Rabu, 23 Mei 2007

FLV Player di Linux

FLV Player Flash - PHPBeberapa hari ini saya cukup kesulitan untuk memutar file flv yang biasa didownload dari situs YouTube. Di Windows banyak aplikasi untuk menjalankan file flv, namun di Linux tidak demikian. Solusi di Linux yang saya temukan pada forum-forum diskusi adalah dengan mengkonversinya ke format lain, namun saya tidak terlalu suka konversi mengkonversi. Penginnya, tinggal browse langsung jalanin.

Teman saya lantas menemukan solusinya, yaitu dengan menggunakan FLV Player yang berbasis Flash. Namun susahnya kita harus memindahi ke folder yang setara atau dibawah direktori playernya. Tidak ada yang tinggal browse langsung play.

Saya yang tak terlalu paham Flash itu lalu berfikir sebentar untuk memecahkan masalah ini. Player dalam bentuk flash yang saya peroleh dari sini lantas saya kawinkan dengan PHP. Meski berbasis web, player ini digunakan untuk memutar file di komputer anda sendiri, meskipun dengan modifikasi, bisa anda gunakan untuk jaringan juga. Dengan aplikasi ini, tinggal browse terus play.

Syaratnya :
1. Webserver dengan PHP
2. Firefox dengan plugin Flash

Download
DivShare File - flvplayer.zip

9 komentar:

  1. ehm...setahu saya di Linux kita bisa pake VLC player kan? ;-) dan setahu saya, pake VLC pun bisa buat muter FLV .... begichu...

    CMIIW

    BalasHapus
  2. #1. Lah, kenapa nggak bilang dari dulu :(

    Sodara-sodara, seperti dikatakan mas Andri untuk FLV Player VLC adalah aplikasi yang top markotop good marsogud. Jadi aplikasi yang saya buat itu nggak usah di download. Download aja di http://www.videolan.org/vlc/ untuk berbagai sistem operasi.

    BalasHapus
  3. knp mesti repot mas? pake M-Player bawaan ZenCafe/Zenwalk kan langsung bisa dibuka ;)

    BalasHapus
  4. Untuk mengunduhnya bisa menggunakan plugins di firefox, atau klo pengen menggunakan wget bisa menggunakan tutorial yang saya buat di http://linux.blogs.ie/2007/03/17/download-youtubecom-with-bash/ atau http://ahardiena.uni.cc/computer/linux/bermain-dengan-youtube-bash-rules/

    BalasHapus
  5. #3. Ternyata selama ini saya terlalu meremehkan MPlayer

    BalasHapus
  6. Hebat Oey linux!
    gak perlu pakek converter!

    aku ada info nich
    kalo mau searching file di youtube & langsung ada link downloadnya lewat situs ini aja :
    http://video2watch.com/

    BalasHapus
  7. tapi kalau mau di burning biar bisa di lihat pakai vcd atau dvd harus di konversi dulu... salah satu toolnya menggunakan ffmpeg... di burning pakai k3b ... asik pakai linux coy...

    BalasHapus
  8. di linux, bisa download file film dari youtube.
    saya pakai ubuntu, dan tinggal ketik youtube-dl sudah gitu langsung didownload.
    kalau mau rubah namanya, pakai option "-o" atau lihat helpnya.

    BalasHapus
  9. I have a solution, follow this link http://oneforall.byethost15.com/ .. enjoy!!

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)