Jumat, 27 Januari 2006

Akankah Popularitas Selebritis Blog Berada Di Bawah Blog Selebritis ?

Di penghujung tahun 2005 lalu, saya masih menilai bahwa tahun ini tidak akan banyak perubahan di Dunia Blog Indonesia. Popularitas blog masih akan berada ditangan para selebriti blog (bukan blog selebritis) seperti Priyadi dan Enda Nasution yang setiap postingnya terdapat puluhan bahkan ratusan komentar.


Hari ini, dari informasi seorang rekan yang tadi pagi sempat melihat infotainment di TV, terbetik kabar bahwa Anggelina Sondakh, mantan Putri Indonesia yang selebritis dan Anggota DPR itu baru meluncurkan sebuah blog. Ceritanya, saat diwawancarai wartawan tentang hubungannya dengan mas Aji, dia menampik untuk wawancara, dan mempersilahkan wartawan melihat blognya, yang di host di tempat yang sama dengan Hermawan Kertajaya itu.


Pada peluncurannya tak kurang Bu Any Yudoyono memberikan sambutan tertulis yang juga di muat di blognya.


... Akhirnya saya ucapkan selamat kepada Angelina atas di luncurkannya angelinasondakh.blogs.com. Semoga Tuhan meridhoi usaha ini dan Generasi muda Indonesia akan tumbuh menjadi generasi muda yang tangguh, cerdas dan bermartabat serta mampu bersaing di dunia Internasional. Amin.


Posting pertamanya, 19 January 2006 berjudul Gedung Bundar Senayan, sampai tulisan ini dibuat dikomentari oleh 132 komentator. Sedangkan berita hubungannya dengan Mas Aji mendapat komentar terbanyak, 250 komentar.


Memang, bila dibandingkan dengan blog Priyadi yang di salah satu postingnya tentang Kematian Natasya Anya mendapat komentar lebih dari 690, popularitas blog Anggelina Sondakh masih jauh berada di bawah. Tetapi jika ditilik dari umur blog, jumlah 250 komentar sangatlah fantastis. Kita tidak bisa menepis bahwa faktor popularitas dan posisinya sebagai mantan Putri Indonesia dan Anggota DPR RI telah mendongkrak popularitas blognya. Bukan tidak mungkin, di tahun ini akan muncul blog selebritis, anggota DPR, pejabat atau bahkan presiden. Dan bukan tidak mungkin pula popularitas selebritis blog akan dikalahkan blog selebritis. Kita tunggu saja :)

10 komentar:

  1. Soalnya blog selebritis jadi komuditas berita. Itulah barngkali yang membuat blognya begitu terkenal. Terlebih dia --artis itu--- adalah public figure yagn banyak penggemarnya.

    BalasHapus
  2. itu juga belom tentu yang ngetik si angelina sendiri...

    BalasHapus
  3. hooo... jadi kepopuleran blog itu dilihat jumlah komentar yang masuk ya akh... heheheh :D
    iya yah... kepopuleran itu bisa jadi selling point memang, apalagi untuk sekedar blog pribadi... :)
    budaya indo seh yah....

    BalasHapus
  4. :), gak pentinglah jadi selebriti blog, yg penting komennya banyak, lho...
    public figure membuat blog berarti blog akan makin dikenal orang, positif bukan?
    terlebih buat kita2 ini, blog itu kan demi menyebarluaskan energi positif, betul bukan?

    BalasHapus
  5. Selebritis tdknya blog dinilai dr jumlah komentator toh :) Pak Edy spertinya nyaris nih jd selebrtis ^_^

    BalasHapus
  6. ya... saya juga udah liat blognya anggota dpr yang satu itu... lebih mirip infotainment ya???

    BalasHapus
  7. #2 biar yg ngetik bukan angelina sendiri paling tidak bagi banyak orang itu adalah sumber pertama.

    #3 salah satu parameternya. Karena susah menentukan dari parameter yg lain. Kalau kita nilai dari pageview toh sekarang yg mesin kayak search engine juga melakukan mempageview. Sebenarnya harusnya melibatkan banyak parameter seperti jumlah tautannya di internet. Tapi saya sebagai penikmat(bukan peneliti) blog, melihat dari jumlah komentatornya aja dah cukup.

    Kalau tentang popularitas kelihatannya dimana2 mana sama, siapa yang populer, berada dimanapun medianya selalu di serbu massa.

    #5 selebritis kere ha.. ha.. ha.., hayah dimarahi kere kemplu nanti.

    #6 Ya, sepertinya infotainment masih sangat digemari :).

    Ada fenomena lain yang saya amati. Komentator yang ada di sana rupanya bukan hanya komentator2 yang sering nongol di blog. Bisa jadi itu penggemar atau orang-orang yang selama ini memang tidak begitu peduli dengan perblogan, yang tertarik koment karena ya si angelina dan gosip yang menyertainya tentunya.

    BalasHapus
  8. ada yang kurang, popularitas blog bisa juga karena per topik, jika momentnya pas, maka akan naik ratingnya....

    BalasHapus
  9. #4: bukaaannn! hehe.. blog juga untuk berbagi pikiran, sebaiknya sih yang positif (juga)
    setuju ama #9.

    wah, blog angie itu mah komentarnya buanyak karena isinya macem2. sampe ada yg iklan bikin website segala.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)