Minggu, 25 Maret 2007

Penelpon Aneh

Dalam beberapa hari ini saya mendapat telephon misterius dari penelephon yang saya anggap aneh. Saya anggap aneh karena dia mencari nama Edy pada nomor telephon yang sama dengan nama saya.

Pertama seorang yang mengaku bernama Shanti mencari temannya yang namanya sama persis dengan nama saya dengan menelephon kantor saya. Saya tanya darimana dapat nomor ini, ternyata dari rekannya. Setelah tanya sana sini yakinlah dia bahwa saya bukanlah teman lama yang dicarinya.

Kamis, 22 Maret 2007

Membaca file CHM di Linux dengan KCHM

KCHM
Sebagaimana kita ketahui, format e-books yang cukup populer saat ini selain PDF adalah CHM. Jujur, saya sendiri lebih menyukai format CHM daripada PDF, karena lebih ringan dibuka dan bisa diindex. Untuk membuka CHM di Windows, kita tidak usah memnginstall apa-apa, karena sudah bawaannya. Namun di Linux, kita harus bekerja lebih keras untuk bisa membuka file CHM ini, karena sampai saat ini CHM belum diikutsertakan dalam paket distro.

Pertama kali membaca CHM di linux saya menggunakan XCHM yang pernah pula saya tulis tutorialnya. Namun butuh setengah hari untuk sukses menginstallnya. Ribet, banyak library ini itu yang diminta.

Rabu, 21 Maret 2007

Dari Komputer Baru Sampai Linux

Sebagaimana saya ceritakan kemarin, entah karena apa komputer yang telah lebih dari 8 tahun menemani saya itu akhirnya rusak berat. Hardisk, Motherboard, VGA Chart dan sebuah memorinya tak bisa digunakan lagi. Terpaksa saya harus "koret-koret" keuangan, karena tanpa komputer saya sudah tidak bisa apa-apa lagi. Desain web untuk DPD, dan beberapa proposal kegiatan belum bisa saya selesaikan dengan baik.

Akhirnya saya harus mengeluarkan biaya 420 ribu lagi diluar hardisk agar komputer saya bisa digunakan. Sparepart second nggak apa-apalah yang penting bisa jalan. Sekarang komputer spesifikasinya menjadi Pentium III 800, dengan memory 128 + 64, dan hardisk 80 GB. Lebih baik daripada spesifikasi yang dulu. kalau hanya untuk keperluan Office, PHP, Delphi masih wuuussss. Nggak tahu kalau untuk MS dotNet, mungkin ya masih klemek-klemek.

Kamis, 15 Maret 2007

Diuji Komputer Lagi

Minggu-minggu ini sepertinya saya mengalami nasib yang hampir sama dengan yang dialami mas Jonru. Kerusakan komputer datang silih berganti. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, hardisk saya terkena bad sector , selang beberapa waktu, karena bermain-main dengan linux, maka komputer saya terformat dan semua datapun hilang , meskipun akhirnya dengan perjuangan yang cukup berat data bisa dikembalikan.

Selesaikah semuanya ? Ternyata belum sodara-sodara. Saya harus mengalami ujian lagi.

Rabu, 14 Maret 2007

Korban Perasaan

Dalam sebuah perbincangan, yang membahas mengenai hidup berorganiasi, ada ungkapan menarik dari seorang rekan diskusi. Katanya, dalam hidup berorganisasi itu yang penting harus siap korban perasaan. Mendengar penuturannya kita semua ketawa.

Hidup berorganisasi berbeda dengan hidup sendiri. Jika hidup sendiri maka seseorang bisa melakukan apapun untuk memenuhi seleranya, mengerjakan sesuatu sebagaimana pendapatnya, bebas melakukan sesuatu yang ia suka dan meninggalkan sesuatu yang tidak dia suka.

Selasa, 06 Maret 2007

Mengembalikan Data Pada Hardisk Terformat

Tulisan ini untuk memenuhi janji saya pada tulisan sebelumnya, dengan harapan akan berguna bagi rekan-rekan yang mengalami nasib serupa. Kehilangan data karena hardisk yang terformat.

Kejadian ini adalah yang kedua pada komputer saya, sebelumnya 8 tahun yang lalu, adik saya juga memformat habis isi hard disk, bahkan datanya pun tak terselamatkan. Penyebabnya masih sama, bermain linux.

Saat Linux Puppy yang saya install menghilangkan semua partisi, rasanya dunia gelap, sayapun syok dibuatnya, bingung dengan apa yang harus saya lakukan. Malam itu saya kekantor untuk mencari bacaan di internet tentang bagaimana mengembalikan data yang hilang itu.

Sabtu, 03 Maret 2007

Aduh Biyung, Hardiskku Terformat

Karena kecerobohan saya, maka data di komputer rumah yang saya kumpulkan bertahun-tahun hangus dalam satu kerdipan mata. Padahal didalamnya bersemayam data saya sejak kuliah, data istri, dan data adik saya. Adalah karena saya nekat melakukan instalasi linux puppy 2.14 yang mempunyai behavior berbeda dengan versi sebelumnya. Padahal saya telah menyediakan partisi khusus untuknya, tapi begitu klik, malah dia menghapus semua partisi. Jadi hati-hati jika anda menggunakan linux versi lite, karena model dari linux lite adalah dengan menghemat ukurannya sehingga semuanya serba disederhanakan dan diminimalkan. Susahnya, jika yang tidak jelas itupada bagian partisi yang menyebabkan kita melakukan kekeliruan, maka anda akan dibuat tidak bisa tidur dua hari dua malam. Sungguh !!

Ini ternyata bukan masalah saya saja. Aminuddin yang mencoba menginstall FreeBSD juga mengalami nasib yang sama.

Kamis, 01 Maret 2007

Dari Bad Sector, Windows, Sampai Linux

Beberapa hari ini saya sangat disibukkan oleh komputer rumah. Komputer yang terinstall Windows 2000 itu tiba-tiba ngadat. Selepas keluar dari GRUB tidak bisa masuk ke GUI. Ini adalah kesekian kalinya, hingga saya bosan. Saya bermaksud untuk merepairnya saja.

Pada Windows 2000 memang tersedia menu repair meskipun setiap saya memilih locate CD selalu gagal, yang bisa hanya lewat konsul. Bisa lewat Disket, tapi 4 disket. Hari gini masih pakai disket :P, empat lagi huh. Dan nggak enaknya lagi, ketika saya mau install baru maka prosedurnya adalah dengan memformat ulang hard drive. Walah harus mindahin data lagi .... Belakangan saya ketahui bahwa proses instalasi Windows XP lebih baik, karena kita bisa install baru hanya dengan menindas saja (tanpa harus format ulang).