Kamis, 23 Agustus 2007

Desain itu Penting

my XubuntuLama sekali saya memahami bahwa desain itu tidak penting, dan yang paling penting, bagaimana perangkat lunak itu bisa berjalan dengan baik. Mungkin saya telah teracuni oleh Jacob Nilson dengan usabilitynya, yang lebih memandang sisi-sisi kecantikan dalam daripada kecantikan luar.

Kecantikan luar itu ternyata penting; bahkan, sebuah aplikasi biasa-biasa dengan sentuhan desain yang indah, disisi client akan nampak profesional. Itulah kehebatan desain. Pandangan pertama akan sebuah aplikasi berawal dari desain. Dan jika pandangan pertama sudah menggoda, seterusnya terserah anda kan ?. Oleh sebab itu, para pengembang perangkat lunak harus benar-benar memahami akan pentingnya desain, dan memberikan perhatian khusus pada sisi ini. Pemahaman bahwa desain yang sering diremehkan karena dianggap tidak memberi kontribusi proses pada perangkat lunak harus diubah. Menurut saya,desain bisa saya anggap sebagai salah satu titik kritis dalamsebuah aplikasi.

Hari-hari ini saya mempermak Xubuntu-desktop saya, dengan theme Muslim Edition, dimana Style dan Buttonnya saya ubah ke bentuk hijau. Juga mengubah theme Audacious dengan Theme Winamp yang lebih nampak profesional. Dan tenyata desktop yang indah itu lebih memacu semangat kerja. Sama dengan anda, suka mana belajar di gudang dengan diruang belajar yang bersih dan tertata rapi.

8 komentar:

  1. Pake Ubuntu ringan gak mas?

    BalasHapus
  2. seandanya Tuhan menciptakan manusia dengan desain asal-asalan maka banyak pria yang tak tertari dengan wanita

    BalasHapus
  3. #1. Menurut saya ringan, tapi ringan itu agak relatif. Jika kita masih ragu2,kita bisa mencoba menjalankan via liveCD sebelum diinstall.

    Untuk memori diatas 256 pakai ubuntu dengan antar muka Gnome, dan untuk memori pas-pasan 64 atau 128 mungkin pakai Xubuntu (ubuntu dengan antar muka XFCE) lebih tepat.

    #2. Sangat tepat, jadi baik hatinya dan cantik wajahnya, begitukan ?

    BalasHapus
  4. bagusan mana ya antara Xubuntu vs xp ? :D

    BalasHapus
  5. Membandingkan antara Ubuntu dengan WindowsXP adalah membandingkan antara gadis cantik yang sehat (gakgampang kena penyakit) dengan gadis yang lebih cantik tapi sakit-sakitan karena rentan terkena virus.

    Pilih mana hayooo ?

    BalasHapus
  6. Pilih gadis cantik, sehat, maharnya ringan, punya banyak warisan, pinter, ....

    Hehehe :P

    BalasHapus
  7. Loh masalahe bukan di akunya,klo aku sih ya enjoy2 aja jadian ma linux,tp pengguna warnet yg awam ituloh apa mereka bs lgs nrima aku jalan ma linux?apa ga cemburu karena masih menginginkan windows xp??hehehe...

    makanya untuk membantu para pelanggan spy bisa memberika hatinya kepada dek linux,perlu dibantu dengan meminta linux berdandan ala mba windows xp selama beberapa waktu,gituloh...

    Jd kyknya belum dijawab nih pertanyaaku dr psotingan yg pertama...

    Thx sebelumnya,salam

    BalasHapus
  8. bikin komputer berat ga mas, apa ada spect2 khusus biar komputer nya ngga trouble
    http://sulhadi.wordpress.com

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)