Jumat, 03 November 2006

Susahnya Menggali Ide

Beberapa bulan ini ada masalah besar dengan posisi saya sebagai blogger. Apalagi kalau bukan kesulitan ide untuk ditulis dan diposting di blog. Idealnya, seorang blogger menulis dua kali dalam sepekan, atau paling garing sekali sepekan. Dan ketika beberapa pagi ini ada kesempatan untuk memelototi monitor, ternyata saya hanya bisa melototinya saja, tanpa ada ide yang bisa ditulis.

Mengapa saya sangat garing ide ? Bisa jadi karena pengalaman saya yang kurang. Tentu anda sangat maklum, tiap hari saya hanya menempuh jarak sekitar 5 km ke kantor dan mengetik script disana sampai sore. Kalau dilihat dari pengalaman mungkin lebih kaya anda yang sering bepergian dan bertemu dengan berbagai macam kejadian.

Mungkin juga saya tidak mempunyai kepekaan pikir dan jiwa, hingga tidak bisa mengambil "angle" yang menarik dari kejadian yang ada di sekitar saya, lalu mengemasnya menjadi suatu tulisan, padahal mungkin banyak hikmah yang bertebaran disekeliling saya. Saya tidak seperti bunda Zidan dan Syifa almarhum yang menceritakan anak-anaknya saja sudah menjadi blog yang cukup enak disimak.

Sebenarnya ketika kita tidak mempunyai banyak pengalaman, kita bisa menggantinya dengan banyak membaca. Dengan membaca kita bisa mendapatkan pengalaman orang lain. Pengalaman orang lain itu bisa kita ramu dengan pengalaman orang lainnya lagi. Bahkan kita bisa mengambil sudut pandang lain dari pengalaman yang diceritakan dalam sebuah buku, dan bisa kita jadikan posting yang menarik. Jadi intinya mungkin saya kurang banyak membaca.

Jujur, saya paling suka mengikuti ceramah ustadz Rofiq Munawar. Dalam membawakan sebuah topik, ada banyak cerita, contoh kasus, dan cuplikan dari berbagai buku yang dibacanya. Di kalangan orang-orang yang mengenalnya, beliau memang dikenal "gila" membaca. Jadi, seharusnya saya tidak usah memelototi komputer jika tidak mempunyai ide. Cukup ambil buku dan baca.

Apakah anda pernah mengalami saat-saat susah menggali ide ? Dan bagaimana anda bisa mengatasinya ?

2 komentar:

  1. sering pak..... solusinya, rehat ngeblog barang sebulan hehehe asal jangan keterusan rehatnya

    BalasHapus
  2. sama, sering :-) dan rasanya saat itu lbh bagus utk jalan2 ke blog orang lain

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)