Selasa, 19 Agustus 2008

Simpan Dokumen Web dengan Versi Single Archive (mht)

Saya akui Microsoft memang ahlinya dalam pengelolaan dokumen web. Ketika berbagai dokumentasi dan buku elektronik dibuat dalam bentuk file html yang berserakan di berbagai folder, maka Microsoft menelurkan ide untuk membundelnya dalam sebuah file yang disebut chm, konon chm maksudnya adalah compiled HTML. Saya sendiri saat ini ini sering membundel hasil download kumpulan file-file ke dalam bentuk chm.  Berbagai file yg terdiri dari HTML dan gambar dikompres dan di wujudkan dalam satu file. Sangat praktis. Dalam perkembangannya bentuk chm di gunakan dalam distribusi buku elektronik disamping pdf.



Beberapa waktu ini saya juga disibukkan dengan menyimpan format html hasil save as web browser  untuk saya bawa pulang (offline). Kita ketahui bahwa dokumen web terdiri dari rupa-rupa file. HTML, Java Scripts, css, dan gambar yang saling dikaitkan. Bisanya kalau kita simpan, ada dua pertanyaan apakah disimpan dalam bentuk HTML Only atau Web Complete. Kalau kita menyimpannya dalam bentuk HTML Only maka kita akan kehilangan bentuk dokumen yang utuh, karena gambar dan CSS tidak akan tersimpan. Namun jika kita menyimpannya dalam bentuk Web Complete, maka kita akan ddisibukkan dengan berbagai folder dan file yang berserakan dan tidak menyatu. Amat sulit untuk kita kelola.

Kita beruntung bahwa (entah sejak kapan) muncul format mht yang menjembatani keduanya. Katanya mht kependekan dari Microsoft HTML. Bener nggak sih ? Dengan format mht maka kita bisa menyimpan Web Complete dalam sebuah file saja. Saya sebenarnya sudah lama melihat format mht ini, hanya saja karena saya tidak menyukai IE untuk browsing, sedangkan  format mht hanya bisa didapati di IE, maka saya sempat melupakannya. Dalam waktu lama saya biasa menggunakan print pdf untuk mengatasi persoalan ini. Hanya saja menurut saya PDF yang dihasilkan tidak bisa mewakili tampilan dokumen web. Apalagi terakhir, lagi lagi saya tidak tahu sejak versi berapa, pada Opera versi 9.5, ketika saya ingin menyimpan sebuah dokumen web saya jumpai ada pilihan web archive (singgle file) , sebuah file dengan ektensi mht. Sejak itu saya selalu menyimpan dokumen web dalam bentuk mht.

Meski demikian, ternyata format ini tidak di dukung oleh Firefox. Tapi tak mengapa, karena saat ini browser yang  sering saya gunakan adalah OPERA.

2 komentar:

  1. aris nurbawani22 Agt 2008 14.55.00

    he he he .. jatuh cinta ke opera ya ..... opera emang te-o-pe bangets .... dari jaman kuliah ampe sekarang saya juga msh blom bisa beralih ke yg lain, wlau sempet ngelirik mozila firefox tp balik lagi karena feature opera yg dpt meresume saat download

    BalasHapus
  2. makasih ed, akhirnya aku pakek opera....siip banget.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)