Selasa, 23 Januari 2007

Mencari Media Pembelajaran Anak

Saat ini anak saya berusia dua tahun. Pada usia ini, selain sudah bisa berjalan, dia mulai mengumpulkan berbagai kosa kata. Dengan kosa kata terbatas itu, orang tua sudah bisa mengerti maksud anak.

Saat ini saya agak bingung menentukan media pembelajaran yang paling cocok buat anak saya, karena meskipun bertahun-tahun aktif di TPA (Taman Pendidikan AlQuran) dan PAMI (Pendidikan Anak Manarul 'Ilmi), namun materi yang diberikan adalah untuk usia diatas 6 tahun, dimana anak sudah lancar berbicara dan sudah waktunya belajar membaca dan berhitung.

Menurut pengamatan saya, anak usia dua tahun baru cocok untuk diajari mengenal benda, hewan, dan nama dari aktifitas kesehariannya. Selain itu anak sangat menyukai permainan berbagai boneka dan berbagai tokoh imaginer yang lucu. Setahu saya dia sangat menyukai acara semacam Thomas and Friend yang pernah ditayangkan Indosiar, atau Teletabis yang dulu pernah ditayangkan di ANTV.

Tidak banyak alat peraga dan media yang saya miliki untuk anak sekecil ini, paling hanya mainan menata gelang serta beberapa gambar hewan dan kendaraan yang ditempel di dinding. Mainan lainnya yang mungkin tidak telalu meningkatkan kemampuan kognitifnya adalah berbagai mobil-mobilan sesuai dengan kesukaannya, seperti traktor, bus, truk, dan "mobi iu", sebutan anak saya untuk mobil patroli polisi.

Kemarin saya mendapatkan sebuah CD Thomas and Friend, yang berisi cerita sederhana tentang kereta api baik hati yang bisa berbicara. Saya kira dia sendiri belum mengerti maksud ceritanya, tetapi dia sangat menyukai visualnya. Tiap pagi minta diputarkan CD yang disebutnya sebagai "Tuut .. Tuut" itu. Hanya kadang kasihan karena CD nya ya cuma satu itu.

Kalau anda, dimana mendapatkan situs, software atau CD untuk anak seusia ini ?

6 komentar:

  1. Om... sepertinya bukan pemburu barang bajakan ya.. mohon maaf kalo begitu :p
    Saya suka hunting di Pasar Jumat (alias pasar dadakan tiap sholat jumat). Di situ buanyaaak banget dapet DVD (prefer this one karena bajakannya pun high quality) Thomas maupun Dora.
    Anak saya sekarang berusia 2,5 tahun, sukaaaaa banget sama Dora. Menurut saya, Dora cukup bagus untuk anak2 karena sifatnya interaktif, jadi gak cuma ngajak anak nonton, tapi ikut aktif nyanyi, nari, juga teriak2 ngikutin instruksi Dora. Kalau khawatir karena Dora is too girly untuk anak laki2, sepertinya ga begitu, lagipula Dora punya sepupu laki2 kok, namanya Diego, hehe. Btw, dia juga suka Thomas. O,ya satu lagi, masak dia juga suka Mr. Bean :p
    Kalau untuk software interaktif anak, produksi Akal sama Elex banyak yang bagus2. Saya biasa beli di Gramedia, gak terlalu mahal. Dari sekian koleksi anak saya, yang content-nya paling lengkap berjudul Bobby Bola. CD itu memang gak memperkenalkan nilai2 Islami seperti CD-CD Akal, tapi contentnya bagus...
    O, ya kalau ada info lain, saya juga mau dong...
    Makasih ya...

    BalasHapus
  2. #1. Belum punya anak, belum punya rezeki :D

    #2. Ini mesti pasar jumat Jakarta ya ? Kalau Surabaya ada nggak ya ?
    Oh, ya Dora sangat bagus juga, anak saya juga sangat suka. Sayang globalTV nya ngagk terlalu kelihatan dari tempat saya. Makasih informasinya.

    BalasHapus
  3. Memang Betul Akh, pas dulu di PAMI adik2nya dah besar-besar. Sampai saat ini ana sendiri belum memutuskan model edukasi yg pas untuk usia tersebut, hee karena sudah lupa. Tapi yang jelas sedikit hapalan doa dan surat pendek bisa dicoba. Mereka sangat cenderung meniru apa yang ada disekitarnya. Kalu pas adzan abinya sigap ke masjid, pasti ia juga, bahkan bisa jadi polisinya hee.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah anak saya juga seusia anak antum. Memang banyak hal yang harus kita pelajari untuk berinteraksi dengan anak seusia tersebut, apalagi ini merupakan pengalaman pertama(anak pertama). Media belajar yang ana pilih sat ini adalah panduan homescholing FAHIMA (www.fahima.org). Cari di "Download - modul". Kalau CD saya biasa mutarkan CD Serial Nadia dan Syamil nya NOR. Trus kalo buku, ana langganan AULADI (Ada versi CD -bundel 1 th plus game edukatifnya). Ana distributor di Jombang lho Akh... :) Mau pesan ? He..he.. he . Antum bisa cari di Surabaya kalo berkenan. Insya Allah ada. Insya Allah ada hal baru yang bisa dipelajari.

    BalasHapus
  5. Endang Prihatin17 Mar 2007 04.01.00

    Cari saja CD ato DVD untuk anak-anak. Kebetulan anak saya 2 org, yang sulung umurnya 2 taon dan adiknya 1 thn. Biasanya bangun pagi langsung nonton CD Iqra Alif. Abis gitu, nonton Dora. Tahu2 dah siang, dah waktunya tidur. Sorenya nonton kartun di Global TV lagi. Malamnya suka liat2 album foto atau buku. Nah, kan sambil liat foto sekalian latih anak2 biar kenal org2 terdekat. Kl buku atau majalah sangat membantu untuk memperkenalkan hal-hal lain, seperti sapi, kanguru

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)