Rabu, 29 Juli 2009

Mengoptimalkan Paket Hosting Minimalis Bagian 2

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang gambaran umum hosting minimalis dan gambaran situs yang ada di dalamnya. Sekarang kita bahas tentang teknik penghematan yang telah saya sebutkan pada artkel sebelumnya.

Hemat Space (Kapasitas Hosting)

Space (Kapasitas hosting) adalah besar daya tampung file yang bisa kita onlinekan. Dalam sebuah hosting penggunaan ruang simpan dibatasi oleh space yang besarnya tergantung dari paket yang kita sewa. Sebagai contoh saya menggunakan space 100 MB artinya saya hanya diperbolehkan menaruh file disana maksimal 100 MB.

Setiap hosting mempunyai kebijakan yang berbeda-beda dalam menghitung space hosting. Kadang ada yang tidak memasukkan log dan database ke dalam hitungan pembatasan space. Tapi secara umum yang dihitung dalam space hosting itu meliputi :

  1. File Program
  2. Gambar dan file-file lainnya
  3. Email
  4. Log atau catatan yang bisa ditampilkan dalam bentuk  visualisasi statistik.
  5. Database

Penghematan penggunaan space  bisa dilakukan dengan

  1. Menaruh file yang untuk di download ke penyimpan file gratisan seperti 4shared.com, ziddu.com dan lainnya.
  2. Menaruh gambar gratisan ke hosting gambar gratisan seperti imageshack.us (seperti situs ini), photobucket.com, flickr.com, picasa.com (1 GB), windows live (25 MB) dan situs penyimpan gambar yang anda percaya. Pertimbangkan tempat penyimpanan yang didukung pemain besar karena lebih bertanggung jawab terhadap file yang kita simpan meskipun gratisan. Saya sendiri menggunakan imageshack karena persoalan kemudahannya. Dan jika anda menggunakan layanan imageshack seperti saya, buatlah login terlebih dahulu. Meskipun kita bisa melakukan upload tanpa login, namun gambar yang di upload oleh orang yang login akan lebih aman dari penghapusan.
  3. Jangan membuat email di hosting yang kecil. Jika anda ingin membuat email buatlah di google hosted dengan domain anda. Menurut pengalaman, email pada hosting tak terlalu robush dan akan lebih cepat menghabiskan space.  Saya pernah mengulasnya disini.
  4. Log akan memenuhi space hosting. Biasanya saya membersihkannya tiap bulan. Saya hapus file-file log yang biasanya ada di folder tmp. Kalau kita butuh informasi situs, akan lebih mudah menggunakan google analytics yang mempunyai rangkuman statistik yang lengkap.

Tidak usah banyak-banyak, jika empat item saran ini anda lakukan maka sungguh anda tidak perlu space hosting besar.

Selanjutnya akan kita bahas tentang bagaimana menghemat bandwidth.

Bersambung …

1 komentar:

  1. [...] Setelah sebelumnya kita membahas bagaimana melakukan penghematan terhadap space hosting, maka kita membahas bagaimana melakukan penghematan terhadap dua faktor yang lain : bandwidth dan proses. [...]

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)