Sabtu, 25 November 2006

Menghadirkan Desktop di Flash Disk Kita

PStartSeperti yang sudah saya katakan sebelumnya, sebagai orang IT, tanpa membawa aplikasi yang bisa dibawa secara mobile, tentu menyengsarakan. Bayangkan, misalnya kita membuat riset kecil-kecilan di komputer rumah dengan menggunakan PHP dan Mysql.

Jika anda adalah orang yang tidak mempunyai laptop seperti saya, maka yang anda lakukan adalah menaruh file-file data yang telah kita buat ke dalam flash disk, kemudian jika di tempat lain ada komputer dengan aplikasi php-mysql maka kita bisa meminjamnya dan menaruh file data kita ke document root, dan kitapun bisa melanjutkan pekerjaan dengan tenang. Namun jika tidak, maka kita akan direpotkan dengan install aplikasi php-mysql (itupun kalau yang punya komputer boleh), yang tentu sangat tidak efisien. Belum lagi kalau kita harus berpindah ke komputer lainnya lagi.

Berbekal flash disk 1 GB yang saya beli kemarin, dan berdasarkan informasi tentang aplikasi portable yang saya dapatkan dari webnya Agus, saya mempunyai ide untuk membuat flash disk itu menjadi semacam komputer desktop kita, dimana beberapa aplikasi yang portabel (aplikasi yang penggunaannya tidak memerlukan instalasi) bisa kita masukkan ke sana.

Sebenarnya sistem operasi mini linux (DSL, atau Puppy) bisa langsung kita install dalam flash disk, namun karena kebutuhan saya tidak sampai sejauh itu, maka untuk sementara aplikasi-aplikasi Windows portable saja sudah cukup. Jadi jangan heran jika ada folder Program Files di flash disk saya. Isinya tentu aplikasi-aplikasi yang portable.

Tadi pagi saya mencoba menjalankan server2go_psm_mini ke dalam flash disk, dan ternyata bisa menjalankan aplikasi berbasis php-mysql dengan baik. Saya juga menyalin hasil instalasi editplus ke dalam flash disk dan bisa digunakan sebagai editor favorit jika di tempat lain tidak ada editor ini.

Beberapa aplikasi lain yang saya salin ke flash disk selain beberapa aplikasi diatas adalah email client thunderbird yang tersedia paket portabelnya juga. Ini penting jika kita ingin mengunduh email berbasis pop3 / smtp langsung menggunakan aplikasi yang ada di flash disk. Datanya juga secara otomatis akan tersimpan di flash disk. Saya juga ingin menambahkan GAIM, dan berbagai perkakas lain yang sering kita gunakan. Aplikasi-aplikasi ini bisa kita dapatkan di http://portableapps.com/.

Bahkan, dengan menambahkan software PStart yang kita unduh dari sana juga, kita malah bisa menampilkannya di taskbar. Sungguh "ciamik".

Jadi, saya kira memang tidak rugi keputusan mendadak untuk membeli flash disk kemarin.

6 komentar:

  1. wah bagus nih cak... seharusnya software ini bisa juga utk HD external ya...?? saya mau coba... :)

    BalasHapus
  2. #1. Untuk HD External bisa kok cak, bahkan mungkin jalannya lebih cepat

    BalasHapus
  3. mantap. namun cara lengkapnya untuk menaruh dan memodif program ke bentuk portable gimana terutama untuk linux sendiri.?!!??

    BalasHapus
  4. Cak, gimana caranya, apa perintahnya...penting tuh ane jadi tertarik. kasih tau duong....

    BalasHapus
  5. #BENY : Lha itu caranya dah diterangin diatas

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)