Rabu, 29 Oktober 2008

Rumah Web Kang Mul, Mengangkat Trenggalek Melalui Blog

Saya kerap kali menemukan blog orang Trenggalek di Internet. Tapi kebanyakan orang Trenggalek di perantauan macam saya. Efeknya, tidak terlalu banyak liputan tentang Trenggalek, apalagi sampai ngomong keranah kebijakan publik yang ada di Trenggalek. Paling Trenggalek baru dijadikan bahan posting ketika ia melihat sesuatu saat pulang kampung.


Lebih sedih lagi, ketika kita ingin mencari informasi Trenggalek di internet, tidak cukup informasi yang kita dapat. Situs trenggalekkab.go.id ? Sudah mati sejak lama, dan ketika saya akses saat tulisan ini dibuat, yang muncul adalah suguhan error CMS nya. Ada satu lagi, situs trenggalek.com, tidak tahu siapa yang membuat, namun berita yang disuguhkan malah kebanyakan berita umum hasil copas dari situs-situs lain. Informasi tentang Trenggaleknya, bisa dikata : tidak ada.


Hanya ada satu situs trenggalek yang menurut saya cukup layak, meski tidak dinamik, situs dinas Pariwisata. Selain itu ... tidak saya temukan.


Mungkin kita faham, alasannya Trenggalek adalah kota agraris yang sedikit sekali orang yang mengakses internet. Namun, bukankah orang Surabaya, Jakarta, Yogya, Sidoarjo, bahkan dari luar negeri ingin mengetahui potensi, kekayaan alam, wisata, produk yang ada di kabupaten Trenggalek ?


Oleh sebab itu, pertemuan saya dengan kang Mul di Trenggalek beberapa waktu lalu, kami manfaatkan untuk bertukar fikiran tentang bagaimana mempublikasikan Trenggalek ke ranah maya dengan menggunakan blog. Kami berdiskusi cukup lama untuk merevitalisasi blog beliau sebelumnya, serta merevitalisasi web beliau menjadi sebuah blog saja yang beralamat di mulyonoibrahim.com. Saya begitu bernafsu untuk memindahkan gagasan-gagasan beliau ke dunia blog, karena saya mengenal beliau sejak saya SMA. Low Profile, namun professional. Beliau juga mempunyai kegemaran menulis sejak dulu. Tulisan beliau banyak masuk di berbagai media, terutama Radar Tulungagung, sampai saat ini.


Potensi beliau menulis, tempat tinggal beliau yang di Trenggalek, dan aktivitas beliau dari aktivitas sosial, pendidikan, sampai partai, mudah-mudahan bisa merangkum Trenggalek ke dalam blog beliau. Tentu ini sangat penting untuk kita jadikan bahan informasi terutama bagi orang-orang Trenggalek yang ada di perantauan, juga orang lain yang ingin mengetahui informasi tentang Trenggalek.


Sungguh, saat silaturahmi hari raya kemarin, ternyata kiprah rekan-rekan kita yang ada di Trenggalek melebihi ekspektasi saya. Pengolahan tepung ketela, berdirinya SMK Teknologi Informasi, dan sebagainya adalah kreasi orang-orang Trenggalek yang masih ingin tinggal di kampung halaman dan ingin memajukan kota kelahiran saya itu.


Selamat Kang Mul, mudah-mudahan rintisan panjenengan bisa menjadi pemicu bagi orang-orang Trenggalek lain untuk Go Online. Dan kita yang ada di kejauhan ini bisa selalu bersilaturahmi dengan panjenengan melalui Rumah Web Kang Mul.

36 komentar:

  1. gimana jika cak edy memulai membuat situ yang lengkap
    tentang Trenggalek?

    BalasHapus
  2. Trim cak edy atas komentarnya. Waduh, sya jadi tersanjung nih...astaghfirullah.Maju terus wong Nggalek..Allahu AKbar

    BalasHapus
  3. Walaupun tampilanya kurang seep tapi kalo isinya update cukup bisa jadi pengobat rindu, tapi sekarang trenggalekkab.go.id malah gugur mendahului kita, padahal itu di danai dari uang rakyat.

    BalasHapus
  4. yo jenenge wong nggalek sing kreatif masio mangan gaplek
    tak dukung bos lanjutkan perjuangan mu aku yo wis kangen karo tanah kelahiranku, merdeka!

    BalasHapus
  5. Sebenarnya saya juga punya rencana untuk membuat blog tentang Trenggalek, soalnya web pemda trenggalek juga gak update (www.Trenggalek.com) tapi saat ini masih belum ada bahanya. Hehehehehehe
    Maju terus Trenggalek

    BalasHapus
  6. Ngurus pajak gampang kok dibilang susah...apa kata dunia???

    Plesae visit.. www.kp2kpgalek.blogspot.com

    mitra wajib pajak di trenggalek

    BalasHapus
  7. ngomong2 ada yg di jkt ga mas?? susah nyari wong galek neng kene
    hidup Trenggalek

    BalasHapus
  8. #7. Mas joko mungkin bisa gabung di milise wongg nggalek http://groups.yahoo.com/group/wonggalek/

    Disitu banyak orang Trenggalek yang di Jakarta.

    BalasHapus
  9. Saya jg "lare nggalek" skrg ada di rantau merauke papua. Saya baru tau arti kebanggaan dr sini(perantauan) saya punya banyak teman dr sragen,banyuwangi jg kediri. Pertama kenal kita akrab (podo wong jowone) keduax kita saling crita daerah masing.aq bilang asl t.galek dg agak ragu & keraguan saya terbukti krn smua blm taw trenggalek itu mana. 'emang g ada yg bs dibanggain dr trenggalek' tdk ikon 1pun tentang kotaku. Tp tetep aq cinta. Aq pengen suatu saat trenggalek brubah. Punxa ikon. Jk kita bilang trenggalek smua akn langsung jawab. Ooo itu to,..
    Ooo kota "SSB HAYAM WURUK " ato lainx agar smua orang indon kenal akn trenggalek. Hidup Trenggalek. We love U.

    BalasHapus
  10. Apapun yang terjadi dan apapun kondisinya Trenggalek, aku tetep cinta Trenggalek....

    Meski Gak ada yg bisa dibanggain di Trenggalek, aku tetep bangga jadi "wong Nggalek" sebab di tempatku menuntut ilmu saat ini (Jogja) ternyata banyak orang sukses yg berasal dari Trenggalek....

    LUV U TRENGGALEK.....

    BalasHapus
  11. www.pajak-trenggalek.blogspot.com
    adalah web blog kami (KP2KP Trenggalek) yang baru...mudah2an dapat menjadi wadah silaturahmi dan berbagi ilmu bagi kita semua yang cinta dengan trenggalek...
    Salam kenal, dan kami akan sangat berterima kasih bila anda semua berkenan mengunjungi blog kami....

    BalasHapus
  12. aku sependapat dengan kang mul, semua itu demi kemajuan trenggalek, sekalipun kondisi di trenggalek amat lamban untuk diajak maju, sebagai contonya bidang pendidikan, yang jelas-jelas trenggalek itu amat diperhitungkan di propinsi jawa timur, tapi mengapa yang terjadi ketika ada ide-ide untuk maju, banyak yang belum sadar bahwa semua itu membutuhkan pemikiran yang serius, membutuhkan dana yang umayan masih banyak orientasi mereka bahwa sekolah itu menjadi PNS nantinya..... ini mas mul yang perlu kita sadarkan pada masyarakat kita. Aku bangga jika orang-orang trenggalek diluar kota yang telah berhasil ikut-ikut memikirkan dunia pendidikan di trenggalek, entah bagaimana caranya biar pendidikan di trenggalek ini kian maju..... hanya sekedar tahu siswa trenggalek sudah ada yang dapa emas olimpiade di ukraina, hebat bukan?
    Harapansaya sekali lagikang mul bisa berpikir untuk yang satu ini, thank's for kang mul

    BalasHapus
  13. ninik m binti soeroto17 Jan 2009 17.26.00

    Aq wong nggalek,secara akte ma keluarga,karena emang keluargaku tinggal disana.tapi sejak umur 10thn aq dah ikut kakak sepupuq pindah k kota lain.jadinya aq wong ngendi yaaa...yen di tanyain masalah trenggalek.aq bener2 buta,kalo di tanyain masalah daerahq yang baru apalagi......lagi2 dalam usiaq yang ke 20th aq merantau k batam,sampai sekarang dah 11th tinggal d batam.setiap di tanya orang pa makanan khas ma wisata yang terknl ato d ajak ngobrol wong nggalek aq cuma plonga-plongo,nggak ngerti.ada nggak ya orang trenggalek yg mau ngasih aq info tentang budaya ato tempat wisata jg makanan kas trenggalek.silahkan email k aq.nmaularti@gmail.com

    BalasHapus
  14. cak aku sing dipercoyo karo dulur-dulur neng batam
    podho intine
    bahwa mencari info ttg trenggalek sangat sulit
    aku pernah mencari sejarah tiban, sejarah menak sopal sejarah trenggalek untuk dipresentasikan kepada pemko batam sampai hari ini belum dapat
    termasuk saat ini sejarah turonggo yakso

    tolong kalo ada kirim dong ke menaksopal.batam@gmail.com

    wassalam
    wasis

    BalasHapus
  15. #14. Kang Wasis, yaopo yen kene gawe wikine Trenggalek ? sing dikerjakan secara gotong royong. Mengko mari pemilu tak pikirne. Saiki isih rada repot.

    Lha yaopo wong situse pemda wae gak diurus jare. Yen gak kene-kene dewe sing nyengkuyung kan trenggalek iku gak ana sing ngerti blas :)

    BalasHapus
  16. mampir mas lam kenal .. aku joga asli trenggalek sukorame

    BalasHapus
  17. Sukorame, kenal Ngabdut ?

    BalasHapus
  18. konco soko nggalek lam kenal
    nuwun ditepangaken ,kulo lare saking prambon,kec tugu,
    sakniki taksih makaryo pados upo ten monco, pingin ngilangi kangen kanti rerembakan utawi ngobrol kaliyan rencang2 sing saking trenggalek poro pinter lan winasis saking trenggalek monggo kito sami mikiraken amrih moncere trenggalek,supados dikenal ing sak indenging nusantoro.ampon ngantos ketinggalan kaliyan daerah2 lintu.
    amargi ten ngriki menawi tetepangan kaliyan konco2 saking lintu daerah kathah konco2 engkang mboten tepang kaliyan trenggalek.cekap semanten rumiyin lepat nyuwun gunging pangaksomo.
    salam saking jurit

    BalasHapus
  19. Aku yo wong Nggalek. Neng Ketapang KAL-BAR wong Trenggalek yo akeh. Trenggalek ngangeni mas. maju terus.............. Allahu Akbar

    BalasHapus
  20. Yali Atmaji ex tapol smu karangan24 Mar 2009 23.12.00

    Maju terus sedulur2 Trenggalek,..
    yaliatmaji.wordpress.com

    BalasHapus
  21. salam gaplek...hehehe

    Dospundi prigi?? sampun berdiri peabuhan Internasional???
    at just wacana???

    BalasHapus
  22. IMRON YAHYA KETAPANG - KALBAR26 Mar 2009 23.43.00

    Hallo,.... Cak Edy yo opo kabare? Ojo lali yo situse mari pemilu. Tak tunggu lhoo...Muachhhhzzzzz nggo sedulur Nggalek kabeh
    .

    BalasHapus
  23. Senang sekali aku dapat sampai di ruang ini. Semoga ada faedahnya baik secara materiil maupun non materiil.

    BalasHapus
  24. Bagi saudara yang pingin tahu soal prigi dan sekitarnya saya siap membantu
    081 259 022 102 atau halaj_nt@yahoo.co.id
    itu alamat yang bisa di hubungi
    dan sekarang saya sedang belajar ngopeni web diatas.

    BalasHapus
  25. . achedy


    Sukorame, kenal Ngabdut ?
    >>>>>>>>>>

    ngabdut sebelah endi mas omahe mahku cedak pemancar telkom sing biyen onok pabrik rokok satria sakti mas

    BalasHapus
  26. #25. Aku wis rada lali posisine kang. Biyen dewekne kancaku SMA keluaran 1995. Terus mondok ana Lirboyo. Embuh saiki yaopo kabare.

    BalasHapus
  27. o0o kenal mas .. lek ngabdut kuwi anak,e pak dardii yoo...
    pean smane dorenan yo mas..

    BalasHapus
  28. Ya aku SMA Durenan kang. Yen ketemu aku titip salam yo.

    BalasHapus
  29. assalaamualaikum,sedulur nggalek kabeh monggo sami tetepangan,nami kulo Mujalal,asli jambu,tugu mbok menawi wonten sing kenal kulo kulo aturi mampir teng blog kulo,bapakeopick.blogspot.com,bravo lare nggalek!!!

    BalasHapus
  30. Salam kenal semua konco2 Trenggalek
    Wah apik banget yen ono web site tentang trenggalek sing komplit..... biar bisa membawa trenggalek tambah dikenal orang2 dan tambah maju aja. Salut2 tak dukung konco2

    BalasHapus
  31. Salam kenal sedoyo ! kulo ingih tiang ngalek

    BalasHapus
  32. #NURWANTO.
    Salam kenal ugi mas Nur

    BalasHapus
  33. hi...salam kenal yah...mungkin aslinya kita kenal, karena aku jg dari trenggalek, tp masih kuliah di aussie..kayaknya jg bertetangga.he he..saya ketemu blog ini g sengaja krn besok harus presentasi tentang program volunteer aku di rotary club, australia, jadi lagi search gambar daerah wisata di trenggalek.

    aku jg tetep cinta kota kecilku n i will be back as soon as possible..aku jg rela mempromosikan tanpa bayaran (wekekekk)...
    tp sorry kalo habis ini g ketemu lagi,krn byk nya tugas belajar buat aku sering g buka blog...met ketemu di facebook yah...add me a.n siti nurul hidayah for trenggalek people...

    see u...sukses slalu

    nurul
    wollongong university australia
    master of education

    BalasHapus
  34. Mas, gimana kabarnya? Kapan Koran Trenggalek dihidupkan lagi? Tapi apa Njenengan ada waktu bila nanti sudah dilantik jadi Dewan? Selamat ya!

    BalasHapus
  35. numpang hadir,aq orang galek yg pengen mengenalkan hasil karya aq,berupa cetakan loster+pagar..banyak orang galek diperantauan yg berprofesi sag pengusaha beton,dan pasti membutuhkan cetakan loster+pagar.aq sangat berterimakasih sekiranya mau mengenalkan cetakan buatanku.suwun

    BalasHapus
  36. #yoyok : Salah satu alternatifnya membuat toko web mas. Apakah sampeyan mau kerjasama sama saya. Saya buat webnya sampeyan yang menyediakan kontennya. Nanti qt bagi hasil :D

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)