Selasa, 31 Juli 2007

Lama Tidak Ngeblog Karena ...

Lama sekali saya tidak ngeblog, mungkin dua mingguan. Sebenarnya tangan ini merasa gatal juga sekian lama tidak membuat tulisan sama sekali, walau satu dua buah patah kata. Bukan berarti saya benar-benar tidak punya ide. Ada beberapa ide yang mampir dikepala, mulai dari jalan-jalan beli es teler, sepakbola, pengalaman bincang-bincang dengan bulik saya, sampai install aplikasi di Ubuntu bagi yang tidak mempunyai akses internet seperti saya.

Jumat, 20 Juli 2007

Install Xubuntu dari Ubuntu

MyXubuntuTerus terang, setelah terpaksa meninggalkan Zenwalk dan pindah ke Ubuntu, ada sesuatu yang hilang, XFCE. Ubuntu secara native menggunakan Gnome, sedangkan Zenwalk XFCE. Benar, bahwa pada komputer Pentium 4 dengan memori 256 yang saya gunakan untuk bekerja dikantor, Gnome terasa lebih ringan daripada KDE, namun XFCE jauh lebih ringan. Selama mengunakan XFCE, saya benar-benar merasakan bahwa kecepatan respon GUI yang satu ini membuat kita tidak akan merasa stress.

Bandingkan kecepatan file explorer pada XFCE, Thunar, yang jauh lebih cepat dibandingkan Natilus di GNome maupun Konqueror KDE. Malahan di KDE file explorernya akan segera diganti Dolphin yang mirip-mirip dengan Natilus agar lebih efisien dan cepat.

Kamis, 19 Juli 2007

Merayakan Ulang Tahun Gaya Cak Mujib

Empon-empon
Bagi sebagan besar orang merayakan ulang tahun biasanya dilakukan dengan membawa kue atau nasi kotak. Namun lain dengan cak Mujib, seorang rekan kantor yang sangat NUis ini. Disetiap acara ulang tahunnya beliau mesti membawa tampah dengan alas daun pisang, dan tak lupa dengan menu khasnya, kacang rebus, pisang rebus, dan umbi umbian seperti singkong, uwi,
mbili, enthik, talas, ganyong, ketela rambat, dan lain-lain yang orang jaman sekarang mendengar kata seperti uwi dan enthik mungkin agak susah membayangkannya.

Menunya mengingatkan saya pada makanan-makanan waktu saya kecil. Umbi-umbian seperti ini adalah kue waktu kecil saya. Dan dengan menu seperti itu ternyata membuat saya sangat terkesan. Selamat ulang tahun cak !

Gambar saya ambil dari artikel cak Imam, dengan ijinnya tentu saja.

Rabu, 18 Juli 2007

Obrolan Tentang Identitas di Internet

Kemarin diberitakan bahwa dua Media Besar, Republika dan Media Indonesia, kecolongan. Seseorang yang mengaku Din Syamsudin mengirim artikel kepada dua koran besar itu. Keduanya percaya saja, karena email yang dipakai adalah din_syamsuddin@yahoo.com, dan tanpa cros check keduanya memuat tulisan orang yang ternyata bukan Pak Din Syamsuddin, karena ternyata email Pak Din Syamsuddin adalah dinsyamsuddin@gmail.com. Memang tidak sulit untuk membuat username pada layanan bebas di internet. Tidak sampai lima menit, sebuah email bisa kita daftarkan dengan username apa saja asal belum dipakai.

Rabu, 11 Juli 2007

Opera di Linux

Saya sudah sejak lama mengenal Opera. Browser yang dulu mempunyai semboyan "The Fastest Browser on the Earth" ini dulunya kurang menarik perhatian saya. Menurut saya tampilannya kurang soft dan sering rusak ketika menterjemahkan sintak HTML. Meskipun demikian opera terkenal adalah model tabnya. Ini yang membuat panel bawah tidak dipenuhi dengan banyak "new windows".

Namun Opera versi 9.21 tampil lain. Selain desain tampilannya terasa sangat lembut, kemampuannya untuk membaca CSS dan sintak HTML/XHTML juga bisa dibilang sempurna. Kerusakan tampilan situs web karena dibuka di opera sangat amat jarang terjadi.

Selasa, 10 Juli 2007

Akhirnya Menginstall Ubuntu

UbuntuKemarin Zenwalk saya ngadat. Setiap saya menjalankan perintah cp, mv, rm selalu muncul error bahwa glibc versi 2.4 tidak didapatkan. Kemungkinan karena saat saya install sesuatu dengan menggunakan fasilitas netpkg, dia melakukan update juga terhadap library inti linux. Karenanya inkompatibilitas ini akhirnya menyebabkan error. Hal ini terjadi karena repository Zenwalk tidak berversi, sehingga ketika kita melakukan update maka dia merujuk ke file-file repository terbaru (current) Zenwalk versi 2.6, padahal saya masih menggunakan Zenwalk versi 2.4. Maka jika anda menggunakn Zenwalk silahkan berhati-hati jika menggunakan fasilitas netpkg.

Karena setengah hari saya tidak bisa menyelesaikan masalah ini, akhirnya saya menginstall Ubuntu yang isonya saya peroleh dari majalah Infolinux edisi Juni.

Kamis, 05 Juli 2007

Urun Rembug Atas Kampanye Linux di Indonesia

Sumber : linux.wordpress.comDua hari kemarin, paman saya yang ada di desa Watulimo, mengirim SMS ke saya, "P.Edy, saya mau tanya, program Linux itu sistem menjalankannya apa rumit ? Mudah mana dengan Windows ? Trims".

Tentu saja saya tidak mau gegabah untuk menjawab iya atau tidak, karena saya tahu dia pasti akan menuai sedikit masalah saat menggunakan Linux, apalagi tempatnya di daerah pegunungan yang internet saja tidak ada, "Tergantung pak, mau dipakai buat apa ? Kalau sekedar untuk keperluan office saya kira tidak masalah. Saya juga menggunakan Linux. Salah satu enaknya linux tidak direpotkan virus".

Dan ternyata benar adanya, masalah itu datang, "P. Edy komputer saya sudah aku ganti program Linux, tapi buat ngeprint kok nggak mengeluarkan tinta padahal kalau di Windows printernya bisa mengeluarkan tinta. Itu masalahnya apa ? Printer saya HP Deskjet 3920".