Sabtu, 15 September 2007

Jadwal Harian Ramadhan Saya

Puasa memang baru sehari, namun diawal hari saya memang ingin mengarturnya sehingga hari-hari puasa ini lebih nyaman. Hasilnya memang waktu saya lebih teratur, dan badan saya terasa lebih enak dari sebelum puasa. Walau dituntut beribadah lebih, namun rasanya waktu saya tidak lebih sempit dari hari-hari biasa. Puasa membuat hidup lebih optimal.

Waktu bedug berbunyi minum air dan sepotong snack. Sehabis maghrib dilanjutkan dengan makan sesuap-dua suap, yang penting bisa menghilangkan rasa lapar, namun jangan sampai kenyang. Jika sampai terasa kenyang, makakita akan emrasa malas untuk sholat Isyak dan Tarawih. Apalagi tilawah Al Quran.

Menunggu sampai saat Isyak gunakan untuk tilawah AlQuran. Lantas pergi ke Masjid untuk sholat Isyak dan Tarawih. Selama ini saya tarawih di masjid ITS. Namun susunan acara disana yang mendahulukan ceramah daripada Tarawih tidak terlalu saya sukai. Alasannya sih benar, agar jamaah tidakpulang dulu sebelum sholat Tarawih, tapi menurut saya dengan mengakhirkan Tarawih, tensinya sudah menurun, sehingga tidak terasi menggigit lagi. Nanti malam mungkin mencoba masjd UPB. Saya belum pernah tarawih disana. Sehabis tarawih, kita bisa tilawah lagi, sampai target 2 juz untuk hari ini terselesaikan. Kemudian mengerjakan apa yang mesti kita kerjakan untuk persiapan besuk. Juga menuntaskan makan malam.

Sudah dua tahun ini saya selalu tidak bisa sahur dengan nasi. jika saya paksa, perut saya menolaknya. Karenanya saat sahur, saya biasanya mengkonsumsi buah-buahan, juga air. Sambil menunggu subuh kita membaca AlQuran lagi, dan akan kita teruskan sehabis subuh, diusahakan sampai selesai satu juz.

Mungkin ini yang akan saya jadikan default kegiatan sehari-hari kedepan, kecuali ada tugas-tugas khusus. Bagaimana jadwal harian anda ? Ada yang bisa dishare ?

1 komentar:

  1. ga ada... malu kalo diomongin. ga sebagus achedy soalnya :)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)