???

    BalasHapus
  3. @donni Sebenarnya bukan saya bertujuan menulis utk tdk dibaca orang pak, cuman ingin RSS saya nggak lari kemana2. Artinya publikasi RSS nya yg harus di filter

    @cahndeso : Alhamdullillah sae2 pakde. Mugi mekaten ugi kalian panjenengan. progibeach rak sukses to ?

    BalasHapus
  4. ya di hapus aja file utk men-generate rss-nya, atau di edit scriptnya misal hanya ditampilkan judulnya.
    Kalau nggak gitu alternatif lain di publikaikan summary-nya saja jadi biar nggak kebaca semuanya. Setingnya di Dashboarad > Setting > Reading pilih summary.
    Lebih lengkap lagi kasih plugin rss-footer dan kasih di setiap footer sumbernya biar nggak di bajak orang.
    Alternatif terakhir cak edy buat plugin wordpress aja sehingga bisa memilah-milah rss mana yg di publih dan mana yg tidak :d

    Btw ngeblog kok biar nggak di baca orang dan hanya buat orang yg tersesat ? =))

    Tapi aku ke blog ini nggak tersesat kok soalnya emang tujuan awalnya juga mau kesini :))

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)