Rabu, 21 November 2007

AlQuran Digital di Linux

Flash QuranAl Quran digital, alquran dalam bentuk perangkat lunak, mungkin sering kita jumpai. Bahkan di Windows ada The Holy Quran sorfware dari Sakr yang sangat interaktif.

Namun bagaimana dengan lingkungan linux ? Di Lingkungan linux kita bisa menggunakan AlQuran digital yang multi platform seperti format HTML atau CHM yang tekompilasi. Di lingkungan Linux, saya mempunyai koleksi antara lain :

1. Alquran digital dalam bentuk CHM yang saya unduh di http://opensource-indonesia.com/ Format ini juga yang sering saya jumpai di banyak komputer teman-teman saya. Ukurannya kecil (9 MB). Index dan search juga berfungsi dengan sangat baik. Dengan aplikasi ini kita sudah bisa mencari berbagai topik dengan mudah. Font Arabnya yang menggunakan image membuat dia tidak bermasalah meskipun kekurangannya dia tidak bisa dibesarkan atau dikecilkan semau kita. Bentuk aplikasi ini juga kurang cocok digunakan untuk tilawah karena hanya menampilkan satu ayat perhalaman, sehingga anda akan capek ngeklik untuk tilawah. Namun untuk mempelajari kandungan AlQuran, aplikasi ini sudah cukup mudah.

2. Alquran berformat HTML yang diberi juudul "Belajar Bahasa AlQuran Metode Belajar Aktif Lewat Intra/Internet". Panjang sekali ya ? Ini Alquran luar biasa, dia terjemahkan ke Bahasa Indonesia perkata. Dia potong gambar huruf arabnya dan disususn perkata. Luar biasa. Tidak bisa saya bayangkan. Jika gambar disentuh kursor, maka dia akan mengeluarkan artinya. Dan jika yang disentuh angka ayatnya maka akan keluar terjemahan satu ayat. Namun sayangnya sentuhan kursor itu menggunakan sintak "alt" pada HTML, bukan sintak "title". Ini menyebabkan artinya tidak bisa keluar di browser selain IE. Saya mencoba mereplace alt dengan title, namun yang menjadi masalah adalah title pada firefox memotong kata yang teramat panjang. Mungkn harus menggunakan regex dan mengubahnya ke format lain dengan menggunakan javascript.

Saya minta maaf kepada pengelola karena software ini saya dapatkan dengan mengegrab situsnya di http://www.dinkes-diy.org/quran/index.htm

3. Zekr. Ini aplikasi quran di linux yang fungsinya seperti nomor satu. Karena ini adalah aplikasi maka sangat powerfull. Namun ini adalah aplikasi koleksi saya yang jarang saya gunakan karena aplikasi berbasis java ini berat.

4. Quran Flash. Saya mengunduhnya dari http://quranflash.com/en/index.html. Ini adalah alquran yang dibuat dalam bentu Flash. Bentuknya sperti Quran terbitan beirut, dengan halaman yang sama. Dilengkapi dengan tanda tajwid. Sayangnya flashnya dikompilasi dalam bentuk exe. Namun setelah saya jalankan dengan wine, berjalan secara sempurna. Format ini cocok untik tilawah. Bisa anda download melalui alamat http://quranflash.com/en/downloads/index.html

Dalam Info Linux edisi 10/2007 saya jumpai distro Quran Web live CD yang katanya aplikasi qurannya diambil dari myquran.com. Namun karena yang saya beli edisi ekonomis, maka saya tidak mendapatkan distronya. Namun sebenarnya saya tidak butuh distronya, saya hanya butuh aplikasinya. Kalau nanti dapat akan saya kopi aplikasinya, dan akan saya kustomisasi sendiri sesuai dengan kebutuhan saya.

Adakah anda memiliki informasi quran diqital lain ?

12 komentar:

  1. bagi2 dong unduhan quranflashnya.
    btw, itu salah tautan tuh...

    BalasHapus
  2. #1 Suwun cak, wis tak benerna. Ngunduh sendiri sana lha dah langganan spidi gitu kok.

    BalasHapus
  3. wah suhun , sangat memabntu sekali. BTW kan ada Ubuntu ME ( Muslim Edition )

    BalasHapus
  4. walah terima kasih Informasinya

    BalasHapus
  5. Zekr, memang cukup berat (java gitu). Zekr ada versi windowsnya juga.
    yg cukup membantu adalah u terjemahannya ternyata bisa diedit karena bentuknya teks.
    contohnya : u sebagian terjemahan ada yg memakai kata " ..beriman dan mengerjakan kebajikan.." sy lebih sreg nya kl pakai kata " ..beriman dan beramal sholeh..". (spt pd Al-Quran versi chm) Jd sy edit saja.
    ada pencarian per huruf arab-nya.
    btw : terima kasih infonya.

    BalasHapus
  6. wah..mas saya nyari yang pdf format...karna di asus eee pc saya gak bisa format chm...


    ada yang bisa bantu gak.... :) :)

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas infonya!
    Buat syifa, cari aja software chm reader.
    Banyak koq diinternet.

    BalasHapus
  8. saudaraku Alquran berformat HTML yang diberi juudul “Belajar Bahasa AlQuran Metode Belajar Aktif Lewat Intra/Internet” bisakah dibagi ke kami pasalnya link websitenya tidak bisa diakses

    BalasHapus
  9. tlg bantu saya dong. saya butuh softwarenya Praktek Sholat Wajib lengkap dengan gerakan dan bacaannya. saya bisa cari di alamat mana ya.kalau ada yang bisa bantu tlg alamatnya dikirim ke amail saya ya.terima kasih.

    BalasHapus
  10. Assalamu`alaikum
    salam kenal mas. saya pemilik blog
    http://evisyari.wordpress.com
    kalau ada waktu luang main-main mas.
    saya udah daftar IBM tapi kok nama saya belum terdaftar ya mas?
    O. iya artikel di atas saya pampang di Blog saya mas!
    Tukeran Link ya mas!
    Salam Ukhuwah!

    BalasHapus
  11. mas kalau ada yang al quran format chm dengan transliterasi bahasa indonesia serta artinya, mohon infonya mas

    BalasHapus
  12. ALHAMDULILLAH
    akhir nya satya menebukan software ini juga
    makasi ya mas saya buat artikel nya saya akan coba
    pasti bermanfaat bagi saya
    n
    mas artikel nya saya copy ya
    maaf ya mas

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)