Senin, 27 Oktober 2008

Menjadi Pengurus Lansia

Amanah saya bertambah lagi. Semenjak ketemu pak Hadi Setiawan (Rektor ITATS) saya ditawari posisi sebagai sekretaris Lansia RW 3 Asempayung Kelurahan Gebang Putih Surabaya. Kebetulan beliau ditunjuk sebagai ketua paguyuban para Lansia di Asempayung walaupun beliau masih muda.


Tidak gampang mencari orang yang mau mengurusi orang tua. Bahkan yang tua-tua juga sulit diminta untuk menjadi pengurus organisasi mereka sendiri. Maka kemudian yang muda-muda yang mengurus organisasi lansia itu.


Apakah lansia itu ? Dalam definisinya lansia adalah seseorang yang usianya diatas 45 tahun. Kalau menurut saya lansia itu diatas 55 tahun :D. Usia 45 tahun masih sangat produktif kan ? Tapi ya itulah definisi yang diberikan kepada saya. Namun di asempayung yang terdaftar dan berpartisipasi dalam kegiatan lansia ini usianya diatas 50 tahun.


Apa saja kegiatan untuk mereka ? Sebenarnya banyak. Ada posyandu lansia, jalan sehat, senam dan sebagainya, hanya saja, saat ini yang baru berjalan hanya posyandu lansia yang diadakan tiap bulan sekali. Bertempat di alai RW, dan bekerjasama dengan PUSKESMAS. Timbang Badang, Pengukuran Tekanan Darah, Pemberian Vitamin, Pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan merupakan standart tetap dalam posyandu lansia.


Pada pertemuan sabtu kemarin disepakati organisasi lansia di asempayung itu dinamakan "Paguyuban Karang Wreda Pandu Dewanata".

7 komentar:

  1. Sing Penting semangate nggak katut koyo lansia. Ingat kalo kita masih berjuang , kalo merekakan memang sudah waktunya menikmati hidup.
    Semangat Pak Edy !!!


    FH

    BalasHapus
  2. ingat kita butuh pemimpin muda, ngapaian ngurusin lansia

    BalasHapus
  3. selamat berkiprah edy...

    BalasHapus
  4. dr.arba'i9 Des 2008 00.26.00

    Salut untuk Bpk achedy. Itu perbuatan mulia. Nanti bisa komunikasi dengan para lansia di tempat saya agar saling mensupport. Di Kecamatan saya seluruh desa sudah punya perkumpulan lansai, yaitu karang werda.

    BalasHapus
  5. #5. Dr Arbai Pengurus Lansia di daerah mana ?

    BalasHapus
  6. Saya bukan pengurus lansia tapi sebagai kepala puskesmas yang memfasilitasi pengorganisasian lansia di Kec Senduro Kab Lumajang

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)