Rabu, 01 Februari 2006

Belajar Dari Situs Profil Google

Beberapa waktu yang lalu, saya mengklik segalanya tentang google di situs google.co.id. Sebenarnya sudah tahu sejak lama, namun tidak begitu serius memperhatikannya. Bermula dari diskusi tentang manajemen dengan teman saya, yang terkesan begitu melangitkan google karena katanya hanya dengan dua orang google bisa berjalan sehebat ini. Dua orang memang pencetusnya, tetapi kalau dikatakan google berjalan hanya karena dua orang itu, mungkin terlalu berlebihan. Karenanya saya mencoba menelusuri google dari link "segalanya tentang google itu".

Namun saya tidak akan berbicara panjang lebar tentang kompetensi google, karena memang bukan kapasitas saya. Anda bisa baca-baca sendiri dan membangun persepsi sekehendak hati dari bahan-bahan yang anda dapatkan. Yang ingin saya ungkapkan adalah desain situs perusahaan -kalau bisa disebut begitu- google itu.


Tidak seperti website perusahaan lainnya yang bertebaran gambar dan animasi flash. Profil perusahaan google terkesan amat sederhana dan jauh dari warna sebuah pemain terbesar di internet. Saya tidak ingin berdebat dengan anda tentang gambar atau huruf dan tentang flash atau bukan. Tetapi saya ingin menyampaikan gambaran tentang kenyamanan saya membrowse profil itu.


Pertama Google menonjolkan informasi. Begitu dibuka, tidak ada iklan dan berbagai informasi lain yang tidak relevan berjejalan seperti situs lainnya. Tidak ada waktu lagi untuk menunggu loading animasi. Yang ada adalah menu-menu utama informasi yang seakan berkata,"Anda ingin menu yang mana ?". Dan bukankah tujuan kita masuk sebuah situs untuk mencari informasi ?.


Kedua informasi disuguhkan dalam bentuk teks. Keuntungannya, informasi lebih mudah di search oleh search engine. Jika informasi dikemas dalam bentuk gambar atau flash, akan menjadi menarik, tetapi anda tidak akan pernah bermimpi kata kunci profil perusahaan akan terindex oleh search engine, karena tidak ada informasi apapun yang bisa di index dari gambar atau flash. Saran saya, jika kita memang suka tampilan multimedia, buatlah versi teksnya dan gunakan gambar atau multimedia yang lain secukupnya sebagai pendukung informasi.


Ketiga, Typografi -bener nggak nulisnya ya ?-. Ukuran font ditulis dengan ukuran yang pas - paling tidak bagi saya - ketika saya baca di Firefox pada distro Mandrake.


Keempat Konsistensi. Saya tidak tahu mengapa google menggunakan layout table -yang saat ini sudah nggak njaman-. Mungkin karena pengin tampilan yang konsisten di blowser sejak lynk sampai Firefox 1.5.


Kesimpulannya, saya merasa nyaman mengikuti informasi di situsnya google, termasuk website untuk Program Periklanan. Bagi saya yang nomor satu adalah kejelasan dan kenyamanan, lainnya setelah itu.


Tapi mungkin itu hanyalah pandangan ndesit saya yang mudah-mudahan tidak keracunan sama pendapatnya Jacob nilson atau boleh jadi memang karena saya nggak bisa desain :). Tapi soal selera, tiap-tiap orang memang beda.


Mungkin yang bener desainnya bagus dan didukung oleh keempat item yang saya uraikan tadi. Karena kalau client anda selalu anda tawari dengan profil perusahaan yang seperti google, tak akan lama lagi tentu perusahaan anda akan tinggal nama. Jadi pakailah metode google itu pada waktu dan tempat yang tepat, karena jika tidak, justru hanya akan merugikan usaha anda sendiri.

6 komentar:

  1. Sudah punya buku Google Hacks karya O'reilly? Saya harap Anda sudah punya. Di sana, banyak diuraikan tentang pengunaan google secara optimal. Dan ternyata google is da best deh!

    BalasHapus
  2. Tentu saja sudah punya mas, walaupun sekedar e-book nya saja. Yang saya salut dia konsisten meskipun terkadang berlawanan dg pendapat banyakorang. namun hebatnya dia lagi yg jadi "the winner" itu :D

    BalasHapus
  3. Wah klo boleh aq minta e-book'e Google Hacks syukur ada yg mo ngasih buku asline gp arsip :D

    BalasHapus
  4. #4 Lha kemarin kan dah tak kasih tahu di http://flazx.com . Kalau aku ngasih e-booknya kan sama saja dengan u download dari sana.

    OK Selamat mendownload mudah2 an speed pas cepet.

    BalasHapus
  5. Mas link dokumentasi mambo dimana ya yang sempat ada di webnya mas. saya lagi butuh banget nich cos dulu udah pernah saya catat tapi komputernya di Ghost jadi ilang semua. Kirimin ke email saya ya mas

    BalasHapus
  6. #5 disni http://forum.mamboserver.com/showthread.php?p=210168

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)