Jumat, 26 Agustus 2005

Polda Jatim Yang Bijaksana

Akhir-akhir ini, kita disibukkan dengan adanya sweeping di beberapa tempat. Saat tiba-tiba polisi melakukan inspeksi mendadak ke warnet lantas mengangkuti komputer yang ada di dalamnya sebagai barang bukti dan menyeret pemiliknya ke meja hijau untuk menghadapi hukuman atau denda puluhan juta rupian (detikinet). Inilah yang menyebabkan warnet yang sebenarnya industri kecil dengan keuntungan yang tak seberapa itu ketar-ketir. Apalagi setelah membayar lisensi Microsoft dengan EULA nya, warnet pun belum mendapat jaminan untuk tidak di sweeping (detikinet).


Alternatifnya, adalah menggunakan Linux. Karena kalau hanya untuk browsing, chatting, download, fasilitas di linuxpun sudah sangat lebih. Bahkan kita tidak lagi menghadapi lambatnya Internet Explorer ketika di klik karena terkena virus dan berbagai spyware yang masuk ke sistem. Tapi mungkin yang menjadi masalah adalah mereka perlu waktu untuk bermigrasi.


Kemarin, seorang penjaga warnet dekat kampus ITS berbicara panjang lebar dengan adik saya yang kebetulan mengajari bagaimana install dan maintenance komputer linux. Katanya, asosiasi warnet Surabaya sudah membuat kebijakan tentang masalah ini. Pertama adalah mengadakan pelatihan Linux untuk para pengelola warnet, kedua merekomendasikan digunakannya linux Vector 5 SOHO Edition untuk warnet dan yang ketiga bertemu dengan Polda Jatim untuk membicarakan masalah ini.


Ada hal yang menarik dari cerita itu, dimana pada pertemuannya dengan polda, dikatakan,"Kami juga manusia, dan kami tahu berapa sih untungnya warnet. Oleh sebab itu, sebelum sweeping akan diadakan peringatan terlebih dulu". Sambil menyebutkan bahwa perusahaan yang besarpun akan mendapat peringatan sebelum benar-benar dilakukan sweeping. Dikatakan juga bahwa memang kebijakan teknis antara polda dalam menerapkan kebijakan ini tidak sama.


Saya tidak tahu persis tentang berita ini, karena saya bukanlah anggota assosiasi warnet (Lha wong warnet aja nggak punya). Berita ini saya kutip dari perbincangan antara adik saya dengan seorang petugas warnet di dekat ITS.


Pesan yang ingin saya sampaikan adalah jika berita ini benar, maka izinkanlah saya menyampaikan rasa salut saya kepada Polda Jatim. Dan kepada rekan-rekan yang terlibat dalam persoalan ini silahkan menambahkan/meluruskan informasi ini di ruang komentar.


Wassalam


achedy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)