Rabu, 27 Juni 2007

Enaknya Olahraga Apa Ya ?

Umur semakin beranjak naik. Tanpa sadar, sudah kepala tiga. Umur-umur sekian, saya kira sudah harus menjaga kesehatan. Apalagi yang umurnya sudah kepala empat. Pada usia-usia ini, kita harus bisa melawan kolesterol, tekanan darah tidak normal, rasa capek berlebih, dan sebagainya. Terlebih lagi jika pekerjaan dan aktifitas anda padat.

Jawabannya sebenrnya sudah jelas, mengubah pola makan dari yang berorientasi enak kepada berorientasi sehat. Diet, memperbanyak konsumsi sayuran dan minum air putih. Juga berolahraga secara teratur.

Ngomong-ngomong olahraga, sebenarnya banyak sekali rekan-rekan saya yang mempunyai jadwal-jadwal olahraga rutin. Kelompok pengajian mempunyai jadwal olahraga sepakbola tiap minggu pagi. Kantor juga ada jadwal footsal tiap kamis malam. Hanya, jenis olahraga seperti itu rasanya terlalu keras buat pemula seperti saya. Bukannya tambah enak dibadan, malah badan terasa sakit semua. Dan khusus olahraga sepakbola, setelah mencapai 15 menit biasanya saya akan muntah-muntah.

Dalam minggu ini sudah dua hari saya dan istri merealisasikan olahraga pagi hari. Lokasinya di jalan perumahan dekat ITS. Acaranya pemanasan sebentar, terus lari-lari. Lumayan, badan terasa agak enteng. Namun terkadang membuat jadwal itu yang susah, seperti anak saya yang jam 5.30 masih tidur, atau ada hal-hal lain yang membuat acara batal. Jika acara batal biasanya sudah tidak ada penggantinya, dan hari itu tidak ada olahraga.

Sebenarnya ada olahraga yang saya kira cukup gampang dilakukan, murah, dan bisa dikerjakan di rumah. Senam. Namun senam sekarang ini gerakannya cukup rumit. Sewaktu saya kecil ada senam yang mudah dilakukan, Senam Pagi Indonesia, dan Senam Kesegaran Jasmani yang tiap tahun keluar versi terbarunya, SKJ 88, SKJ 89 dsb, yang entah sekarang bagaimana kabarnya.

Pembudayaan senam pada masa itu kelihatannya lebih gencar dari sekarang, bahkan gaungnya sampai ke desa-desa.

Iseng-iseng saya mencari panduan Senam Kesegaran Jasmani atau Senam Pagi indonesia. Paling tidak file JPG tentang panduan geraknya, sukur-sukur jika ada MP3 musiknya. Saya cari di google dan di situs Departemen Kesehatan, ternyata tidak saya jumpai.

Jika anda mengetahui senam-senam sederhana semacam itu, silahkan share dengan saya, atau apakah anda mempunyai alternatif olahraga lain yang lebih gampang untuk dilakukan ?

12 komentar:

  1. Hiduppp Jombloooooooooooo

    BalasHapus
  2. aq duwe CD Senam RUHULJADID. Iso kemeringet tenen.
    kang nek butuh kirimi aq alamat omah insya ALLAH tak kirimi CD ne

    BalasHapus
  3. Kan ada senam PKS mas? gerakannya kan 'gagah' juga...:D

    Saya juga sedang nyari makanan 'sehat', tapi mentok gara2 saya lebih banyak nggak suka makanan daripada sukanya...:))

    BalasHapus
  4. Kalo di UPN setiap Jumat dosen wajib senam. Sayang akhir2 ini instrukture wedok tur gak bener klambine, jadi males gitu. Akh Edy, antum alamate omah nang Endi? Blog ku saiki pindah nang http://duniaiqbal.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. #4 Apa senam ruhul jadid = senam PKS ? Kalau itu kayaknya banyak disini
    #5 Kalau senam PKS di Surabaya banyak, cuman gerakannya terlalu rumit dan perubahan gerakannya terlalus sering. Saya butuh yang simpel. Ya senam kesegaran jasmani itu.
    #6 Ha..ha.. Instrukture sampeyan wae mas.
    Saiki aku manggon ana asempayung mas. Yen sampeyan.

    BalasHapus
  6. #6 Kenapa sekarang untuk koment harus daftar dulu ke blogger cak ?. Soalnya saya dah lupa password blogger saya.

    BalasHapus
  7. Aku ada mp3 SKJ 92, tapi cuman satu set senam 5 menitan.

    BalasHapus
  8. Coba antum buka diwebsite itu. Ada contoh gerakannya dan musiknya....
    Senam PKS nusantara yg baru jg oke kok..gampang gerakannya...


    http://www.antiteori.or.id/index.php/2008/04/12/senam-kesegaran-jasmani/

    BalasHapus
  9. Antum buka website ini, dengerin doang sih lagu SPI jadul, tapi gak bisa di download. Ada yg tau situs yg bisa download?
    http://www.imeem.com/people/Kpykn/music/H8614iy5/nn-senam-pagi-indonesia/

    BalasHapus
  10. Seng penteng ada kringatny

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)