Jumat, 16 Mei 2008

Solusi Termudah Install Openchrome di Ubuntu

Ternyata saya belum kapok untuk mencoba membenamkan Ubuntu di Axioo Neon saya. Apalagi setelah ada kabar bahwa telah muncul versi teranyar 8.04 dengan kode Hardy Heron yang Long Time Support. Suport selama tiga tahun, weleh-weleh. Saya memang menyukai versi LTS seperti itu karena saya bosan bongkar pasang Linux. Mudah-mudahan selama tiga tahun saya nggak disibukkan dengan install - uninstall linux lagi. Capek.



Dengan harap-harap cemas, bahwa VGA Via telah mendapatkan perhatian khusus di versi ini, Minggu kemarin habis pengajian saya langsung meluncur ke LUG di Ketintang untuk membeli Ubuntu HH ini.

Live CD berjalan dengan lancar. Instalasi berjalan mulus tanpa hambatan sama sekali. Namun masih seperti sebelumnya butuh kerja keras untuk bisa berharap bahwa grafis berjalan dengan layak.

Beberapa kali saya mencoba resep dari kawan-kawan yang telah berhasil menginstall openchrome sebelumnya.

  1. Pakai saran download driver dari repository : sudo apt-get build-dep xserver-xorg-video-via. Nihil, malah kita nggak bisa masuk GUI.
  2. Tutorial dari pak Hendi Irawan  adalah tutorial paling lengkap soal openchrome. Entah mengapa saat sampai pada perintah sudo apt-get build-dep xserver-xorg-video-via saya mengalami kegagalan. Saya sudah berganti 2 repository tetep saya nggak ada hasil. Ketika saya melewati tahab itu, maka tidak sepeti Zenwalk yang langsung bisa diinstall, pada Ubuntu ternyata masih banyak file dependensi yang belum terinstall secara native.
  3. Download Driver Via dari pembuatnya. Namun pada tahap sampai pada halaman login tidak bisa muncul form loginnya. Blank coklat, mousenya bisa digerak-gerakkan. Mungkin sebenarnya ini masalah kecil. tapi saya nggak tahu cara membetulkannya.

SOLUSI TERMUDAH

Setelah saya cari-cari di ruang diskusi Ubuntu  lantas saya menemukan skrip yang melakukan langkah-langkah istall openchrome secara otomatis sejak dari download dependensi, install openchrome sampai mengubah file xorg.conf .  Bisa dibilang cuma sekali hit, meskipun ada beberapa tahap yes no yang sesekali harus di jawab.

Namun untuk mendapatkan file ini harus menjadi anggota ubuntu forum, karena harus login, sehingga saya share biar tidak harus login saat mengambilnya.

Silahkan download disini dan jalankan.

KELEMAHAN

Meskipun berhasil diinstall, ternyata proses instalasi   dengan cara ini masih menimbulkan sedikit masalah.

  1. TTY tidak berjalan saat kita tekan ctrl+alt+f1. Tampilan X tidak bergeming.
  2. Resolusi pada halaman login tidak bisa tampil wide screen.

Saya belum ada waktu ngoprek karena mungkin fungsi-fungsi itu saat ini kurang penting bagi saya. Namun jika anda mempunyai informasi untuk membenahi kelemahan tersebut, maka silahkan tambahkan dirunag komentar. Dan saya ucapkan sukron katsiro :D

3 komentar:

  1. apa driver openchrome untuk ubuntu dan zenwalk itu sama?kan beda desktop environmentnya (xfce vs gnome)..

    BalasHapus
  2. #ROODEY Setahu saya driver berguna bagi X Windows. dan posisi xfce, gnome dsb layernya berada di atas X Windows. Jadi tidak terpengaruh oleh jenis desktop.

    Tapi selama saya menggunakan, openchrome tidak stabil. sesekali dia tetap menampilkan tampilan bergaris. baik dipakai Zenwalk maupun Ubuntu. Terpaksa saat ini Linuxhanya saya gunakan sebagai secondary OS saja.

    BalasHapus
  3. Kalu kata teman saya, bagusnya dikompilasi ulang Kernelnya dan masukkan driver VIA nya karena selain butuh driver, linux itu perlu modul kernel untuk mendukung hardware dengan baik

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)