Kamis, 18 Juni 2009

Mengatur Kembali Kategori Blog Saya

Hari ini saya menata kembali blog saya. Namun yang saya tata hanya kategorinya saja. Sungguh, mengelola blog abal-abal seperti blog saya ini susah-susah gampang. Gampangnya  kita hanya mengelola sebuah blog. Susahnya kita jadi sulit mengaturnya.

Saya mengerti, seharusnya mengelola blog itu temanya khusus. Dengan membuat tema khusus maka blog akan menjadi lebih mempunyai tenaga dan lebih mempunyai penggemar. Namun saya belum punya waktu untuk mengelola banyak blog. Atau lebih tepatnya kalau saya punya waktu idenya belum tentu datang, kalau pas sibuk idenya datang ha.. ha.. ha..

Persoalan kategori menjadi sedikit penting salah satunya karena saya bergabung dengan beberapa planet agregator. Planet Trenggalek contohnya. Menjadi kurang tepat seandainya posting saya yang terkait dengan pemrograman PHP, CSS, dan sebangsanya saya ikut sertakan disana. Terlalu teknis dan bagi kebanyakan pembaca mungkin tidak diperlukan kalaulah bukan malah menganggu. Akhirnya saya buat tulisan dengan kategori tidak umum untuk  tidak dimakan oleh agregator Planet Trenggalek. Untuk agregator-agreagator lain yang sifatnya abal-abal saya tetap mengikutsertakan kategori-kategori yang tak populer itu.

Saya buat sebuah kategori yang saya namakan "umum". Segala hal yang bisa dicerna kebanyakan orang akan saya masukkan ke kategori umum. Bahkan seandainya sebuah posting tidak diberi kategori maka dia akan dimasukkan ke kategori umum. Demikian juga pengetahuan-pengetauan umum dalam bidang web dan komputer yang sekiranya tidak terlalu teknis, seperti tips trik, maka akan tetap dimasukkan ke dalam kategori umum selain ke kategori spesifik mereka.
Demikian akhirnya untuk dikemudian hari dampak dari  kategori "umum" adalah :


  1. Untuk feed yang dijadikan umpan ke planet trenggalek adalah http://achedy.penamedia.com/category/umum/feed/

  2. Posting yang dilakukan vie email ke posterous akan masuk ke ketegori umum.

  3. Untuk rekan-rekan yang berlangganan feed langsung via alamat feed utama di situs ini akan tetap memperoleh semua posting.


Itulah sedikit perubahan yang saya lakukan mudah-mudahan menjadi lebih baik.

Posted via email

3 komentar:

  1. OmEd maksudku Om Edy, Om jangan Ngeblog tok, aku butuh makan--> pesen kateringnya tante om 2 porsi, menu spesial
    makasih om, semoga sukses

    BalasHapus
  2. Boleh tahu alamat2 aggregator di indonesia? kirim ke emailku ya. makasih..

    BalasHapus
  3. mangan nggak mangan sing penting ngeblog ..he he he....

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)