Sabtu, 10 Februari 2007

Portal, Satu Kata Tiga Makna ?

Membaca artikel di blog tempointeraktif, saya sedikit mengernyitkan dahi. Membaca judul Portal Satu Anak , dan Portal Domino Banjir , saya kira ada sebuah web portal yang berbicara tentang masalah seputar anak dan masalah yang berkenaan dengan banjir. Namun setelah sedikit berfikir, saya baru paham, maksud portal yang ada di blog Tempointeraktif itu adalah sebuah karikatur.

Sebelumnya ada dua lagi kata portal yang sempat saya mengerti, yaitu web portal, yang berisi segala rupa informasi dalam sebuah situs, dan portal besi yang dijadikan palang di jalan. Ah, jadi ingat teman saya yang selalu bilang bahwa dia bisa membuat portal seperti saya, bedanya saya buat portal pakai skrip (web portal) sedangkan dia dari skrup (portal besi).

Saya mencoba mencarinya di Wikipedia Indonesia, namun belum ada yang menulis judul tentang portal. Yang ada beberapa tautan yang menjelaskan tentang web portal. Di tengah-tengah kebingungan itu, saya mencoba mencari kamus bahasa Indonesia di internet, namun nihil. Dimana-mana yang ada hanyalah kamus Inggris - Indonesia / Indonesia - Inggris.

Beberapa teman - entah tahu darimana - mencoba membantu saya. Dikatakan bahwa portal adalah gerbang. Namun saya ragu, apakah karikatur, web portal, atau portal besi bisa dianggap gerbang, meskipun kalau dikait-kaitkan sebenarnya bisa saja. Ada juga rekan yang mengatakan portal adalah media. Nggak tahu mana yang benar, sedang kamus besar bahasa Indonesiapun tiada. Anda tahu ?

4 komentar:

  1. nggak usah bingung, pak. apalah artinya sebuah nama. ya toh? yang penting anda bisa menikmati portal kami. terima kasih. :)

    BalasHapus
  2. hehehe...mulanya saya juga mengira itu situs untuk tema tertentu, eh ternyata karikatur to...tapi sambil bingung saya menikmati juga...mas wicaksono...misalnya mau mengambil gambar-gambar itu boleh tidak (tentu dicantumkan sumbernya)

    BalasHapus
  3. #1. Terimakasih mas Wicak yangs sempat2 nya datang kesini meski nggak menjelasin maksud portal nya he.. he..

    #2. Sebenarnya saya mau nampilin salah satu "portalnya" sebagai ilustrasi, tapi karena ragu antara boleh dan tidaknya terpaksa kena edit :)

    BalasHapus
  4. Portal di KorTem, spt Mang Ohle-nya PR, Rehat-nya Republika dan Oom Pasikom-nya Kompas ya? jd istilah baru gituu. Toh, bhs Indonesia fleksi abiizzz (kayaknya).

    Salam Kenal™.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)