Selasa, 01 April 2008

Dikecewakan Web Hosting

Tagnggal 19 Maret ada sebuah pertanyaan atau lebih tepatnya pemberitahuan dari akhdian.
Pak, apakah data di situs webmu hilang ?.
Nggak tahu tuh masak hilang.
Webmu nggak bisa diakses kan ?
Ya benar.
Ya itu berarti datamu hilang.
Tahu dari mana.
Ada email dari hosting, web saya juga hilang kok.

Saya cari-cari email yang dimaksud yang ternyata ada di bulkmail. Saya sangat kecewa, ternyata informasi itu benar adanya. Terbayang sudah bagaimana jika web kita hilang. File-file database dan sebagainya mesti ikut hilang. Apalagi saya belum backup theme wordpress saya yang baru yang saya buat berhari-hari, duh...
Yang lebih mengecewakan tidak ada satu kata maaf pun dalam email itu. Semuanya hanya berisi pemberitahuan.

Kami ingin memberitahukan bahwa server kami tersebut terdeteksi menjadi sumber SPAM yang mana akhirnya server tersebut di'TERMINATE' (di'off-line'kan) oleh Data Center di USA. Mohon lihat email pemberitahuan dari Data Center di bawah.

Kami pun telah melakukan permohonan dan berbagai cara negosiasi dengan pihak Data Center, namun tetap saja pihak Data Center di USA mengambil sikap untuk tidak mengembalikan server online. Sebagai acuan, SPAM adalah merupakan tindakan kriminal di Amerika sehingga Data Center tidak ingin mengambil resiko untuk menghidupan kembali server tersebut.

Untuk itu, jalan satu-satunya adalah diset-up ulang account hosting Anda (baru) dan Anda upload file-file website Anda agar dapat segera up.


Tapi mau bagaimana lagi, pihak hosting tidak mampu lagi bernegosisi dengan hosting induknya. Mungkin benar kata pepatah, lha wong murah minta selamat. Untunglah ada backup sekitar tiga bulan yang lalu. Benar-benar beruntung.

Sebenarnya saya dikasih ganti server yang berada di jalur IIX, dan kalau melihat kecepatan aksesnya dari Indonesia, amat sangat cepat, namun bagaimana lagi sudah yang kedua kalinya saya mengalami nasib seperti ini. Saya putuskan untuk hengkang dari sini. Saya sudah tidak percaya lagi, apalagi setelah membaca disini dan disini.

Hosting yang telah menemani saya sejak pertama kali kenal hosting itu sekarang akan kami tinggalkan untuk selama-lamanya. Selamat berpisah Singcat...

8 komentar:

  1. Assalamualaikum...
    Comment ini didelete saja... saya cuma ingin nanya, gimana caranya biar bisa jadi kontributor agreggatornya IMB, saya sudah daftar, terus?

    BalasHapus
  2. #1 Caranya daftar terus sampaikan permohonan ke administrator. Gitu ajah Ar. Sudah ane approval sekarang.

    BalasHapus
  3. wah... benar-benar mengecewakan.
    itu dikelola orang kita bukan ?

    BalasHapus
  4. Sabar, sabar... (Hanya bisa bilang begini soalnya nggak ikut merasakan dan nggak bisa berbuat apa-apa juga). Tapi sekarang sudah online lagi kan?

    BalasHapus
  5. Wah... berarti mas hostingnya di server yang kena spam ya. saya yang tidak diserver itu juga kena imbas. hari senin 14 maret 2008 website saya saya perbaiki sehingga data²nya baru dan saya belum sempat backup. eh selasanya down. saya kira biasalah singcat gak heran.

    ternyata downnya berlangsung lama. sampai saya protes ke singcat. setelah website runing lagi jreng!!!! datanya bukan data terakhir. tetapi data desember 2007. dan hal ini sudah dua kali saya alami dengan datanya kembali ke data tersebut yang berakibat ranking web turun drstis.

    Saya juga kecewa mas sama singcat, kita kan kalau gak salah waktu hostingnya hampir bersamaan.

    BalasHapus
  6. Namanya juga shared hosting. Kalo mau terjamin dedicated hosting pasti OK.
    Kalo dalam satu server ada beberapa yang menyalahgunakan servernya, ya anggota yg lain ikut kena getahnya.
    Emang susah kalo jadi reseller hosting, kalo gak teliti ada anggotanya yg berbuat merugikan anggota lainnya.

    BalasHapus
  7. @achedy

    sekarang pakai apa?

    @ agam

    punyamu juga lelet banget :P

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)