Minggu, 05 Agustus 2001

Pertemuan 11 : Dakwah Rabbaniyah, dengan Mengajarkan Kitabullah

Salah satu dari karakteristik dakwah yang rabbaniyah adalah dengan mengajarkan Kitabullah, Al Qur'an. Dakwah yang tidak mengajarkan kitabullah, bukanlah bagian dari dakwah yang telah diserukan Al Quran. Kitabullah mustilah dijadikan referensi wajib dalam dakwah. Oleh karenanya segala sesuatu yang terkait dalam penyebaran Islam harus mengacu pada Al Qur'an.

Rasulullah SAW diutus bukanlah untuk mengajarkan pemikirannya sendiri, atau pemikiran orang yang dianggap revolusioner, akan tetapi rasulullah diutus untuk menyampaikan Al Qur'an kepada ummatnya.

Bolehlah kiranya jikalau sekarang ini kita cukup khawatir dengan sebagian rekan-rekan kita yang juga berdakwah akan tetapi yang disampaikannya bukanlah ayat-ayat Allah akan tetapi pemikiran-pemikiran Marxis, Hegel, lenin dan sebangsanya yang kemudian dijustifikasi dengan ayat-ayat Allah sehingga timbullah kemudian islam Kiri, Islam sosialis dll.

Islam adalah Islam, tiada Islam kiri dan kanan, karena Islam adalah sebuah tatanan hidup yang diberikan Allah kepada ummatnya. Memahami Islam bukanlah dari pemikiran manusia, apalagi orang-orang kafir; akan tetapi memahami Islam adalah dari Al Qur'an serta dari petunjuk Nabi

Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan [jiwa] mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum [kedatangan Nabi] itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.[3:164]

Dengan fikiran yang bersih dan jiwa yang iklash, dan niat lillahi ta'ala para rasul serta para pengikutnya yang lurus akan mengajarkan Al Qur'an, agar mereka mau berfikir dan merenungkannya untuk kemudian dapat mengambil kesimpulan yang berharga bagi kehidupannya. Demikianlah pula hendaknya kita dalam berdakwah. Selalu menyerukan mad'u untuk berjalan di jalan Allah dengan mengajarkan kepada mereka Al Qur'an.

keterangan-keterangan [mu'jizat] dan kitab-kitab. Dan Kami turunkan kepadamu Al Qur'an, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan

Dakwah yang demikianlah yang selamat. Dakwah yang telah dicontohkan oleh para sahabat dan para ulama salaflah yang seharusnya kita contoh. Mereka begitu berhati-hati. Dakwah mereka selalu mengacu kepada bagaimana mereka mengajarkan Al Qur,an ini kepada ummat dengan mengambil penjelasan dari sunnah Rasul dan para ulama sebelumnya yang terkenal kesalihannya. Jikalau kita berpegang padanya insyaallah kita akan selamat.

'telah ku tingglkan bagimu dua perkara yang tak akan tersesat kamu jika berpegang pada keduanya, yaitu kitab Allah [Al Quran] dan sunnah Rasulnya [HR Ibnu Abdul Barri]'

wallahu a'lam
[email protected]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)