Jumat, 21 Oktober 2005

Baby's Day Out

Pernah melihat film komedi Baby's Day Out ? Film ini pernah diputar di televisi beberapa kali, dan saya pernah sekali menontonnya. Film ini bercerita tentang seorang anak usia 10 tahunan bulanan yang diculik. Namun, dia bisa meloloskan diri dengan menggunakan kemampuannya sebagai bayi, terutama kemampuan merangkaknya. Dengan kemampuannya itu ia dengan tanpa merasa berdosa merangkak kemana-mana termasuk di jalanan. Dan meski telah ditemukan oleh seseorang, dia bisa kabur lagi.

Tentu, meskipun dia melewati jalan, sempat masuk mall dan sebagainya, dia tidak pernah mendapat bahaya, namanya saja film. Tetapi dalam realitas, terutama bagi anda yang mempunyai anak yang sudah bisa merangkak, maka hal ini perlu perhatian yang lebih khusus.


Baby's Day Out bisa berbahaya


Dalam majalah Tarbawi, Edisi 91, ada sebuah kisa sedih dari keluarga bapak Muzzamil Yusuf (seorang anggota DPR dari PKS). Beliau pernah kehilangan tiga orang anak yang masih bayi. Dan salah satunya karena Baby's Day Out ini.


Ternyata sewaktu pamannya masuk satu per satu ke rumah, Asad mengikuti yang terakhir, tapi pamannya tidak tahu. Sendirian, Asad keluar ke belakang lewat rumah adik yang bersebelahan dengan rumah kami. Ia main ke tempat yang sebelumnya belum pernah ia datangi, karena jika di tempat kami, pintu belakang selalu kami tutup. Di pintu belakang itu biasanya ada saluran air yang biasanya kami tutup dengan kayu. Tapi entah mengapa hari itu tidak. Ternyata Asad terjatuh dalam aluran itu (terdiam).


Hal serupa pernah dialami nenek saya. Sewaktu salah seorang bulik saya (yang sudah bisa berjalan) masih kecil, dia pernah terjatuh ke dalam sumur. Sebenarnya sumur itu tidak ada airnya jika kemarau. Tetapi waktu itu hujan deras telah menyebabkan sumur itu dipenuhi oleh air. Ketika bulik saya tidak ada maka semuanya kebingungan, dan curiga bahwa dia main ke belakang rumah. Dan benar, dia telah megap - megap di dalam air.


Kemarin siang, tiba-tiba istri saya mengirim SMS ke kantor, katanya,


Yang, fitra tadi hbs bangun tdr langsung merangkak ke jln blkg, ditemu orang2. aq tadi kan tdr di dpn, dia bangun n tdk nangis dia jg makan kerikil.


Rupanya, sewaktu saya berangkat kerja, istri saya tertidur di depan. Kebetulan pintu belakang tidak dikunci. Aneh juga, biasanya setiap bangun tidur dia selalu menangis, tapi hari ini tidak. Dia merangkak ke dapur, melewati pintu belakang, melewati pagar, dan ke jalan gang. Ketika seseorang yang bersepeda motor lewat dan berteriak, "Ini anak siapa kok di jalan sendirian ?" maka tetangga saya mengambilnya dan mengantarkannya ke rumah. Belum hilang rasa kaget ibunya, ternyata ia mengunyah sesuatu, dan ketika dilihat, ternyata kerikil. Alhamdulillah, tidak masuk got yang cukup dalam di pinggir jalan.


Alhamdulillah, Allah masih mempercayai saya untuk menjaga titipannya. Dan kejadian kemarin mengingatkan kami, agar lebih berhati-hati menjaga anak.

8 komentar:


  1. anak usia 10 tahun-an yang diculik

    om kayaknya bukan 10.tahun deh umurnya :)
    *salam kenal*

    BalasHapus
  2. ya ya ya khawatirnya bapak - bapak yg punya anak kecil :P , selain itu memang butuh pengawasan yang ketat, anak nya sedang giat - giatnya berpetualang.

    kalau nenek2 ya bukan baby day out dong :P

    BalasHapus
  3. Memang dulu pas pertama kali nonton filmnya kocak sekali. Anak kecil itu makhluk yang paling mengagungkan memang, coba saja... otak mereka itu seperti sponge yang bisa menyerap segala sesuatu.

    BalasHapus
  4. Syukurlah selamat.

    Pak Master dulu waktu kecil juga begitu apa tidak ya ?

    BalasHapus
  5. alhamdulillah ga terjadi apa2 ma fitra...
    pasangin movement sensor mas..
    hehe..

    BalasHapus
  6. anak2 saya pernah makan pasir..hehehe..beberapa kali hampir lemas dalam kolam mandi umum di hotel...mcm2...kalu di rumah dipasangin seperti pagar setinggi lutut org dewasa agar tidak lolos si bayi...pernah juga hampir tidak dapat dicari karena si anak asik mengejar kucing..iyah mcm2 pengalaman karena mereka masih gak mampu berfikir sendiri mana yang baik mana yang buruk...doain aja...doa ibu mustajab..doa ayah pun mustajab...jgn putus2 berdoa..dan jgn putus2 bersyukur krn kita masih dapat merasai cinta yang total dr hati anak2 yang suci...akhir sekali Fitra nanti kalau sudah lulus lesen berjalan kaki..hati2 yah..hehehe..kerna akan begitu aktif sehingga sering terjatuh dan luka2 kecil...bikin ibu ayah panasaran nih...

    ibu lima anak ^_^
    yumni

    BalasHapus
  7. waduh gimana seeh ibunya. Coba kalo ada bulik di surabaya, fitra pasti di"mong" sama bulik. Ato fitra ikut bulik aja ke Medan.
    Fitra... salam kangen dari bulik.

    BalasHapus
  8. Numpang lewat. Mampir dari milis Singcat. ;)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)