Kamis, 02 November 2006

Pilih - Pilih Layanan "Free Photo Hosting"

FlickrSaat ini Photography sudah menjadi bagian dari kehidupan di Internet. Text saja sering dianggap kurang cukup untuk bisa mendeskripsikan suasana, karena itu melengkapinya dengan gambar menjadikan informasi bisa tersaji dengan lebih sempurna. Jujur, menikmati sebuah posting dengan gambar akan terasa lebih lengkap dibandingkan text saja, meski beberapa orang yang "fakir bandwith", kurang menyukainya.

Selain disajikan sebagai pelengkap informasi text, seringkali hasil-hasil jepretan disajikan sebagai informasi utama yang dikemas dalam album - album foto yang disimpan dalam jagad yang bernama internet untuk berbagai keperluan.

Kalau lagi di kantor atau jauh dari anak, terkadang saya memandanginya lewat browser, dan sedikit mengobati rasa kangen saya. Selain itu internet bisa saya jadikan sebagai back-up atas dokumen foto yang ada di komputer rumah.

Namun memilih photo hosting yang gratis dan layak dipercaya tidaklah mudah. Apalagi yang kita yakin bahwa foto kita tidak akan hilang. Beberapa penyedia layanan yang bisa kita coba antara lain,

Flickr

Adalah layanan photo hosting yang paling populer di internet. Layanan yang telah diakuisisi Yahoo ini akan menyimpan foto kita sebesar ukuran sebenarnya, dan menyediakan 4 ukuran yang lebih kecil. Untuk versi free hanya menampilkan 200 photo terbaru kita. Namun flickr tak membuangnya. Layanan gratis seperti flickrleech bisa menampilkan seluruh foto kita di flickr. Tapi tetap tidak ada jaminan suatu saat flickr tidak akan membuang foto kita yang diatas 200.

Yahoo Photo

Adalah layanan photo yahoo yang telah lama ada sebelum flickr. Sepertinya disini tidak ada pembatasan ukuran photo yang kita upload, sayangnya photo kita akan di resize ke ukuran yang lebih kecil.

Picasa

Versi Free layanan yang ada di bawah bendera Google ini menyediakan 250 MB, ukuran yang setara dengan 1000 buah wallpaper. Selebihnya google akan menghapusnya.

Photobucket

Versi free layanan ini tidak menjelaskan besar space / jumlah foto yang bisa kita upload.

Imageshack

Imageshack adalah gudang penyimpanan gambar. Tidak perlu mempunyai account untuk menyimpan gambar disini. Jika kita mendaftar sebagai member, maka kita bisa mengatur gambar-gambar kita. Sayang, fasilitas loginnya adalah dengan menghit URL dengan alamat tertentu, sehingga agak susah digunakan.

Webshot

Versi freenya menyimpan 1000 photo + 100 lebih tiap bulan.

Multiply

Disamping menyediakan blog, multiply juga menyediakan image hosting. Malah kapasitasnya dikatakan unlimited. Multiply juga bisa mengimport image dari Flickr.

Saat ini media penyimpanan album saya masih di flickr, karena persoalan kemudahan dan API yang diberikan. Sedangkan untuk gambar pelengkap blog saya taruh di imageshack. Saat ini saya juga melirik Multiply karena unlimitednya untuk menaruh album - album saya.

Kalau anda, dimana biasa menyimpannya ?

12 komentar:

  1. kalo 'sekedar' gambar buat 'pelengkap' ya taruh di imagshack.
    kalau koleksi foto, ya taruh di flickr dan sekarang lagi mikir buat apgred ke pro, mau bayarin? :)
    mp lumayanlah, cuma fleksibilitynya dipertanyakan cak; no tag, no rss, komen ndak iso ditutup, etc.

    BalasHapus
  2. Perasaan sampeyan pernah mbahas ini kl nda salah y cak...??
    ehmm kl buat pelangkap posting di blog y pakai photobucket, tap kl buat album online ya pakai flickr aja... tinggal tambahin API-nya di blog (dengan bantuan plugins FAlbum), jadi deh gallery-nya di blog... ;)

    Ehmm layanan lain yg nda bisa saya diakses:
    Imageshack --> di kantor lama di blockir
    Multiply --> di kantor sekarang di blockir

    Masih untung yang photobucket sama flickr nda ikut di block... hehe... :D

    BalasHapus
  3. awalnya saya pake fotopages Om, tapi abis itu pake flikr :-)

    BalasHapus
  4. [...] Tanpa bermaksud secara serius menjawab kegelisahan cak Edy, saya memang kadung kesengsem sama Flickr. Meski dengan memilih layanan yang tidak berbayar menjadikan jumlah foto yang berhak tampil hanya 200 buah, hanya disediakan 3 set album foto dan beberapa batasan lain, toh saya masih bisa bermain-main dengan tags, menentukan siapa yang berhak memandangi karya saya, membuat saya lebih tahu mengenai sebuah foto, menyisipkan pertunjukan dan sangat mungkin masih banyak ‘kejutan’ lain dari Flickr yang belum saya ketahui. Dan yang pasti (hampir) semuanya bisa diRSSin, ya hal ini penting buat saya. [...]

    BalasHapus
  5. HIks…ane belon punya camera digital nih…dan masih agak males untuk uplod di flickr, barangkali ada yang berbaik hati ngasih kamera digital gitu? ;)
    bekas ya gpp lo…iklas kok nerimanya :D

    BalasHapus
  6. tadinya pas baca deskripsi picasa yang menyebut nama google didalamnya lalu mengecek tautannya menuju tautan subdomainnya yahoo jadi agak ragu (atau memang dulu ada di yahoo ya?).Pas diklik ternyata alamat http://picasaweb.yahoo.com/ sudah tak valid lagi.Bukannya alamatnya di http://picasa.google.com/ ?

    Soal layanan free photo hosting mungkin aku paling udik nih, cuman setia pake layanan blogger.Mesti disebut-sebut hanya menampung 300 MB namun bocorannya di forum blogger pernah menyebut layanan ini unlimited.Tapi kalo baca fleksibiltas sih masih kurang, baru disokong oleh Hello-nya Picasa saja.

    BalasHapus
  7. # 4. sekarang kamera dah pada murah koq. 650 rb juga dah dapet :)
    # 5. Saya memang salah link mas Agus, terimakasih, sekarang dah saya update.

    BalasHapus
  8. Tambah satu lagi: fotopic.net

    BalasHapus
  9. uhpyajnb yoldczk jpykildha lfnhdyoeq pjest ubzhoyrv oazvy

    BalasHapus
  10. Camera 650rb, bagus ta ? Berapa Mp, ada built in lightnya , untuk dalam ruangan dan saat malam, soalnya camdig saya , kalo malam walaupun dibantu flash , hasilnya gelap , maklum sudah agak tua. Thks.

    BalasHapus
  11. # EKA ARIE
    Kamera harga segitu cuman cocok untuk ngeblog pak arie. tapi sekarang kamera HP sudah cukup kalau hanya untuk ngeblog. kalau pengin yang bagus ya cari yang mahal :D

    BalasHapus
  12. katanya di Photobucket unlimited mas...
    Lam kenal

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)