Minggu, 30 Maret 2008

Capeknya install Linux di Axioo

Lama saya menggunakan linux. Dan biasanya saya tidak pernah bermasalah ketika menginstallnya di berbagai komputer, apalagi distro baru keluaran versi 2007. Sejak Mandriva, Zenwalk, maupun Ubuntu. Namun kali ini ternyata ceritanya lain ketika saya mencoba melakukan instalasinya di notebook axioo TVR016C . Saya harus melakukan instalasi berulangkali dengan berbagai macam distro dan hasilnya sangat tidak memuaskan.

Spesifikasi komputer Axioo saya adalah
1. Processor Celeron 550 @ 2 GHz
2. Memory 1GB
3. WLan 802.11b/g
4. Display Adapter VIA Crome9 HC IGP Family WDDM
5. Resolusi : Wide Screen 14″
6. HDD ST96023 AS ATA DEVICE

OK dah, saya kira itu yang amat penting. Sound Card, DVD biasanya terdetek otomatis. Meskipun modem biasanya memang susah dideteksi.

INSTALL UBUNTU GUTSY

Berbekal Ubuntu dari Infolinux Desember, saya melakukan running DVD. Mulanya berjalan lancar, namun akhirnya macet saat load GDM. Saya sempat mencari-cari di internet dan saya ketemukan bahwa ternyata Gutsy tidak support Display Adapter VIA. Solusinya mengganti jenis driver dari VIA ke VESA yang ada si /etc/X11/xorg.conf. Petunjuknya adalah dengan menekan ctrl+alt+del saat terjadi blank, namun saya heran kok ctrl+ald+del nggak jalan. Ada juga petunjuk yang mengatakan bahwa install saya gutsy versi alternate. Atau install saja Ubuntu Feisty. Semuanya saya terima mengingat saya berkeinginan menyemayamkan Linux di Axioo saya.

INSTALL PCLINUXOS

Saya akhirnya mencoba PCLINUXOS, distro terkenal varian mandriva yang selama berbulan-bulan menduduki rangking satu di distrowatch.com . Katanya ramah dalam segala hardware. Live CD sukses. install sukses, namun ada masalah di resolusi. Resolusinya nggak bisa wide screen. Habis itu fontnya pecah-pecah. Wireles bisa dideteksi, namun jika digunakan, komputer hang.

INSTALL GUTSY ALTERNATE

Install berjalan dengan sukses, namun problemnya tetap, tidak bisa masuk GUI, blank, tanpa ada sepatah katapun error apa gerangan penyebabnya. Ctrl+alt+F1 untuk saya gunakan mengedit konfigurasi tidak berjalan. Petunjuk mengatakan bahwa untuk menjalankannya kita harus masuk lewat safe mode dan mengedit /etc/initramfs-tools/modules dan menamahkan kata fbcon. Hasilnya sia-sia. Ctrl+alt+F1 tetap saja tidak berjalan.

INSTALL BLANKON

Ada informasi bahwa install menggunakan blankon bisa. Instalasi berjalan dengan mulus. Tapi tetap saja ujung-uungnya monitor blank. Saya lakukan prosedur install Gutsy alternate. Saya ganti via dengan vesa. Saya ketik sudo /etc/init.d/gdm restart. Hasilnya blank. Saya ketik startx. Bisa masuk GUI meskipun fontnya tidak halus. Saya restart dengan cara normal hasilnya blank lagi

INSTALL MANDRIVA 2008

Ini adalah alternatif yang sebenarnya saya nggak yakin juga. Hasilnya nggak bisa masuk GUI.

INSTALL FEISTY LIVE CD.

Live CD bisa berjalan. hati saya senang. Namun ada beberapa error yang menyertai waktu dia booting CD. saya sudah meresa nggak enak. Pada bagian partisi ada masalah juga dimana dia tidak bisa digunakan untuk membuat partisi ext3. Terpaksa saya gunakan ext2. Saat instalasi lancar, saat restart banyak terjadi eror dan tidak bisa masuk GUI.

ALTERNATIF

Sebenarnya Axioo menyertakan CD Recovery Mandriva yang telah dimodifikasi. Ketika saya run di live CD, hasil grafisnya memuaskan meskipun dia tidak mendeteksi WLan. Namun ketika saya membaca petunjuk instalasinya, maka dia tidak mengikut prosedur baku instalasi distro. Ada langkah-langkah dimana kita harus mempartisi keseluruhan hardisk. Padahal disitu sudah ada Windowsnya dan saya sudah menyalin banyak file di hardisk.

Saya pernah pula menginstall distro Zenwalk di notebook A*Note kantor dan hasilnya sempurna. Namun nggak tahu kalau untuk wide screen, mengingat yang dikantor bukan wide screen.

Sebelumnya saya menjalankan secara live GParted yang menggunakan XFCE yang berjalan lancar.

Namun saya masih ingin menjalankan distro Linux yang nggak lite. Buat apa beli memori 1 GB kalau hanya untuk merun Linux Lite ?

Akhirnya saya ucapkan banyak terimakasih kepada rekan-rekan yang telah memberi banyak petunjuk dan alternatif instalasi meskipun di notebook saya tetap tidak bisa saya gunakan.

Saat ini terpaksa saya menggunakan Windows XP Starter Edition OEM yang saya beli 150 Rb bersamaan dengan ketika saya membeli Laptop ini. Instalasi berjalan mulus. Masing-masing hardware dikenali.

Jadi jika saya akhirnya tidak menggunakan linux di notebook ini siapa yang salah ? Linux yang tidak mendeteksi VIA dengan baik ? Axioo yang memilih hardware yang tidak Linux friendly ? Ataukah saya yang terlalu tidak mengerti dengan masalah ini ?

Atau, mungkin diantara pembaca ada yang bisa memberikan saran, atau punya pengalaman dengan instalasi Linux di Axioo ? Distro apa yang kira-kira cocok untuk spesifikasi komputer diatas ?

85 komentar:

  1. Hardware-conflict kale..Memang dukungan hardware2 buat linux minim bgt..Coba aja tanya ke customer servicenya Axioo soal distro Linuxnya..

    BalasHapus
  2. kalo masalah VGA VIA seminggu yang lalu gak ada masalah di kompi temen saya yang make VGA VIA savage4 tapi gak tahu juga klo di Laptop apa dah masalah nggak, klo saya si VGA SiS 630 lancar aja cuma Monitor saya yang kuno gak support resolusi 1024x768 jadinya harus ngubah Xorg.conf

    Apa mas edy udah mengkonfigurasi kernel modul?

    coba deh semua yang berhubungan sama VIA dan VGA di load ke memory, terus disave setingannya terus restart

    BalasHapus
  3. senasib mas, aku punya nve758 juga begitu
    wireless rtl8187 gak bisa kedeteksi

    BalasHapus
  4. # razor
    Kalau punya saya sekang sudah OK. Cuman kadang-kadang masih ada masalah didisplay. Saya barusan compile openchrome versi terbaru, dan beluym ada masalah sampai sekarang. Mudah-mudahan aja nggak ada masalah. Oh ya saya pakai Zenwalk 5.

    BalasHapus
  5. senasib!!smp sekarang q lom bisa nginstall linuxnya
    masalahnya sama klo pake ubuntu gak detek wireless
    sempet coba debian cm lebih parah
    gak bisa detek hardisk, padahal klo install di PC aman2 aja

    BalasHapus
  6. # HYANK
    Coba deh pakai Zenwalk. Kemarin saya coba pakai ubuntu juga nggak deteck. Namun di Zenwalk semuanya lancar. Nanti kalau butuh KDE kita install KDE.

    BalasHapus
  7. Sama neh...belum sukses-sukses instal Ubuntu ...aku pake Axioo Neon NVS858PW.... berkali-kali masih belum nembus kalo boot lewat CD....hikss..

    BalasHapus
  8. Mas ... aq mo nanya nih

    Aq Rencana mo beli Axio classimate PC ( dengan spekfikasi : procesor celeron 900 mHz, hD 30 G, Ram 512mB, Wifi )

    Cuma saya mo tanya..kalo spefikasi Laptop yg pake Udah pake WIFI apakah Lan cardnya ada ya???? soaLnya d Kost Aq pada Langganan Spedy Neh ...jadi kan bisa ngenet gratis pake Lan.

    Makasi neh Bantuan nya kawan2...semua...kirimin masukannya dan sarannya ke Email saya ya : nehacahya10@gmail.com atau kirim ke blog saya : http://secaranya.blogspot.com

    Nuwun............

    BalasHapus
  9. #Dody. Siasanya sih Lan card nggak pernah dibuang meskipun dan ada Wifi. lebih jelasnya ya tanyakan saja ke penjualnya. Atau kalau ada barangnya coba intip ada colokan buat Lan nggak ?

    BalasHapus
  10. Mas, boleh tanya dunk. Saya lupa beli OEM Windows starternya. Beli dimana ya? Bisa dibeli terpisah dengan harga 150Rb jg?

    BalasHapus
  11. # RIZAL
    kalau OEM berarti belinya saat membeli hardwae (laptop). Kalau beli sendiri beli aja Windows starter (bukan OEM). Harganya kalau nggak salah sekitar 400 Rb

    BalasHapus
  12. wah, sama tuh mas. saya juga dibuat repot ama axioo NVE saya.
    yang bisa jalan dengan mulus cuma openSUSE aja. padahal kepengen bgt pake ubuntu hu..hu..hu
    sekarang ini saya pake virtualbox aja untuk jalanin ubuntu. os hostnya windows vista. cuma sayang, di virtual compiznya ga mau keluar..

    BalasHapus
  13. Weleh.....weleh ternyata banyak jg yg senasib dgn saya, saya sdh pakai mandriva spring 2007, mandriva 2008, Ubuntu N redhasdh di cb semua distro linux kagak ada yg support dgn notebook axioo nve, sampe akhir nya saya nyerah, bosan ngebenerin laptop y klo abis di install linux. sekarang saya bosen nyoba N nyerah sama windows.

    BalasHapus
  14. sama dech, sy juga installasi uBuntu 8.04 di Axioo NVS858PW jadinya benar2 BUNTU... karena tidak dikenali chipset-nya

    BalasHapus
  15. Waduhh, nyari kesana-kemari ketemunya
    kok ya sama, dimana-mana susah install linux di axioo.
    Saya pake axioo VL 624c, kalo ga salah keluaran pertama yg paling jadul dan hardware-nya minimalis. maunya pake linux biar jalannya enteng, eehh
    lha kok mau booting lewat cd buat install aja ga bisa, ditengah-tengah error. Udah nyoba mandriva 2008, ubuntu 7.10, ubuntu 8.04, blankon 2.0. yang lain baru mau nyoba, tapi nyerah juga sama windows XP (tawaran untuk menggunakannya sangat menggiurkan, karena diburu-buru kerjaan).

    BalasHapus
  16. aku punya axioo neon tvs 8122
    coba aja pas di menu pertama ketik F6 trus ketik setelah tanda dash 2x yaitu -- noapic acpi=off olddetect pnpdetect=off
    kalo di Gutsy mau install cuma urusan batterai dia ngk berfungsi jadi kamu harus andalkan bios powermgnt aja untuk batterai ok..

    kalo hardy heron forget it aja soalnya ngk kenal harddisk gw karena sata.. bye

    BalasHapus
  17. Kayaknya belum ada yang coba pakai openSUSE ya ? Togap sudah coba dan katanya lancar. Kalau ada yang mau coba, saya akan kirimkan CD openSUSE 11.0.

    Bagaimana ? atau ada yang mau kasih saya pinjeman Axioo ?

    BalasHapus
  18. wah...wah... sama man saya juga capek installnya saya punya tipe TVR

    tapi kalo pake cd bawaannya lancar2 aja. tapi masak / makan 15 GB gak bisa dikurangin swapaaja 2 gb abis dah tu hardisk.

    kalo pake ubuntu 7.01 jalan. Tapi ya itu tadi wifinya kagak bisa?

    hmmm.... jangan2 axioo hanya cari murahnya tanpa OS serta bawain Linux dalam kemasannya biar dikira OPENSOURCE tapi kagak ndukung distro yang laen. di situsnya aja kagak ada tuh driver linuxnnya . KOSONG. ups...... keceplosan. maaf2...

    sapa yang dah lancar, beritahu caranya ya..
    thankssss

    BalasHapus
  19. saya sekarang sedang menggunakan AXIOO TVS 712
    saya pun pada awalnya mengalami masalah yang banyak seperti itu
    hingga saya menemukan kebanyakan masalahnya (selain wireless ma vga) bisa diatasi dengan menambahkan opsi
    "acpi=off noapic" ntar bisa jalan dan masuk kok insya ALlah

    cuma ya resiko karena acpi=off ya....... baterai saya tidak dikenali waktu adaptor sudah saya lepas. nyala, tapi di power status terdeteksi sebagai still on AC power.

    saat menulis ini saya memakai Fedora 9
    Alhamdulillah bisa
    tengah berusaha mencari cara agar bisa pakai power status nya ada pakai bateraigitu...
    doain ya.... ntar akan coba saya share kalau dah sukses :)

    BalasHapus
  20. waduh, ternyata bukan ane sendiri ya yang punya problem ini.
    ane dah nyobain semua distro. ampe ane nyoba freeBSD. nah yang terkhir itu bisa di instal.cuma ane ga ngerti. masalahnya juga aneh2. ada yang hang pas isaPnp ampe hardisk ane ga kebaca. ampe puyeng bet. ane dah coba segala trik dari forum2 linux. tetep ga mau. keknye emang hardwarenye yang geblek. ane make axioo Neon TVW 8210. core2duo 1,85 GHz. Ram 2 Gb, Hardisk Seagate SATA 160 Gb. ada yang bisa bantu ga?

    BalasHapus
  21. KABAR GEMBIRA!!!

    Saya juga konsumen axioo TVR..kemarin habis saya install Linux 2008.1 bonus info linux..dan ternyata bisa. coba diubah setting via chrome9 dengan vesa (generik)..diakhir-akhir install..tolong jangan di pilih tombol TEST, ntar hang lagi..alhamdulillah bisa. info: saya hapus instal udah 7x..hehe. selamat mencoba.

    BalasHapus
  22. #BIGGIE. Sudah anda cek belum ...
    1. Coba anda logout apakah blank screen atau nggak ?
    2. Kalau anda lakukan ctrl+Alt+F1 apakah nggak blank screen ?

    BalasHapus
  23. wah sama apalagi saya nubie
    tambah bingung pengen nya pake linuk mau balajar jadi administrator na jaringan tapi malahan nga bisa instal linuk untuk diketahui saya pakai laptop axio nve 728C celeron 1,7 ram 1g maklum masih goblok ya saya nya jadi nga bisa instal klo ada yang bisa bagi ilmu nya dong para senior
    ke (hantued@yahoo.com) tolong mas2 saya udah bingung nih maklum masih status mahasiswa tapi goblok uh ???? weleh weleh
    hehehe

    BalasHapus
  24. knoppix dong yang dicoba ...
    pasti bisa...

    BalasHapus
  25. mas,,

    driver tuk linux nya
    'VL 624 C'

    dwnld dmana yak??

    BalasHapus
  26. to Senior2 Linux,
    saya mau nanya nih gimana ya caranya install linux mandriva 2008 spring di Axitoooook karena aku udah coba berulang2 kali kronologinya seperti ini:
    1. kan komputerku ada windowsnya(XP-Pro) jadi aku pikir install Virtual Box dulu naru install Linux didalamnya, tapi nyatanya weleh2 install ngak pernah berhasil selalu ada eror kalo ngak hang(ini terjadi hanya di laptop Axxxxiiitookk sedangkan kalo aku install di laptop Acer kagak masalah tuuh(selain mandriva 2008 spring aku install juga ubuntu di Axitoook juga sama nasibnya kagak bisa)
    2. terpaksa aku partisi hardisknya, dimana yg sebagian aku install Mandriva tapi juga sama blank kagak bisa masuk GUI-nya, terus gua binggung nih gimana caranya ya??please help me
    Thanks semuanya......

    BalasHapus
  27. sama, aku aku paket zetta 812p, ubuntu 7, 8 eror smua, ampek sekarang

    BalasHapus
  28. sekarang dah beda, mudahnya install ubuntu di axioo netta ten 812p. tq all

    BalasHapus
  29. instal linux slackware versi 12 aja.

    BalasHapus
  30. Guys...

    Gw uda install Puppylinux ternyata axioo friendly banget deh,
    kalo kalo Ubuntu and the brothers bisa install tapi dgn syarat noapic dan acpi=off dan setrusnya dan batterai monitor ngk berfungsi. Tapi dengan Puppylinux semua befungsi cuma sebelum install harus Gparted dulu... Setelah restart ternyata kencang banget deh.... Kalo gw uda puaasss banget deh..
    selamat mencoba....

    BalasHapus
  31. to josef..
    install puppylinux nya di axioo tipe brapa ?
    aku coba instal ubuntu 8, hh. berhasil cuma driver vga nya aja yg ngak suport..

    gimana nih supaya driver vga nya support ??

    please help me linuxers...
    thanks..

    BalasHapus
  32. To willinux

    Aku pake axioo TVS 8122 chipset SIS. Kalo masalah VGA nanti pilih Xorg aja dengan resolusi 1024x786 saya punya bisa sampe 1200x800.
    Kalo untuk wireles yaah di ndiswrapper aja.Good luck forthe Axioo followers...

    Kalo Masalah VGA di ubuntu 8 ada solusinya,
    ==> http://blogindra.sanjaya.org/2008/05/sis-671-vga-driver-axioo-tvs-712-di.html

    BalasHapus
  33. TOLONG DONG YANG PUNYA DRIVER AXIOO NEON NVE 728C
    DIMANA BISA DI DOWNLOAD KHUSUS DRIVER AUDIO.. DI WEBSITENYA GA BISA DI DOWNLOAD. YANG ADA DODOL, KAYAKNYA WEBSITENYA GA DIPERHATIKAN. DIWEBSITENYA DIBUAT 6,6 MB TAPI STELAH DIDOWNLOAD MALAH FILE ANEH YANG DAPAT YANG BESARNYA CUMAN 112KB.... PLEASE YAH...

    BalasHapus
  34. TOLONG DONG YANG PUNYA DRIVER AXIOO NEON NVE 728C
    DIMANA BISA DI DOWNLOAD KHUSUS DRIVER AUDIO.. DI WEBSITENYA GA BISA DI DOWNLOAD. YANG ADA DODOL, KAYAKNYA WEBSITENYA GA DIPERHATIKAN. DIWEBSITENYA DIBUAT 6,6 MB TAPI STELAH DIDOWNLOAD MALAH FILE ANEH YANG DAPAT YANG BESARNYA CUMAN 112KB…. PLEASE YAH…
    *. Untuk Windows

    BalasHapus
  35. Masalah sama, saya memakai laptop axioo serie TVR dan sudah terinstall dengan mandriva 2008 yang ada di cd recovery linux.
    saya coba pindah ke ubuntu 8, tapi malah gambar gak tampil dan komputer hang. memang payah nih vga nya.

    padahal pengen banget pake ubuntu 8

    BalasHapus
  36. MASWILLINUX, BAGI ILMUNYA DONK!

    GMN CR NYA NGISTALL LINUX UBUNTU 8, JANGANKAN ADA OMONGAN NOT DETECT, SAAT BOOTING AJA DAH TETET.......... HAAAAAA

    PLEASE, CAN U HELP MEEEEEEEEE...............

    BalasHapus
  37. Sama bro, sy juga pake axioo TVR 8122. install ubuntu ME dan ubuntu 8.04 juga macet di tengah jalan malah blank terus. Tapi blom nyoba pake fedora, mandirva atow distro lainnya. Nampaknya memanng bermasalah di vga via-nya... soalnya pas intsall dan masih detecting h/w terus muncul garis-garis di layarnya (widescreen) jadi blom bisa neh pake linux..:(

    BalasHapus
  38. coba install hardy di axioo zetta tec 0252, lancar , tapi ketika digunakan 5 menit kemudian hang atau freeze gak jelas, jadi mesti direstart manual via tombol power, kayanya sie dikernel tapi males oprek kernel, anehnya klo install pake wubi di windows lancar gak hang, tapi males klo partisinya jadi satu sama windows, monya beda partisi aj, padahal klo pake windows dipake 24 jam nonstop gak ada problem.

    BalasHapus
  39. Memang untuk install linux axioo ( untuk spesifikasi tertentu) agak sulit, saya sendiri menggunakan axioo dan sudah saya installkan ubuntu mint informasinya bisa dilihat di sini :http://shidiqalhakim.web.id/?p=35. setahu saya untuk chipset vga via tidak masalah, yang bermasalah jika menggunakan sis butuh driver sendiri untuk installnya :)

    BalasHapus
  40. # SHIDIQ.

    Saya juga pakai MINT 5 Pak, dan untuk via tetep saja harus install driver OpenChrome. Dan hasilnya ettap tidak maksimal. Akhirnya hanya saya buat mainan saja.

    BalasHapus
  41. saya juga pake axioo TVR 157C trus tak install pake Linux Mint 5 Ellysa
    hasilnya semua lancar...cuman...driver via yang gak terdeteksi..
    jadi mohon dong diulang gimana biar bisa jalan ma graphic cardnya via.
    saya juga dah coba downlod ddrivernya di via arena
    tapi tetep aja gak bisa di instal, cara instalnya gimana ya?.wifinya lancar 2 x 24 jam non stop gak hang.trims

    BalasHapus
  42. AXIOO NVE858, Via Chrome9 IG, instal Xubuntu dan PCLOS2007.
    Xubuntu: berjalan normal, acpi=on , hanya webcam yg belum diaktifkan (eth, wireless, cardreader ok).
    PCLOS 2007: berjalan normal tapi cardreader gak detek.
    Belum coba dikonek ke LCD projector, soalnya pake UBUNTU 8,04 gak bisa output vga ke LCD projector.
    3D memang tidak jalan karena VIA Chrome9 tidak punya accelerator. Di Vista juga glassnya gak jalan.

    BalasHapus
  43. pakai tvr 712P, install ubuntu 8.04 dengan safe vga mode plus "noapic nolapic" berjalan lancar, cuma memang suka hang or application tutup mendadak, padahal sudah di tambahkan noapic nolapic di menu.lst

    BalasHapus
  44. Coba install linux mint celena yang light waktu boot pilih opsi vga 1024x768 yang 16 aja...kalau udah selesai install trus kesini:https://help.ubuntu.com/community/OpenChrome ini buat betulin vganya biar gak pecah...met coba dech...

    BalasHapus
  45. buka di sini aj mas..

    http://my.opera.com/yerepenta019/blog

    BalasHapus
  46. Saya pake Axioo TVR152C, distro linux apa yang bisa dipakai untuk laptop ini?Thanks

    BalasHapus
  47. Sebenarnya bukan masalah linuxnya, tapi masalah chipsetnya. Coba aja cek chipsetnya. Intel atau VIA. Kalau Via memang agak ribet. Solusinya dengan menginstall openchrome. Kalau intel, nggak jadi soal.

    BalasHapus
  48. aku pake axioo nl series,pake distro 3D OS jalan (varian pc linux os 2007),tp wirelessnya gak detect. mohon bantuan..

    BalasHapus
  49. #49 Mungkin bisa ditanyakan di http://linux.or.id karena saya jarang bersentuhan lagi dengan persoalan teknis. Mohon maaf.

    BalasHapus
  50. Jaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh


    VIA memang paling bermasalah sama semua OS ... Dasar VIA Bangsat ...


    saya stressssssssssssss dan muak denger nama VIA >....<

    SAMPAAAHHHHH BUANG AJA DEHH


    Saya punya kenalan yang jago linux dah nyerah dia ...

    VIA = SAMPAH

    BalasHapus
  51. #CHANDRA

    Sabar mas.
    Ini memang pelajaran berharga. saya dulu beli laptop juga nggak terlalu memperhatikan chipsetnya. Saya hanya lihat prosesor sama memorinya doang. Nggak tahu ternyata VIA cukup buruk performanya.

    Pelajaran berharga, cek dulu chipsetnya, kalau VIA buang ke laut ajah. Dulu cuman lihat murahnya doang, eh ternyata bermasalah :(

    BalasHapus
  52. Saya pendatang baru di dunia Linux dan lagi semangat-semangatnya pake OS, gak mo bajakan lagi deh pokoknya,..!!
    Daaaaannn,...saya juga bermasalah nih mas-mas dan bapak-bapak semua dengan yang namanya "Linux di Axioo",....
    Saya pake Ubuntu ME di Axioo ML Series. Untuk instalasi lancar, tapi begitu mo dipake, eh ternyata Wirelessnya gak kedetek (tapi untuk aplikasi yang lainnya sih pada aman semua), padahal lampu indikator wireless di laptopnya sih nyala,.... Tolong dong,..saya mesti gimana nih,... Saya sudah bertekad untuk tetep pake OS dan gak mau kembali ke jalan yang "sesat", he,..he,..

    BalasHapus
  53. Somebody help me, please,....
    Saya gak mo pake Windows lagi,...

    BalasHapus
  54. Memang susah install linux di ax1oo (kaya merek suzuki tempoe doeloe), sy dah coba 3 distro ubuntu, dewa sm mandriva 2008 spring yg distro terakhir install lancar jaya tapi begitu mo masuk ke kde-nya error katanya vga gak support, sy pake axioo tvs 0612 yach sementara pake recoverynya dulu. Yg sudah sukses pake mandriva 2008 spring di axioo tvs 0612 tlg bagi ilmunya dong..............

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum.
    Salam kenal mas.
    Laptopnya sama kaya saya mas,
    saya pernah install mandriva 2009 dan lancar-lancar aja.
    tapi pas saya install slackware 12.2 ada beberapa masalah, ketika tekan Ctrl+Alt+1 dia malah hilang gambarnya.

    sekarang masih mencari solusi...di om google.

    BalasHapus
  56. iya nih mas cak edy....
    saya juga pengen curhat nih...boleh kan....
    type axioo punya saya :TVS72xSR001
    saya kan semangat bgt nih pengen migrasi k LINUX....ciiiee.....
    pengen coba sesuatu yg baru....
    eh, lagi nyari - nyari tutor instalasi distro2 linux....
    tiba-tiba ketemu web site yg artikelnya berjudul "Capeknya install Linux di Axioo"......
    wow....lngsung aja saya buka....setelah saya baca semua ceritanya.....dan coment2 nya...
    saya lngsung patah semangat untuk nyoba linux d laptop kesayangan saya......so sweet......emang bener sih,, saya tes instal distro backtrack3 liveUSB...setelah proses d tengah jalan,, HANG! diam tak gerak sama sekali....

    BalasHapus
  57. #57. Coba baca yang ini
    http://achedy.penamedia.com/2008/03/13/menginstall-openchrome-pada-zenwalk-5-di-axioo-neon/

    atau

    http://achedy.penamedia.com/2008/05/16/solusi-termudah-install-openchrome-di-ubuntu/

    BalasHapus
  58. bos... aku juga lagi nginstall "pc linux" di axioo ni... tapi wirelessnya kok gak ke detect yach?

    BalasHapus
  59. # 59. Aku install Zenwalk terdetek. Terus install ubuntu terdetek tapi nggak bisa digunakan. Terus install Zenwalk lagi terdetek dan nggak bisa digunakan. Nyobain ndiskwrapper, dah tak kerjain step-by step nggak bisa juga. capek deh.

    BalasHapus
  60. "barang siapa dengan sengaja telah bisa menginstall linux ubuntu 8.0 atau distro apa saja ke laptop axioo seri tvr 152 c harap e-mail ke alamat ini bayu.irawan05@gmail.com, akan diberikan imbalan doa yang setulus-tulusnya, moga selamat dunia dan akherat"tolongin ya please..............

    BalasHapus
  61. saya juga sama mas..

    instal linux di axioo susah bener..

    jadi sekarang saya netep pake backtrack aja deh..

    hehe..

    mantep lho..

    terutama untuk jaringannya..

    BalasHapus
  62. Wah memang butuh perjuangan yang panjang...untuk menginstalnya.
    Sekedar berbagi pengalaman,

    dulu saya pernah mempunyai masalah dengan linux karena chipset VIA di laptop BenQ saya (saya lupa serinya). cuma beberapa versi linux saja yang bisa diinstal seperti linux mint 5, dan Open Suse, dan ubuntu versi 7 kebawah. Sempat saya ganti laptop dengan Axioo zetta ten 816p (chipset grafisnya Intel GMA).

    Awalnya saya merasa senang karena semua distro linux dapat diinstal dengan lancar. Namun beberapa hari kemudian masalah lain mulai timbul karena touchpad tidak terdeteksi, dan sering hang (freeze). (untuk semua distro)

    Setelah saya cari solusinya... ternyata harus menambahkan script nolapic noapic i8042.nomux=1. OK touchpad bisa terdeteksi dan tidak pernah hang. batrai monitor pun tak bermasalah. namun masih ada masalah di webcam belum bisa terdeteksi, bahkan di distro Ubuntu 8.10 dan linux mint 6, networknya tidak terdeteksi.

    Kembali saya utak atik komputer saya.
    mulai dari menghilangkan script nolapic noapic menjadi i8042.nomux=1. (hasilnya network dan touchpad bisa terdeteksi namun sering hang).
    Kemudian saya ganti script mencadi noapic i8042.nomux=1, hasilnya cukup memuaskan network terdeteksi, tidak pernah hang, batrai monitor berjalan, touchpad tdk bermasalah. MAsalah yang ada cuma 1, yakni Webcam tidak bisa terdeteksi.... ada yang bisa cari solusinya?

    BalasHapus
  63. bener-bener ya.... hm... gue pake axioo juga... zetta ten 812px.. chipset juga Intel. kasus persis sama plek kayak bro ilko. secara... sejauh ini webcam juga di axioo gue nyangkut ga mo jalan, padahal udah kedeteksi. gue pake opensuse 11.1... buat baca hardware opensuse 11.1 lumayan bagus... meski webcam nyangkut ga mo jalan... semua driver kedetek, dan ini yang paling jengkelin... hank/stag...perjalanan panjang buat pa bro yg punya axioo buat install linux...

    BalasHapus
  64. Selamat siang Kakak-kakak semua,

    Saya pernah berkonsultasi dengan seorang ahli linux di kampus saya, yang juga mengelola kambing.ui.edu. Menurut beliau, lappie-lappie merek lokal, maksud saya yang bukan dari vendor besar, seperti Axioo, Zyrex, bahkan Fujitsu-Siemens, memang sejak awal tidak mendukung linux. Entah mengapa, linux memang sulit berjalan lancar di laptop-laptop dengan merek tersebut. Pak Ricki, nama orang itu, bilang bahwa beliau selalu berhasil menginstal linux dengan baik di laptop dengan merek HP, Dell, bahkan Acer--tapi tidak dengan Axioo, termasuk laptop Axioo miliknya yang diberikan oleh kantor.

    Sekedar info, laptop saya Axioo seri Neon MLC, dengan chipset SiS, bukan Intel. Saya telah mencoba menginstall Mandriva 2009.0, OpenSUSE 10.3 dan 11.1, Ubuntu 8.04.2 dan Ubuntu 8.10, LinuxMint 6 Universal, gOS 3.1 Gadgets, dan beberapa yang lain. Hasilnya, hanya Mandriva 2009.0 yang berjalan baik--mengenali sebagian besar hardware, kecuali webcam Bison dan modem Motorola, dan yang membuat saya kagum adalah mampu menampilkan resolusi WXGA tanpa masalah (videocard saya SiS Mirage 3) serta mampu mengenali wireless device saya (Realtek RTL8187B), namun sayang tak ada efek 3D yang disertakan, dan parahnya browser tak dapat membuka halaman web sekalipun wireless network telah terdeteksi. OpenSUSE saya bahkan tak mampu mengenali videocard, begitu halnya Ubuntu semua versi. Menurut Pak Ricki, saya harus mencari driver chipset SiS saya. Saya bingung. Jadi, sebenarnya apa yang harus saya lakukan? Apakah kakak-kakak bisa membantu?

    BalasHapus
  65. pake sedikit trik. kan ubuntu 7.04 bisa, di upgrade aja ke versi selanjutnya pke cd alternatenya. saya udah coba en sukses sampe ubuntu 8.04. yg versi 8.10 aja yg msh bandel. agak repot memang.

    sampe sekarang sy msh setia dengan opensuse 10.3.

    BalasHapus
  66. # Pakai xorg.conf ini di Madriva dan FreeBSD bisa jalan semua, sekedar supaya tampilan bisa 1280x800 pakai vesa, jadi effect2 bling2 nggak bisa keluar. Tp it's OK.

    Section "Monitor"
    Identifier "monitor1"
    VendorName "Generic"
    ModelName "Flat Panel 1280x800"
    HorizSync 31.5-90
    VertRefresh 60

    # TV fullscreen mode or DVD fullscreen output.
    # 768x576 @ 79 Hz, 50 kHz hsync
    ModeLine "768x576" 50.00 768 832 846 1000 576 590 595 630

    # 768x576 @ 100 Hz, 61.6 kHz hsync
    ModeLine "768x576" 63.07 768 800 960 1024 576 578 590 616

    # modeline generated by gtf(1) [handled by XFdrake]
    ModeLine "1280x800_120" 181.21 1280 1376 1520 1760 800 801 804 858 -HSync +Vsync

    # modeline generated by gtf(1) [handled by XFdrake]
    ModeLine "1280x800_100" 147.89 1280 1376 1512 1744 800 801 804 848 -HSync +Vsync

    # modeline generated by gtf(1) [handled by XFdrake]
    ModeLine "1280x800_85" 123.38 1280 1368 1504 1728 800 801 804 840 -HSync +Vsync

    # modeline generated by gtf(1) [handled by XFdrake]
    ModeLine "1280x800_75" 107.21 1280 1360 1496 1712 800 801 804 835 -HSync +Vsync

    # modeline generated by gtf(1) [handled by XFdrake]
    ModeLine "1280x800_60" 83.46 1280 1344 1480 1680 800 801 804 828 -HSync +Vsync

    # modeline generated by gtf(1) [handled by XFdrake]
    ModeLine "1280x800_50" 68.56 1280 1336 1472 1664 800 801 804 824 -HSync +Vsync
    EndSection

    Section "Device"
    Identifier "device1"
    Driver "vesa"
    Option "DPMS"
    EndSection

    Section "Screen"
    Identifier "screen1"
    Device "device1"
    Monitor "monitor1"
    DefaultColorDepth 24

    Subsection "Display"
    Depth 8
    Modes "1280x800"
    EndSubsection

    Subsection "Display"
    Depth 15
    Modes "1280x800"
    EndSubsection

    Subsection "Display"
    Depth 16
    Modes "1280x800"
    EndSubsection

    Subsection "Display"
    Depth 24
    Modes "1280x800"
    EndSubsection
    EndSection

    BalasHapus
  67. Buat mas angga komnoltujuh, sy jg punya spec axioo persis kyak and..
    jd gimana tuh skrg dah dpt blom solusinya???
    sy pgen pake blankon rncanya,menyuksesskan linux dlm negri..
    Kabar2in pekembangannya yah..(asal jgn bilang ganti laptop aja..he)
    matur tengkyu

    BalasHapus
  68. PLEASE.........ada yang punya softwere untuk camera axioo neon TVW gak?? coz saya udah coba download dan udah berhasil (27.6 MB) tp pass saya mau install gak bisa sama sekali..
    klo ada email ke dev_bd24@yahoo.com donkk
    thx

    BalasHapus
  69. Saya juga pakai axioo TVS 0162X. saya sudah coba ubuntu 8.04, ubuntu 8.10, kubuntu 8.10, blankon 4.1, blankon 5 jahitan 2, ubuntuME, tapi ndak ada yang berhasil.
    gimana dong.?
    distro linux apa sih yang kompatibel ama axioo.........?

    BalasHapus
  70. em.. rekan-rekan sudah ada yang pake suse 11.1 kde 4.1 dengan wifi realtek 8187. bagaimana caranya biar bisa berjalan dengan baik sebagai wifinya?

    di yast sudah terdeteksi. tetapi saat mencoba sambungan tetap tidak teconect juga.

    mohon... sharingnya rekan

    BalasHapus
  71. saya juga punya masalah dengan via crome9 di linux. macem2x distro udah di coba. tp disttro yang lumayan klop sama laptop saya openSUSE 10.3 resolusi lcd bisa full 1440x900. smua ok kec wifinya.... itu dah lumayan banget, mengingat smua yang saya coba gak da yang seenak ini. pas saya mau upgrade ke openSUSE 11.1 ter jadi masalah resolusi gak maximal.

    BalasHapus
  72. coba baca tutorial yang saya buat di blog saya ^^

    jangan lupa comment yah ^^

    BalasHapus
  73. mas.. ternyata kita sehati.. udah capek install linux di axioo..

    BalasHapus
  74. Wah barusan aku dah coba install ubuntu 9.04 di Axioo mlc0152 tadinya gak bisa-bisa tapi seteleh tanya sana-sini dan mbah google (Thanks juga to Bank-bank) bahwa untuk instal axioo karena pake cipshet via saat instal mesti di matikan fungsi apic "acpi=off noapic" betul kata mas Toni. Anda bisa pilih F6 sebelum proses instal pilih no apic kemudian lanjutkan penginstalaan.

    OK setelah terinstall linux 9.04 paling tinggal driver VGA nya yang hanya bisa res 800 saja, solusinya bisa install VGA card di http://www.ziddu.com/download/4595927/sis_drv_ubuntu.tar.gz.html

    Unzip klik file .deb kemudian restart maka VGA telah terupdate kemudian update saja repositorynya maka wireless bisa kedetek dengan baik...yang sebelumnya belum kedetek.

    Wireless modem aircard sirerra 875U bisa langsung kedetek sekedar info sorry kalau ada yang salah kate maklum newbie Linux yang ingin belajar linux...

    BalasHapus
  75. #tarjoni. Itu kan kalau SIS mas punya saya VIA Open Chrome9 seh :D

    BalasHapus
  76. saya juga pengguna axioo seri TVW.. setelah sempat mengalami utekbuntu akhirnya berhasil juga menginstal ubuntu 9.04 a.k.a jaunty jackalope di laptop tsb..

    pengalaman instalnya saya share di blog saya, kalau ada yang perlu, silakan lihat di Instal Ubuntu 9.04 di laptop Axioo TVW
    semoga bisa berguna..
    matur nuwun..

    BalasHapus
  77. Sekedar Info aja....soal permasalahan linux di axioo, bisa kalian kunjungi forum nya klixsonline.com, saya dulu juga banyak dan sering mengalami masalah, tapi sudah bisa diselesaikan dengan baik...Jangan menyerah, lanjutkan perjuanganmu dengan open source, mari kita open bersama.

    BalasHapus
  78. Hello!, saya install Ubuntu 9.0 ke Neon MLC 0122 gak masalah tuh...
    yang agak bingung malah waktu set triple boot bareng xp, osx, tapi akhirnya bisa... semua jalan kok langsung import setting document dari xp.. yang blm jalan malah camera nya baik di xp maupun di ubuntu.... lagi nyari driver yang cocok nieh...

    BalasHapus
  79. my laptop Axioo neon TVR 016c sy coba install ubuntu 9.04 n Ultimate Edition 2.2 so far so good tapi g bs desktop effect ny neh?!

    BalasHapus
  80. saya punya axioo neon mnc-(ga' tau)
    ketika baru datang blank tidak ada so. langsung di instal ubuntu 9.04 dan berhasil dengan mulus tanpa kendala apapun.
    ubah profile security pada bios. pilihan sistem operasi Linux

    BalasHapus
  81. saya pengguna axioo mnc 0162 neon, beberapa minggu yang lalu berhasil memasangkan Ubuntu 9.04 utk booting tunggal pada neon sepupu yang sama persis, walaupun bbrp aplikasi yang belum bisa jalan. tapi kemudian saya pasang di Neon sya scr dual booting tidak mau jalan, monitor blank.
    kemudian sya juga mencoba distro y lain, Mandriva One spring, Opensuse, Blankon Nanggar, Opensolaris, semuanya selalu menemui kegagalan.
    Saya berhasil memasang Ubuntu 9.04 setelah menggunakan wubi setelah downlod-an, tetapi ada permasalahan yaitu hang setelah dipakai agak lama (+/- 10 menit)
    Sebenarnya saya ingin mencoba memasang distro linux (apapun), sebagai booting tunggal, tapi masih 'eman-eman' dengan windows.

    BalasHapus
  82. btw klo Slackware bisa detek vganya ga' trus bisa jalan ga' destop efeknya ^^

    BalasHapus
  83. saya jg kwalahan install linux di laptop merek zyrex. saya pake ubuntu 9.04 resolusinya gak support n wife nya jg. trus pake linux opensuse 11.0 resolusinya support tap wireless gak dettect...pake blankon jg hank.

    BalasHapus
  84. wah ternyata banyak yang senasib ama saya, lapy saya axio neon tvw 0162 udah berkali-kali coba os backtrack 3 final pake live cd pasti mentok trus, pas dicobain di komputer temen malah lancar, gigit jari deh

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)