Kamis, 06 Agustus 2009

Tentang Agregator

Pengantar Posting Membuat Agregrator Hemat Resources

Agregator adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk mengambil content beupa feed dari berbagai situs dan menampilkannya dalam sebuah alur posting. Mohon maaf, ini menurut definisi saya sendiri.

Secara garis besar, mesin agregator dibagi menjadi dua bagian.


  1. Pengambil  Konten

  2. Penampil Konten




Pengambil konten mengambil konten dalam bentuk feed dari berbaga situs dan penampil konten menampilkannya dalam bentuk web dan biasanya disertai dalam bentuk feed juga.



Jadi situs agregator tidak menyediakan konten sendiri, melainkan dia mengambil setiap konten dari anggota agregator tiap satuan waktu tententu. Misalnya setengan jam sekali.

Keuntungan dari adanya situs agregator  adalah bahwa kita tidak usah mengunjungi situs itu satu persatu. Dengan melihat agregator saja kita bisa tahu apakah anggota telah membuat posting baru atau tidak.

Agregator terbentuk karena adanya kesamaan topik, organisasi, bahkan wilayah geografis. Saya misalnya, jika ingin melihat update topik IT-Related saya tinggal berkunjung ke Planet Terasi atau Virtualisasi.com saja. Atau jika saya ingin melihat update posting dari teman-teman blogger Trenggalek kita bisa mengunjungi Planet Trenggalek. Mudah bukan ?

Lantas apa beda Agregator dengan Feed Reader. Sebenarnya intinya sama, hanya saja konten Agregator ditampilkan ke publik sedangkan konten Feed Reader hanya dinikmati secara pribadi.

Membuat agregrator itu gampang karena saat ini banyak perangkat lunak pembuat agregrator yang di distribusikan secara bebas dan gratis seperti :

  1. Planet Planet. Dibuat dengan bahasa phyton. Situs yang menggunakan contohnya planet terasi.

  2. Feedwordpress, yang merupakan plugin wordpress.

  3. Simplepie. Library Feed Parser yang ditulis dalam bahasa PHP. Bisa dijadikan engine agregrator.


Dan masih banyak yang lainnya.

2 komentar:

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)