Kamis, 15 April 2010

URL Pendek Itu Ternyata Penting

 

Kapan hari saya membaca artikel di dakwatuna, namun saya ingin menyimpannya di HP sehingga harus saya ketikkan alamat lengkap artikel itu ke opera mini untuk kemudian saya simpan. Bayangkan kalau artikel itu seperti http://www.dakwatuna.com/2010/kekuatan-finansial-quwwatul-maal-bagian-ke-6/ harus ditulis secara persis * sambil melirik webmaster dakwatuna ;) *

Entah sejak kapan url dibuat panjang-panjang, namun kelihatannya sejak orang-orang mainan SEO, alamat situs web dibuat indah dan readable. Yang umum dengan mencantumkan tanggal dan nama artikel yang disambung dengan tanda “-”. Sebagai contoh pada situs saya sendiri, posting berjudul “Membaca Kisah Orang Sukses” mempunyai alamat http://achedy.penamedia.com/2010/03/24/membaca-kisah-orang-sukses/ . Apakah anda tidak kesulitan mengingatnya, atau jika kita katakan ke orang lain agar disalin apakah tidak sulit ? Juga jika kita ingin menyalin di FB maupun Twitter apakah tidak  terlalu panjang.

Ok sekarang ada layanan short URL. Alamat diatas bisa kita singkat menjadi http://bit.ly/aqEDRX . Tapi perpaduan alamat yang berupa angka, huruf kecil dan besar tentu masih sulit dieja bukan ?

Di Wordpres sebenarnya kita bisa lebih gampang mengingat URL jika kita mengetahui ID nya. Sayang URL yang SEO friendly sering tak menyertakan ID nya. Ini seperti persis seperti URL pada blog saya. Sebenarnya ingin saya ubah pola URL yang ada di blog saya itu dengan menyertakan ID nya, namun saya tidak mau membuat back link dari beberapa situs terhadap blog saya menjadi tidak ada artinya karena perubahan alamat artikel.

Tanpa menggunakan plugin apapun, untuk alamat diatas sebenarnya bisa kita singkat menjadi http://achedy.penamedia.com/?p=1060 .Namun jika ingin alamat yang agak cantik bisa menggunakan plugin di http://redmine.sproutventure.com/short-post-urls sehingga menjadi http://achedy.penamedia.com/p/1060 . Plugin ini tidak meniadakan alamat versi panjangnya sehingga artikel mempunyai dua alamat yaitu panjang dan pendek.

4 komentar:

  1. Sebenarnya ingin saya ubah pola URL yang ada di blog saya itu dengan menyertakan ID nya, namun saya tidak mau membuat back link dari beberapa situs terhadap blog saya menjadi tidak ada artinya karena perubahan alamat artikel.

    kenapa ndak pake redireksi permanen 301 saja? back link tetep ok, URL bisa diubah sesuai yg kita mau ;-)

    BalasHapus
  2. @andri : Wah bener bos, sekalian saya bokmark aja link tutorialnya biar mudah di cari :)
    http://www.sorsawo.com/2009/10/bagaimana-cara-setup-301-redirect/

    BalasHapus
  3. ntar dikira clone halaman ma om google?

    BalasHapus
  4. url pendek yg dimaksud apakah masih bisa memberikan backlink mas? bgmn efeknya?

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)