Rabu, 29 Agustus 2007

Easy Eclips, Editor IDE PHP Prefesional di Linux

Easy Eclips for PHPBerbekal informasi di sini akhirnya saya mencoba EasyEclipse for PHP. Saya sudah lama mendengar kebesaran Eclipse sebagai editor IDE - khususnya - Java. Namun mencobanya baru kali ini. Jika bicara Eclipse, maka yang terbayang adalah ribetnya install JDK, setting path-path dan sebagainya.

Namun bayangan itu sirna tatkala saya menggunakan EasyEclipse. Editor IDE yang dikembangkan Apache Software Foundation ini memang berbasis Eclipse, namun dikembangkan menjadi sangat easy. Easy dalam instalasi, dan easy dalam penggunaan. Tampilannya juga sangat sedap dipandang mata, cukup nyaman untuk melakukan coding.

Untuk Lingkungan Linux yang editor PHP nya masih dalam batas kuantitas, maka kehadiran EasyEclipse sungguh sangat menyenangkan.

Selama ini saya menggunakan Geany di Linux, karena sudah mendukung autocomplete dan bisa menampilkan daftar function dan class pada script yang dibuka. Hanya, dia tidak memiliki workspace sehingga fungsi-fungsi diluar script yang dibuka tidak bisa ditampilkan. Selain itu kelemahan mendasarnya adalah tidak ada file explorer, sehingga untuk mengakses file hanya mengandalkan tombol open. Untuk proyek kecil-kecil saya kira tak jadi soal, untuk proyek yang agak besar, atau seperti ketika kita ingin membuat componen pada Joomla yang sangat membutuhkan environment Joomla maka menggunakan editor semacam Geany, GEdit, Kate dan sebangsanya tentu akan menyulitkan.

Kalau dilihat-lihat, EasyEclips sepintas sudah mirip dengan Zend Studio yang tidak gratis itu.

EASY DALAM INSTALASI

Easy Eclipse memang dibangun dengan Java, namun saya sempat tertipu karena sebelumnya menginstall JRE, padahal di EasyEclips, JRE sudah disertakan di dalamnya, jadi nggak perlu install JRE segala.

1. Download EasyEclipse dari sini. Filenya cukup besar 164 MB.
2. Ekstrak di folder yang dikehendaki misalnya /home/achedy/Application/
3. Buka folder dan double klik eclipse (file executable).
4. Untuk pertama menggunakan, kita akan disuguhi beberapa pertanyaan seperti lokasi file-file proyek. Tidak ada yang sulit.

Selesai. Dan memang semudah itu. Meskipun cara instalasinya hanya di ekstrak, anda jangan memindah hasil exstrak ke tempat lain jika kita pernah menjalankannya, karena saat pertama dijalankan dia membuat file konfigurasi berdasarkan lokasinya saat ini.

Seberti kebiasaan aplikasi berbasis Java, editor ini memang terasa agak berat. Namun tentang kemudahan mungkin hanya Zend Studio yang bisa menandinginya. Jika anda mempunyai memori diatas 256 mungkin masalah kecepatan sudah tidak terlalu menjadi soal lagi. Saya yang menggunakan memori 256 saja sudah cukup nyaman menggunakannya.

Ok, Selamat bercoding ria ....

11 komentar:

  1. wah, pengin lekas2 nyoba ki...
    sebelumnya (merasa) cukup dengan kate ;)

    BalasHapus
  2. - Bukan dari ASF
    http://www.easyeclipse.org/site/about/index.html
    - eclipse is not an editor, bisa jadi IDE, platform, hanya cukup jadi editor
    - kalau dipindah, pastikan direktori workspace dan .configuration kebawa

    BalasHapus
  3. #3 Ya,saya salah, mestinya bukan editor tapi IDE. dan easy Eclips bukan dari ASF. Kemarin saya kurang lengkap membacanya. Terimaksi atas koreksinya.


    This product includes software developed by the Apache Software Foundation http://www.apache.org/

    BalasHapus
  4. Ariston Darmayuda8 Okt 2007 07.13.00

    Ada yang tau gimana cara menggunakan kelas pada Joomla 1.5 dengan EasyEclipse?

    BalasHapus
  5. Trims, ini dia yang saya cari.. IDE!

    BalasHapus
  6. Thx atas infonya, tapi setelah dicek ke websitenya, download size file installernya untuk linux 140MB ya. What a huge file.

    Not interested yet ya, pasti makan resources gede nih.

    But thx anyway. using Notepad++ with wine still enough nih :D

    BalasHapus
  7. Waaahh.. besar sekali file e..

    lebih dari 150 MB?? ada ngga yang kemampuan e setara tapi besar file e jauh lebih kecil?

    BalasHapus
  8. Di Netbeans 6.5 sudah ada php IDE juga. bisa autu complete juga. Selain itu satu paket sama IDE2 yang lain.

    BalasHapus
  9. #10. Sekarang saya juga pakai Netbin 6.5 he.. he..

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)