Senin, 18 Mei 2009

Integrator

Dulu, jika kita membuat website, kesannya apa saja kita jejalkan di dalamnya. Tulisan, bookmark, video, photo, dan sebagainya kita taruh dalam satu hosting. Malah, jika kita menggunakan layanan gratisan, kesannya tidak professional. Orang yang ingin mengenal kita, ingin menyaksikan informasi kita, maka orang diminta untuk menghafal alamat kita. Itu dulu …

Sekarang lain cerita, sejak cerita web 2.0 yang ditandai dengan adanya interaksi antar pelaku di dunia maya, baik dalam sisi sosialnya sampai  ke teknis aplikasinya, orang mulai banyak beranjak dengan menggunakan berbagai layanan yang yang mendukung interaksi sosial.

Apalagi setelah Obama mempunyai account di You Tube, MySpace, Facebook, dan Twitter semakin mendorong orang untuk mempunyai account disana. Apalagi, katanya, Gedung Putih membuat page di Facebook dan Youtube sebagai alat interaksi antara pemerintah dan rakyat.

Jika akhirnnya seseorang mempunyai banyak account layanan di internet, maka saat ini yang dibutuhkan adalah integrator.

Integrator adalah sebuah situs utama yang digunakan sebagai gateway untuk melakukan akses ke berbagai layanan yang diikuti seseorang. Ada beberapa macam cara yang bisa digunakan :

  1. Dengan memasang link ke situs layanan yang dimaksud. Ini adalah cara paling primitif dalam menghubungkan antar dua layanan.
  2. Dengan mengambil sebagian konten dengan menggunakan javascript atau iframe  bagi yang tidak faham pemrograman. Biasanya disediakan “badge” oleh penyedia layanan.
  3. Menggunakan pertukaran data seperti XML, Json, SOAP dan mekanisme web service lain bagi yang mengerti pemrograman.

Dari berbagai percobaan selama ini, wordpress adalah perangkat lunak yang sangat baik untuk dijadikan integrator. Bahkan wordpress membuat berbagai plugin yang memungkinkan untuk berhubungan dengan layanan lain di internet seperti you tube, twitter, flickr, delicious, dan berbagai layanan lain yang menyediakan RSS.

Bagi orang / perusahaan yang sangat peduli dengan branding, saya kira kebutuhan untuk hadir di berbagai layanan internet amat diperlukan, dan artinya dia juga membutuhkan integrator. Bersiap-siap jadi konsultan integrator … halah …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)