Selasa, 02 Mei 2006

Terkena Virus Komputer (Lagi)

Bukan saya yang terkena virus, tetapi semua komputer dg OS Windows di rumah dan di kantor. Virus ini bekerja dengan membuat file berakhiran exe "folder setting". Juga menggandakan nama folder dengan exstensi .exe sebesar 30 KB di bawah tiap-tiap folder yang kita buka. Kita juga tidak bisa menghapusnya begitu saja (file protected).

Virus ini sungguh membuat payah, karena semakin banyak folder yang kita buka, semakin banyak file nama_folder.exe yang terbuat. Melihat cara kerjanya, saya fikir komputer saya terkena brontok, tetapi setelah saya mencoba meremove dengan berbagai anti brontok, dan semua antivirus terbaru (Norton, Norman, Antivir, AVG), ternyata tidak ada satupun yang bisa mendeteksi, apalagi menghapusnya. Hanya antivirus Kaspersky yang bisa mendeteksinya dengan nama Trojan.Win32.VB.amm meskipun tidak bisa menghapusnya. Namun ketika saya mencoba mencarinya di Google ternyata hanya ada 4 hasil, itupun bukan artikel yang bisa dijadikan pencerahan.


Solusinya, di kantor saya menggunakan Linux, namun dirumah cukup menjadi masalah, karena spesifikasi komputer rumah cukup lambat untuk menjalankan Linux.


Di rumah, terutama untuk mengerjakan berbagai pekerjaan, saya memang masih sering menggunakan OS Windows, karena terkait dengan kecepatan dan kemudahan yang berhubungan erat dengan waktu saya yang sempit. Sayang, Windows sangat rentan terhadap Virus. Dan jika sudah terkait dngan virus, produktivitas menggunakan Windows bisa menjadi lebih rendah dibanding Linux.


Memang ada 2 buah solusi joke yang ditawarkan teman saya. Pertama menggunakan WinRemover(Windows nya di hapus) dan yang kedua tidak membuat folder sehingga virus tidak bisa menggandakan folder :)


Saat ini saya terpaksa menggunakan PuppyLinux untuk pekerjaan rumahan saya.


Apakah anda bisa membantu memberi informasi untuk mengatasi virus ini ?

41 komentar:

  1. :), turut berduka... *turut berduka kok senyum*
    saya pernah ngalamin dan saya lakukan opsi pertama yang temen sampeyan tawarkan...

    BalasHapus
  2. sogokannya kurang kang. Cuba di sogok dengan pentium 4 1 ghz-an dan ddram juga 1giga...aye rasa tuh virus pasti mabur. GIMANA nggak, wong ganti PC ;))

    BalasHapus
  3. Beli komputer baru yg lebih bagus.

    Install Linux

    :D

    BalasHapus
  4. kalo avg yang lama memang tidak mempan mas, coba uninstall yang lama terus install yang build 385 (jangan lupa update nya sekalian) di free.grisoft.com. alhamdulillah di rumah berhasil menghapus sampai ke akar2nya :) (kaya iklan anti jamur) wass.

    BalasHapus
  5. Pake aja the killer machine.
    Download di

    www.thekillermachine.isfun.net

    BalasHapus
  6. komputer saya kena Virus, folder option ada.adanya penggandaan folder, saya tidak tau apa yang harus saya lakukan semua anti virus sudah saya gunakan namun tidak ada hasil.pada saat infeksi ada ucapan salam ddari Yuriken (email) Tom Yogya

    BalasHapus
  7. komputer di tempat kerja saya juga lagi kena...sialnya semua file yang ada di komputer yang .avi udah hilang semua
    padahal itu file project untuk film.
    Mungkin bisa nyoba install Norman karena saya pake Norton dengan up-date yang paling baru tetep nggak bisa detect.
    Pake killer machine jg nggak ada bisa.
    Uda coba scan lewat safe mode tetp nggak ada hasil....
    Berjuang bersama!!!!!

    BalasHapus
  8. makanya antivirusnya diupdate dong. kalo perlu tiap jam!!!!!!!!!

    BalasHapus
  9. duh susah juge ye!!! PC gue juga kena virus sialan ini.. tapi gue ada solusinye nih.. seperti solusi ke-2 temen ente. install ulang aje..
    NB: Untuk kebal dari virus ni ada 2 tips:
    1. Jangan nyolok Flashdisc,disket ato MMC di sembarang komp.
    2. Jangan pernah idupin komp nya. hehehe...

    BalasHapus
  10. Sy jg, kmptr kena vrs jenis spt brntk tp sy gak tau psti,krn bolak-lik ikutin p'kmbangan virus mp capek. yg jelas selain folder option di hide, semua folder juga di hide, file juga. so kmptr jd lemot.ukuran file 463kb cirinya, hmpr smua av saya coba, avg terbaru, antivir,LEWATTT. AKHIRNYA SAYA FORMAT C:, install windw lagi, kayaknya beres. E trnyata, hasilnya :
    1. folder option muncul, tapi folder2 di HD tetap TIDAK MUNCUL.
    2. setelah option view saya munculkan,tetap tidak mau juga (duh... hmpir saya,...apa ya?)
    3. baru stlh "option" hide protected os saya tampilkan, munculah FOLDER2 ITU.
    4. saya pikir tinggal ganti attributes folder (lewat properties) LHA DALA, setelah option hiden pada muncul (ada 3, read-only,hiden,archive) TERNYATA PILIHAN hiden DI DISABBLE,ALLIAS TIDAK BISA DI CHECK. GEK KEPIYE APIKE SAUDARA-SAUDARA...?
    5. karena penasaran saya coba cek lewat cmd (dos), ternyata fungsi k board saya juga masih error, sewaktu mencoba: attrib -s -h c:\windows\system32 dst, ternyata tand " \ " , diganti "#", jd bisanya : attrib -s -h c:#windows#system32. Pidihil sidih di firmit lhi.....
    S. O. S.........please hellp glue...gluek...( tenggelam nih.....(I)

    BalasHapus
  11. kalau ketahuan foder / file yg kenafirus, sebenarnya bisa dibasmi dengan cara manual menggunakan the killer machine
    http://www.thekillermachine.isfun.net/

    Baca posting http://achedy.penamedia.com/2006/05/16/tendang-borax mudah2 menambah wawasan.

    BalasHapus
  12. kawan-kawan tolong dong. komputer kantor ku kena virus yang buat exe juga.tolong kasih solusinya yang detail kalo bisa.tahnx b4

    BalasHapus
  13. siang temen- temen. tolongin aku donk, aku ni gaptek. kemarim baru beli komputer anyar. anti virusnya kayaknya belum di up date, gimana ya cara meng up date. biar kalo men scan virusnya dapat terdeteksi. thanks before

    BalasHapus
  14. pertama" baca bismillah terus instal deh antivirus kaspersky jangan lupa update av yang terbaru yah...

    BalasHapus
  15. SAYA MEMPUNYAI MP3 PLAYER, TAPI RUSAK KATANYA SIH KENA VIRUS. WAKTU DIMASUKKAN KE KOMPUTER, MASIH BISA DIKENALI TAPI NAMANYA REMOVABLE DISK BUKAN NAMA SAYA. PADAHAL SAYA SUDAN MENGGANTI NAMA MP3 SAYA. LALU WAKTU REMOVABLE DISK ITU DI ACSESS/ DIBUKA MUNCUL PERINGATAN BAHWA DRIVE TERSEBUT TIDAK BISA DIBUKA. TIDAK BISA DI FORMAT SECARA WINDOWS MAUPUN DOS (MUNCUL PERINGATAN MBR ERROR), TAPI MP3 MASIH BISA MENYALA HANYA SAJA MUNCUL NO MP3 FILE PADAHAL SUDAH BANYAK LAGU DIMASUKKAN.
    KAWAN-KAWAN TOLONG KASIH SOLUSINYA, OH YA MP3 PLAYER SAYA BERMEREK MERCURY

    BalasHapus
  16. #5. Saya sendiri bukan orang yg kompeten tentang masalah virus. Untuk informasi virus yg lebih baik silahkan bergabung dengan milis yg membahas virus : [email protected]

    BalasHapus
  17. halo teman2 ada yang tau cara perbaiki pc yang kena virus pengging gak? tolong dongggg
    trims banyak

    BalasHapus
  18. terus menikmati kena virusnya (teerus mencoba sata)

    BalasHapus
  19. allow...temen2 yang sama2 komputernya terkena virus anak bangsa si "pengging" gimana nih cara ilanginnya,,..> setiap kali pa mesti di install ulang.....gimana..pake anti virus apa..? please.. can u help me...BUAT OM, GIMANA NIH..?

    BalasHapus
  20. Ada informasi lagi ttg virus yg menghidden file (Virus Blue Fantasy)
    Diulas di http://jawapos.co.id/index.php?act=detail_c&id=277797

    BalasHapus
  21. flash disk saya terkena virus gimana cara bersihinnya

    BalasHapus
  22. Dear All,
    Bagi komputer, Flash Disk, CD, DVD yang terkena Virus, silakan dibawa ke NBC.
    Lokasinya ada di Jl. Sahdan No.1 Palmerah Jakarta Barat. No. telp 08176375933 Semua virus pasti bisa ditangani dan data tetap aman. Bagi yang merasa terkena virus untuk data-data pentingnya, silahkan hubungi saya.
    DIJAMIN!!!! Trust US!!
    Lebih dari 10 tahun berkutat bersama VIRUS Komputer!!

    BalasHapus
  23. Ada yang Lupa,
    atau email aja ke [email protected]

    BalasHapus
  24. Wah² ini mah virus sebenarnya cukup mudah langkah pertama waktu menyalakan PC jangan melakukan apa² semua file di periksa menggunakan explore jangan main klik² sebenarnya file asli milik anda menjadi system dan hiden sehingga yg muncul di layar itu adalah virus yg menyerupai nama folder anda nah biasaya virus ini menyebar melalui jaringan, flash disc, atau discket. kenapa dia bisa menyebar karena di dalam virus itu selalu di sertakan yg namanya autorun.inf agar nampak terlihat ok dech btw kaspersky antivirus paling buruk yg saya tau saat ini saya hanya percaya ama antivirus yg lebelnya NOD32 so coba pakek itu bos itu bukan hanya scant tapi langsung hapus semua file virus tanpa ampun jangan lupa fungsi di pc loe yg namanya autorun di matikan saja beres dech

    BalasHapus
  25. cara paling ampuh untuk yang virus model gitu yah ansav32.coba download di ansav.com

    semua folder .exe yang di gandakan akan di hapus.
    biasa nya paling sering terkena melalui flasdisk

    jadi hati hati aja kalau ambil file di warnet lewat flasdisk

    Maaf jika saya sok hebat , tapi ini pengalaman aja

    Thx For all

    FareL

    BalasHapus
  26. kamu belum coba mc afee 8 dengan update terbaru coba aj. segala macam virus. trojan n worm akan di sapu bersih ama mc afee

    BalasHapus
  27. aduh saya juga sama virus itu yang namanyaTrojan.Win32.VB.amm! data saya di duplicat semua!!! bahkan ada beberapa data saya di hiden olehnya

    BalasHapus
  28. Udah install ulang aja.
    untuk nampilin file yang di supper hidden nin caranya gampang :

    buka command Prompt > terus indah ke direktory yang mau di tampilin lagi > tapi inget jangan direktory yang dihidden >
    terus tulis

    attrib -s -h nama file yang mo dibenerin.ekstensionnya

    Okeh

    BalasHapus
  29. klo langsung diinstall ulang ....yahhhh
    anak baru lulus smp juga ngerti ....kasian lagi hdd-nya klo dikit2 install ulang .....kompi gw juga gitu.udah grisoft aja tp yang updates yahh....klo ngga percuma ..trus skalian ditrace darimana tuh rootnya biar ngga bikin pegel lagi (tp klo mo safeti beli aja kaliiiii... AVnya)

    BalasHapus
  30. Udah pada coba PCMAV belon ?

    BalasHapus
  31. Coba AVB Antivirus nih linknya :
    http://avbscanner.blogspot.com/

    BalasHapus
  32. yah ci dodol yah pasti ilang lah datanya makanya sebelum di install ulang copy in dulu tuh file yang penting...........
    lagian seharusnya hardisk tuh 3 bulan sekali di format biar umurnya panjang tuh hardisk... baca dulu dunk tentang trouble shooting di toko-toko....

    avg sekarang gi jelek pake aja avira antivir antivirusnya.....

    untuk ngebalikin file yang di hidden caranya pertama masuk dulu ke tool > folder option.
    terus masuk ke tab view ceklist options show hidden file terus jangan di cek hide protected operating system file

    bisa pake cara command prompt pake attrib atau kalo ga bikin folder baru yang ga di hidden buka file yang di hidden oleh virus copyiin ke folder yang baru dibikin kalo file word yang di hiddeninnya buka dulu file word tuch kemudian save as dach tu si file word beres.........

    catatan : usahakan install ulang 3 atau 5 bulan sekali kalo ga bisa belajar ke yang bisa....... kalo ga ke anak smp yang baru lulus aja????//

    OK.....

    BalasHapus
  33. mp3 player saya tidak berfungsi. Ketika dinyalakan disk error. Ketika dipasang di cpu, ada coment harus diformat katanya. Ketika mau diformat nggak bisa diformat. Tolong bantu saya. Trims

    BalasHapus
  34. Kalau MP3 playernya gak bs di format. hubungi ane aja :) 08176375933 biayanya cuma 50rb kok. Pasti bisa dipake lagi tuh player :)

    Email aja : [email protected]

    BalasHapus
  35. komputer saya dekstopnya terbalik,truz toolbarnya da d diatas.nah,pas d restart ga muncul boot screen dan ga bisa d format. itu knp ya????????
    tolong kasih jalan keluarnya uy?????kirimkan saran ke email: [email protected]
    thx?????????

    BalasHapus
  36. kita jangan selalu mengandalkan security antivirus ataupun deepfreze, karena target dari worm worm katrok tersebut adalah ketidaktahuan orang terhadap system komputernya sendiri.

    jadi solusinya pahami system windows, registry, dos, system 2 laennya.

    cobalah untuk menjadi virus maker pasti komputernya sendiri aman dari virus

    BalasHapus
  37. gimana caranya ngatasin virus blue fantasy

    BalasHapus
  38. panjang amat yach... ( sy jg kena virus kom sy )
    ms2 semua......
    jangan kan pke yg ms bilagin ( g perlu muluk2, pake ini, pake itu, trus di ginikan atw apalah) nah klo yg ginian gmn ?????????/
    Msuk windows aj dah g bs. gmn mw ngapa2in di windows. hihihi :D
    msuk safemode lalu ketemu virusnya n gw bantai, di buat atrrib jg udah, pke PCMAV udh apa softwere yg lain bs di digunakan di safe mode
    :P

    BalasHapus
  39. pakai windows asli yang memakai automatic update dan symantec antivirus yang terupdate juga tentunya

    it's enough to transform your windows to unbeatable platform... :)

    trust me!!

    BalasHapus
  40. cara ngatasin MBR error 3 di vista gmn y????????
    plis help me!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  41. duh.. komptrku malah berat gara2 virus brontok. selain menggandakan file. juga mengenable folder option taskmanager, klik kanan pd desktop dan folder kosong. bantuinya om...

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)